PERANCANGAN PERMAINAN “THE THINKER GAME” TENTANG TOKOH – TOKOH NASIONAL INDONESIA

Nuzulina |
42317110024
Permainan "The Thinker Game" ini merupakan permainan kartu untuk mengasah kecerdasan yang di dalamnya terdapat tokoh - tokoh nasional Indonesia. Permainan ini dirancang untuk mengenal sekaligus menguji pengetahuan tentang tokoh - tokoh nasional dengan cara yang menyenangkan dan ditujukan untuk anak - anak umur 9th - ke atas.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Permainan kartu "The Thinker Game" ini merukapan permainan kartu yang terdiri dari 10 kartu dan 10 ilustrasi tokoh - tokoh nasional Indonesia. Disetiap kartu terdapat informasi tokoh tersebut, kata kunci yang diambil berdasarkan julukan tokoh tersebut dan quotes dari para tokoh untuk memotivasi & membangkitkan semangat kepada pemain/orang yang membacanya.
MASALAH DESAIN
Di masa era teknologi yang semakin maju ini dan terdapat berbagai macam konten yang mudah diakses untuk berbagai kalangan mulai dari anak - anak sampai dewasa, Banyak anak - anak yang lebih mengenal seorang public figure dibanding dengan para pahlawan - pahlawan yang sudah berjuang melawan penjajah dan mempertahankan bangsa. Begitu juga anak - anak jaman now terlalu malas untuk membaca buku yang yang terlalu bertele - tele. Sehingga penulis membuat perancangan dengan media permainan kartu agar anak - anak menjadi tertarik dan merasa tertantang sehingga mau mempelajarinya. Ilustrasi yang dibuat juga dirancang semenarik mungkin untuk kalangan anak - anak sd.
TUJUAN DESAIN
Permainan ini dibuat agar generasi anak - anak pada saat ini tetap mengenal para pahlawan yang sudah telah gugur yang berjuang mempertahankan bangsa dibanding dengan public figur yang hanya mempamerkan harta. Selain itu agar anak - anak generasi jaman now ini lebih semangat dalam belajar terutama membaca
MANFAAT DESAIN
Melalui perancangan permainan kartu ini anak - anak diharapkan dapat lebih mengenal tentang tokoh - tokoh nasioanl Indonesia selain itu juga dapat membantu anak - anak untuk mengurangi bermain gadget, mengasah otak, melatih mental dan motorik anak. Untuk orang tua juga permainan kartu ini diharapkan bisa menjadi bonding antara orang tua dan juga anak.

Cara Main:

1, Acak Kartu

2. ketika kartu sudah diacak ditaruh ditengah tengah para pemain, lalu setiap pemain menggambil 1 kartu dan menyebutkan kisi - kisi yang tertera pada kartu lalu pemain yang lain mencoba menebak tokoh yang ada

3. Pemain lain menebak nama tokoh dan pemain yang memegang kartu hanya boleh menjawab Ya/Tidak

4. Permainan ini sangat cocok dimainkan dalam berkelompok

Motif batik ini merupakan hasil modifikasi dari 3 batik dari asal - usul yang berbeda. Setiap batik memiliki makna yang mendalamnya masing - masing, dari makna tersebut menjadi harapan perancang kepada para pemain sehingga memodifikasi ketiga batik tersebut. Batik - batik tersebut terdiri dari:

  • Batik Parang, Solo yang memiliki makna tidak pantang menyerah
  • Batik Kawung, Jogjakarta memiliki makna tidak keinginan dan usaha keras yang akan selalu membuahkan hasil  & harapan manusia agar tetap selalu ingat asal - usulnya
  • Batik Alas - alasan, Surakarta memiliki makna mampu mengajak orang lain untuk membaca ulang dan selalu mawas diri, arif dan bijaksana dalam menjalani hidup di dunia yang penuh dengan tantangan 
[post-views]
VIEW

Nuzulina

42317110024

[wp_ulike]

0 Comments