PERANCANGAN SHORT MOVIE SEBAGAI KAMPANYE MELAWAN TINDAKAN TOXIC MASCULINITY
Fitri Aulia |
42316210007
Halo! Selamat Datang di page pameran saya perkenalkan sama saya Fitri Aulia atau biasa di panggil Aya, saya dari dari UMB, Kranggan. Pada tahap tugas akhir ini saya memilih topik dari fenomena Toxic Masculinity yang berawal dari pengalaman saya yang menyaksikan perilaku - perilaku buruk perundungan sesama gender disebuah platform jejaring sosial media berbasis video yang membuat hati saya tergerak untuk bersuara tentang hal tersebut, sehingga atas latar belakang tersebut saya mengimplementasikan fenomena sosial ini kedalam karya tugas akhir saya yang saya harapkan dapat membangun kesadaran untuk kita semua.
PENDAHULUAN
INTEPRETASI JUDUL
Kampanye Sosial dalam short movie dengan judul "Gak Lak! A̶y̶o̶ dihujat!" ini merupakan sebuah gerakan untuk membangun sebuah kesadaran dikalangan masyarakat pada perilaku dan tindakan buruk dalam fenomena Toxic Masculinity antar laki - laki, Toxic Masculinity adalah norma - norma berlebihan tentang bagaimana laki laki berperan, berkepribadian dan berperilaku dilingkup masyarakat yang berpegang pada budaya maskulinitas tradisional. Toxic Masculinity hadir dikarenakan adanya faktor - faktor psikoseksual, Salah satu jenis faktor psikoseksual yaitu adalah Identitas Gender yakni peran dan karakter seseorang yang terbentuk di masyarakat. yang mana setiap Identitas Gender seseorang tidak bisa dipilih atau ditentukan berdasarkan Identias Seksual atau Orientasi Seksual seperti Masculine dan Feminine.
MASALAH DESAIN
Topik perancangan ini dipilih karna kurang nya sebuah bentuk kesadaran yang perlu ditujukan kepada masyarakat dan sebagai sebuah kontribusi di bidang ilmu kreatif yang dapat berperan untuk mengedukasi dan membangun rasa empati masyatakat sehingga berkurangan nya tindakan - tindakan yang buruk sesama masyarakat. Maskulinitas beracun di anggap memiliki dampak buruk sebagai awal dari kekerasan terhadap lawan gender bahkan sesama gender, Yang mengakibatkan adanya kasus Toxic Masculinity yang kerap terjadi di media sosial.
TUJUAN DESAIN
Tujuan perancangan ini untuk merancang sebuah pesan melalui lingkup media short movie yang disebarluaskan melalui platform video sharing YouTube untuk membangun dukungan kepada laki - laki yang ditunjuk tidak masuk kedalam golongan laki - laki yang maskulin sehingga mengubah stigma hal tersebut serta mengurangi tindakan - tindakan yang menormalisasikan merundung sesama gender dikarnakan perbedaan.
MANFAAT DESAIN
Manfaat perancangan ini yaitu sebagai alat komunikasi untuk menyuarakan pesan moral dan mengubah stereotip tentang maskulintas yang modern agar terbentuk nya pola pikir yang sehat di masyarakat serta mengurangi dampak buruk cyberbullying. Jika video kampanye ini terus tersebar secara intens berdasarkan fitur alogritma dalam wadah video sharing online kampanye ini akan tersebar luas otomatis atas kegiatan umpat balik dan yang dilakukan masyarakat terhadap kampanye dan sacara tidak langsung perancangan media ini akan bersifat sebagai reminder bagi masyarakat luas.
0 Comments