“Magnetic Alphabet” Mainan Edukatif untuk Anak Usia Prasekolah

Rizka Hidayanti Agustin |
41917310011
“Magnetic Alphabet” Mainan Edukatif untuk Anak Usia Prasekolah. Mainan ini di desain menggunakan magnetik sebagai penyambungnya. Menggunakan warna natural menyerupai kayu, agar terlihat lebih alami. Mainan ini diharapkan dapat membantu para orangtua untuk melatih motorik anak-anak dan mengenalkan nama-nama hewan dan objek dalam Bahasa Indonesia serta diharapkan dapat menjalin kekompakkan antara orang tua dan anak saat bermain bersama.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Bermain merupakan kebutuhan anak. Setiap orang tua ingin anaknya cerdas, kreatif dan sehat. Mainan edukatif merupakan sarana untuk menggabungkan dua hal tersebut. Mainan edukatif merupakan alat bermain yang mempunyai fungsi stimulasi kemampuan dan potensi anak. Dengan memberikan anak permainan yang mencerdaskan dan merangsang kreatifitas, anak kita bisa bermain dengan ceria, sekaligus bisa melatih dan menstimulasi kecerdasan dan kreatifitasnya. Oleh karena itu, kesimpulan gagasan yang saya maksud dari judul adalah “Magnetic Alphabet” Mainan Edukatif untuk anak usia Prasekolah ini diperuntukkan bagi anak usia 4-6 tahun atau prasekolah.
MASALAH DESAIN
Badan Pusat Statistik (BPS), pasar mainan di Indonesia masih dikuasai produk impor. Hingga kuartal I-2018, komposisi impor mainan di Indonesia mencapai 65% sedangkan mainan produksi lokal hanya 35%. Lingkungan keluarga adalah lingkup pertama pendidikan anak yang sangat strategis untuk memberikan pendidikan ke arah kecerdasan, budi pekerti atau kepribadian serta persiapan di pendidikan formal berikutnya. Upaya penulis dalam mendukung peran orang tua untuk mengedukasi anak dengan permainan adalah memberikan permainan yang membantu perkembangan motorik dan kognitif pada anak usia prasekolah. Bagaimana merancang kembali mainan puzzle anak prasekolah yang Inovatif, ergonomis dan aman bagi anak.
TUJUAN DESAIN
Tujuan diciptakannya “Magnetic Alphabet” Mainan Edukatif untuk Anak Usia Prasekolah adalah untuk terciptanya mainan edukasi untuk anak dengan bentuk desain yang lebih inovatif, ergonomis dan aman bagi anak.
MANFAAT DESAIN
Bagi saya Tugas Akhir ini dapat menambah wawasan dan mengasah kreatifitas dalam mendesain mainan ulang yang mengandung nilai modern dan ergonomis pada setiap produk berdasarkan target penggunanya, khususnya pada produk mainan edukatif puzzle. Bagi para masyarakat khususnya orang tua agar lebih bijak dalam memilih permainan untuk anaknya agar dapat membantu tumbuh kembang anak ke arah yang positif. Serta, bagi akademik sebagai untuk menambah referensi tentang pemilihan media, bentuk, bahan material dan karakter dengan lebih menonjolkan nilai ergonomi sehingga mampu menciptakan sebuah produk yang dapat mengikuti selera masyarakat yang berubah-ubah seiring berkembangnya zaman.

DATA & ANALISIS

DESAIN FINAL

GALERI KARYA

VIEW

Rizka Hidayanti Agustin

41917310011

17 Comments

  1. keren ini idenya kreatif sekali ada bentuk binatang, ice cream, mobil salut saya ini anak juga senang buat mainnya.

  2. Ide desainnya menarik, tapi sayang tidak ada video simulasi atau infografis cara menggunakannya. Boleh dijelaskan hubungan warna kayu & warna hitam tersebut dengan anak-anak pra sekolah?

  3. Ide desainnya menarik, tapi sayang tidak ada video simulasi atau infografis cara menggunakannya. Boleh dijelaskan hubungan warna kayu & warna hitam tersebut dengan anak-anak pra sekolah?

  4. apakah sudah diujicoba kepada anak2 produk ini Rizka?

  5. Ide dan gagasan menarik, tpi pemilihan warna hitam atau gelap apakah sudah mengalami riset untuk edukasi pra sekolah anak?

  6. Data analisa terkait estetika terutama pada warna hitam yang digunakan, bisa dijelaskan ???

  7. Selamat pagi,,
    Jelaskan mengapa produk hanya mengunakan satu warna?bagaimana proses data dan analisis produk sebagai dasar perancangan produk?

  8. Selamat pagi Haryanti,

    Terima kasih! cara memainkannya anak-anak dapat membongkar/pasang sesuai dengan abjad dan karakter hewan/objek sesuai dengan pelafalan awal kata. Apabila anak dirasa kesulitan, orang tua maupun pendamping anak dapat menunjukkan kartu instruksi sebagai pemahaman anak.

