Media pendukung offline dibuat kedalam bentuk tent card yang berisi ilustrasi kebudayaan, sebagai bentuk simbolisasi dari identitas wilayah yang dibawakan. Di ikuti dengan daftar macam - macam aneka kopi yang dihasilkan dari masing - masing wilayah yaitu Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa, Pulau Sunda Kecil, Kalimantan dan Papua. Pada bagian belakang disematkan QR Code yang dapat di scan melalui smartphone untuk mengetahui cara mendapatkan media utama dalam bentuk cetak maupun e-book. Tent card dapat ditempatkan pada meja - meja kedai kopi sebagai bentuk promosi offline ragam hasil kopi lokal dan media utama.
PERANCANGAN BUKU “KOPI TANAH NUSANTARA” SEBAGAI SARANA EDUKASI DAN PROMOSI HASIL KOPI LOKAL
Elsa Annastasya Leemenna |
42317110032
Sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia memiliki macam - macam hasil kopi dari berbagai wilayah yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Buku 'Kopi Tanah Nusantara' dibuat ditengah momentum kepopuleran kopi sebagai panduan untuk kembali mengenal salah satu kekayaan komoditas bangsa yaitu ragam hasil kopi yang tumbuh dan berkembang di tanah Nusantara beserta daerah penghasilnya.
PENDAHULUAN
INTEPRETASI JUDUL
Perancangan Buku 'Kopi Tanah Nusantara' memuat sejarah singkat tanaman kopi di Indonesia, informasi seputar kopi yang tumbuh dan berkembang di Indonesia, ragam hasil kopi lokal, serta deksripsi karakter dari masing - masing hasil kopi itu sendiri yang ditujukan bagi para pencinta atau penikmat kopi. Informasi seputar kopi Indonesia divisualisasikan melalui penggunaan berbagai elemen grafis pendukung dalam bentuk media yang lebih modern serta mudah untuk dikonsumsi.
MASALAH DESAIN
Di era modern ini kopi lebih populer dan dikenal melalui bertumbuhnya kedai - kedai kopi, yang menyajikan minuman kopi kedalam bentuk penyajian yang baru dan berubah mengikuti trend. Padahal Indonesia melalui wilayah penghasilnya, telah lama dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar yang menghasilkan macam - macam kopi dengan karakter citarasa asli yang unik dan beranekaragam. Untuk menumbuhkan awareness dan apresiasi terhadap salah satu komoditas Bangsa ini, diperlukan adanya pengenalan kembali terhadap ragam hasil kopi lokal melalui media yang mudah diterima dan memiliki daya tarik bagi para pencinta atau penikmat kopi.
TUJUAN DESAIN
Buku kopi ini dibuat ditengah momentum kepopulerannya, bertujuan untuk memperluas wawasan para penikmat kopi terhadap keanekaragaman hasil kopi yang dimiliki Bangsa serta sebagai bentuk media promosi terhadap hasil kopi lokal, yang diharapkan dapat meningkatkan awareness dan apresiasi penikmat kopi di era modern ini untuk mencoba (menikmati) hasil kopi lokal lainnya serta melestarikan kekayaan komoditi bangsa.
MANFAAT DESAIN
Melalui perancangan buku ini diharapkan dapat mempermudah para pencinta kopi, untuk mendapatkan dan memahami informasi tentang ragam hasil kopi lokal beserta daerah penghasilnya secara lebih spesifik, ringkas dan dalam tampilan yang lebih menarik untuk dibaca sehingga dapat membawa kesan memorable terhadap informasi yang dipahami.
0 Comments