PERANCANGAN KOMIK DIGITAL “PANGERAN DIPONEGORO: PAHLAWAN GUA SELARONG”

Andy Adrian Rendeng |
42317210061
“Perancangan Komik Digital Pangeran Diponegoro: Pahlawan Gua Selarong” merupakan proses desain sebuah komik Indonesia berbasis digital dan tidak bersifat fisik yang akan dilakukan oleh perancang. Komik Digital merupakan komik yang dipublikasikan secara online di suatu situs web atau aplikasi tertentu melalui gadget seperti laptop atau Smartphone. Pangeran Diponegoro memulai kampanye gerilya melawan penjajah Belanda untuk mempertahankan Tegalrejo. Gerakan yang dilakukan ialah menahan suplai dan komunikasi belanda yang ditugaskan mencari dan menagkap pangeran diponegoro. Pangeran mengerahkan pasukannya yang merupakan petani di Tegalrejo. Hal ini merupakan awal perang Diponegoro. Diceritakan sebuah kompeni Belanda yang berkisar 80 hingga 100 tentara Belanda diperintahkan menuju Tegalrejo untuk melakukan invasi untuk menangkap pangeran Diponnegoro. Namun, tentara Belanda di sergap oleh pasukan Pangeran dengan teknik gerilya yang diperintahkan pangeran. Dimulai dari jebakan yang dipasang, pasukan yang dipesenjatai bambu dan keris, dan artileri yang dicuri dari markas Belanda. Akhirnya, hal ini membuat Pasukan Belanda mundur dari Tegalrejo dengan kekalahan yang telak dan akan terus menyerang Tegalrejo hingga Belanda menangkap Pangeran Diponegoro.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Perancangan ini mengisahkan perjuangan pangeran diponegoro setelah dipukul mundur oleh pasukan Belanda. Komik ini menceritakan awal mula pemberontakan pangeran terhadap penjajah Belanda saat itu.
MASALAH DESAIN
dunia komik Indonesia telah mencapai beberapa tembusan dalam industry dunia komik. Namun dari hasil penelitian yang didapat, ada kelemahan pemahaman apakah konsep dan inspirasi utama bagi ilustrasi yang berpacu pada komik Indonesia. Meskipun tema dan konsep komik Indonesia telah diteliti dengan jelas, ada beberapa aspek tentang komik Indonesia yang belum dijelaskan secara detail dan dalam, sehingga perancang melakukan penelitian dan menemukan beberapa pandangan tentang industry komik Indonesia yang mempunyai pendangan yang berbeda – beda.
TUJUAN DESAIN
Tujuan perancangan ialah menentukan gaya komik Indonesia yang merupakan hasil orisinalitas dari Indonesia sendiri. Hal yang merupakan ciri khas Indonesia seperti budaya dan etika Indonesia akan disampaikan melalui perancangan ini.
MANFAAT DESAIN
- Bagi diri sendiri Perancang mampu mengenali teknik dan penelusuran perancangan komik secara detail dan mengasah ilmu dan pengalaman dalam merancang komik. - Bagi Masyarakat / Sosial Perancang dapat memberikan masyarakat dan publik mengenai pengetahuan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia dan asal muasal dari Pangeran Diponegoro - Bagi cabang/ bidang ilmu desain Perancang memberikan tolak ukur terhadap perancangan industri komik Indonesia dalam upaya meningkatkan efiisiensi dan kualitas komik Indonesia pada umumnya.

Proses dimulai dengan penalaran naskah yang telah ditulis. perancang mengilusstrasikan adegan berdasarkan naskah yang telah dirancang.

Proses selanjutnya ialah Lineart, dimana perancang membuat garis bersih dari sketsa agar gambar terlihat jelas untuk pembaca.

Setelah Lineart, dimualilah proses perwarnaan untuk warna basic atau warna primer pada komik.

Terakhir ialah shading atau bayangan untuk menciptakan imersi dan alur gambar tidak terlihat 2 dimensi.

Komik telah terbit melalui penerbit pihak tiga (LINE WEBTOON) sebagai media penerbitan.

[post-views]
VIEW

Andy Adrian Rendeng

42317210061

[wp_ulike]

0 Comments