    Dari segi keamanan, dirasa cukup aman. Karena anak-anak sendiri memahami mainan puzzle ini untuk tidak dimakan, melainakan dimainan dengan sistem bongkar pasang maupun pelafalan alfabet sambil bernyanyi.

  9. Selamat Pagi Ibu Mesah,

    Karena saya mengalami kendala pada proses produksi, maka bukan material kayu yang saya gunakan. Namun, gagasan kayu nangka tersebut sangat membantu saya apabila akan memproduksi dalam jumlah yang besar. Terimakasih untuk masukannya.

  10. Selamat siang Pak Hady,

    Puzzle merupakan salah satu bentuk permainan yang sudah banyak diteliti, yaitu sebagai mainan yang mampu mengasah kemampuan berpikir, mempermudah anak dalam mengingat dan memahami konsep-konsep, anak menjadi lebih kreatif dan berdampak pada perkembangan kognitif anak. Penggunaan metode bermain dengan menggunakan puzzle disamping manfaatnya yang banyak, juga dapat memberikan kesenangan kepada anak saat memainkannya sehingga kecemasan yang dirasakan oleh anak dapat menurun. Permainan puzzle memberikan tantangan tersendiri untuk anak disaat anak berada dalam kondisi bingung sebagai orang tua maupun pendamping dapat menyemangati anak agar tidak patah semangat. Semangat yang diperoleh anak dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan merasa mampu menyelesaikan permainan puzzle tersebut. Karena dengan anak dapat menyelesaikan tantangannya, anak akan mendapatkan kesenangannya.

  11. Selamat sore Pak Irwan, proses pencapaian ilustrasi sampai menghasilkan karakter yang disajikan adalah memadupadankan antara abjad dengan karakter hewan/objek sehingga menemukan pasangan yang sesuai. Orang tua maupun pendamping dapat memberikan pemahaman melalui kartu instruksi, kartu instruksi itu sendiri memiliki dua gambar karakter disetiap sisinya. gambar karakter di sisi satu menunjukkan bagaimana pasangan abjad dengan karakter hewan/objek yang seharusnya, dan disisi lain menunjukkan karakter hewan/objek yang sesungguhnya (gambar wujud asli karakter tersebut)

  12. Terimakasih Qoidy!

    Pada mainan Alphabet Puzzle yang sudah saya survei, Alphabets Puzzle yang sudah berada dipasaran memiliki warna yang bervariasi dan warna-warna yang cerah, serta menggunakan warna dasar kayu itu sendiri sebagai warna papan puzzle. Pemilihan warna menjadi sangat personal karena dapat mengekspresikan pribadi seseorang. Oleh karena itu, Warna sendiri merupakan sesuatu yang unik karena dapat mengubah nuansa lingkungan, menciptakan gaya tertentu, dan mengubah presepsi. Warna pada karakter hewan di dunia nyata memiliki perpaduan beberapa warna, namun karena saya memiliki kendala dalam proses produksi, maka saya menggunakan bahan akrilik dengan memberikan warna finishing sesuai dengan warna kayu yaitu seolah-olah terbuat dari kayu dengan memberi finishing dengan warna cat coklat tua sehingga menjadi mirip dengan warna dan corak kayu tertentu dengan menggunakan finishing stiker.

  13. Hi Rizka. Desainnya sangat menarik!

    apa alasan pemilihan warna pada karakter hewan tidak menggunakan warna asli hewan di kehidupan nyata? bukankah karakter anak usia pra sekolah cenderung lebih mudah mengenali hewan berdasarkan warnanya?

    Terimakasih

  14. Selamat sore Rizka, visualnya menarik, tpi bagaimana proses pencapaian illustrasi sampai menghasilkan karakter yang disajikan. dan masih ada bebrapa karakter yang sulit dikenali bagaimna memberikan pemahamn kepada anak?

  15. Selamat Siang,
    Bisa jelaskan seperti apa analisis dan desain tentang bagaimana produk ini dapat meberikan kesenagan bagi penggunanya…Karena bagian terpenting dari produk mainan/permainan adalah aspek kesenangan.

    Mohon bisa dijelaskan dan dijawab pertanyaan dari audience.

    Jika tidak ada aktivitas tidak akan diizinkan untuk sidang.

    Terima kasih

  16. Sebagai tambahan dari saya untuk anak prasekolah bisa menggunakan kayu nangka yang mempunyai warna kuning bisa di olah untuk pembuatan mainan edukatif tersebut.

  17. Pagi Rizka, sukses untuk pamerannya 😉
    Bentuk dan pemilihan warnanya keren, untuk cara memainkannya bagaimana ya?
    Dan secara segi keamanan apakah produk ini aman dimainkan anak-anak usia 4 tahun ?

    Terima kasih

error: Content is protected !!