Perancangan Kampanye Zakat Tema Ramadhan BAZNAS

Shady Arpenta |
42318120019
Ide besar yang ingin disampaikan adalah masyarakat dapat langsung memahami dan menyadari keagungan dan keutamaan berzakat. Berdasarkan Framing pada metode perancangan maka didapatkan Konsep “Zakat adalah kebaikan” menjadi kunci utama perancangan tema ini, terutama pada Ramadhan saat semua muslim berlomba-lomba mengejar kebaikan dari amalan yang terbaik, maka zakat adalah KEBAIKAN TERBAIK. Berbeda dengan pesan mewajibkan zakat, pesan #kebaikanterbaik ini juga mengapresiasi pembayar zakat sehingga selain diwajibkan oleh syariat Islam mereka juga akan merasa tersanjung saat melakukan kewajiban zakat. “Ini zakat saya, ini kebaikan terbaik saya.” Berdasarkan riset yang telah dilakukan, kampanye ini akan lebih banyak menggunakan media instagram sebagai media utama kampanye. Untuk lebih memaknai rancangan kampanye ini sebaiknya mengikuti alur strategi AISAS yang sudah perancang buat.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Dari kelima Rukun Islam: Syahadat, Shalat, Puasa, Zakat dan Haji maka hanya zakatlah yang berhubungan langsung memperbaiki hubungan manusia dengan manusia (hablumminannas) sedangkan keempat lainnya memperbaiki hubungan antara manusia dengan Allah (hablumminallah). Dan, adakah di alam raya ini, selain Pencipta dan makhluk? Karena itu, jika hubungan manusia dengan keduanya baik, maka orang itu telah sampai pada puncak kebaikan dan mencapai puncak kebahagiaan. Terkait hal tersebut sangat disayangkan Potensi zakat di Indonesia yang pada tahun 2020 mencapai Rp 327.6 triliun tetapi realisasi penerimaan zakatnya hanya 3,4 %. Salah satu faktor minimnya masyarakat berzakat adalah tidak semua masyarakat muslim Indonesia tersosialisasi apa itu zakat sebenarnya dan seberapa pentingnya zakat tersebut. Dari kedua pemaparan diatas maka perancangan kampanye ini dibuat agar dapat memberi kesadaran berzakat umat Islam, meningkatkan penghimpunan Zakat khususnya BAZNAS dan mengedukasi pentingnya zakat.
MASALAH DESAIN
Bagaimana merancang kampanye kampanye ajakan berzakat, untuk tema ramadhan pada lembaga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang mampu mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keutamaan berzakat di satu sisi dapat meningkatkan perolehan pengumpulan zakat pada BAZNAS dengan memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan.
TUJUAN DESAIN
Target yang diharapkan adalah target audience tidak saja teredukasi tentang zakat tapi ikut merasakan bahwa zakat adalah sebuah kebutuhan dan menjadi lifestyle umat Islam.
MANFAAT DESAIN
Perancangan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi khalayak sasaran, masyarakat desain dan akademik serfta umat Islam secara umum

Timeline kampanye dan Strategi AISAS 

FASE 1: Add Crowd. Membuat crowd dan rasa penasaran dengan perspektif Target Audience dengan membuat tagline dan visual menjadi teaser sebagai awareness

Attention: Visual pada tahapan Attention di media Instagram. Untuk menarik perhatian dan ketertarikan, perlu dibuat sebuah visual yang mencolok namun tetap sesuai dengan tujuan kampanye

Attention: Visual pada tahapan Attention di Ambient Media atau media yang tidak biasa

Attention: Visual pada tahapan Attention di media offline/outdoor

Interest: Pada tahapan ini masih membuat crowd (keramaian) logo tagline langsung diletakkan diatas dan sudah utuh disandingkan dengan zakat dan menjelaskan kenapa #kebaikanterbaik adalah zakat, target juga digiring kepada tagline yang masuk di body copy. 

Interest: Pada tahapan ini logo tagline langsung diletakkan diatas dan sudah utuh disandingkan dengan zakat dan menjelaskan kenapa #kebaikanterbaik adalah zakat, target juga digiring kepada tagline yang masuk di body copy

FASE 2: EDUKASI & PARTISIPASI

 Search: Pada Fase ini Visual utama sudah mulai ditinggalkan dan fokus pada edukasi, sosialisasi, publikasi rekening dan share. Ibarat seorang tukang obat pinggir jalan telah berhasil  membuat perhatian dan mengumpulkan massa, maka pada tahapan ini Target Audience (TA) yang telah penasaran dan tertarik, diberikan edukasi dan sosialisasi tentang seluk beluk zakat dan program zakat. Pesan (tagline) kampanye tetap ditampilkan sebagai repetisi (pengulangan pesan) agar pesan selalu terngiang di benak Target. Pada profil gambar mulai fase ini lebih banyak ditampilkan model dari generasi milenial sesuai hasil Riset sebelumnya bahwa pengunjung sosial media BAZNAS lebih banyak dari milenial.

Fase Edukasi di Search ini dibagi 2 tahap, tahap edukasi zakat dan edukasi Program Penyaluran zakat

Search: Edukasi PengetahuanZakat

Search: Edukasi Program Penyaluran Zakat

Action: Pada tahapan Action ini tahapan ini sudah dipastikan bahwa jika ketiga proses yang sebelumnya telah dilewati dengan baik, dan saatnya menginformasikan rekening zakat kepada target audience dengan berbagai kemudahan cara menunaikan zakat.

FASE 3: SHARE & CLOSING

Share: Di fase akhir ini, selain mempublikasikan Zakat Fitrah, inilah fase memetik hasil. Karena merasa puas dan terkesan maka cenderung muzaki yang telah berzakat akan berbagi pengalaman mereka kepada rekan atau orang-orang yang terhubung dengan mereka melalui saluran-saluran media terutama sosial media. Pada tahapan ini diasumsikan komunikasi pemasaran sudah berjalan dengan baik, dan berdampak baik pada TA.

Pada 3 hari terakhir kampanye ramadhan ini juga dibuat publikasi jemput zakat untuk menjaring target non milenial dan atau orang yang akan menunaikan zakat secara langsung dan ingin didoakan langsung saat membayar zakat.

 

Contoh muzaki yang ikut menyebarkan konten kampanye Ramadhan BAZNAS

Merchandise kampanye #kebaikanterbaik ini diberikan kepada muzakki atau pemberi zakat dengan syarat-syarat tertentu minimal zakat, minimal share atau quiz agar terjadi interaksi dengan muzakki di sosial media.

Keberhasilan kampanye ini sangat bergantung pada pesan kampanye Zakat #kebaikanterbaik yang pada akhir Ramadhan masih selalu diingat oleh target audience sehingga dapat menguatkan alasan mereka berzakat.
Dikarenakan intensitas Ramadhan yang sangat padat dan merupakan puncak penghimpunan dana zakat maka diharapkan pesan kampanye ini juga di-repetisi (pengulangan pesan kampanye) pada bulan selain Ramadahan hingga satu tahun kedepan dikarenakan di bulan lain intensitasnya tidak sepadat bulan Ramadhan.

map
[post-views]
VIEW

Shady Arpenta

42318120019

[wp_ulike]

0 Comments