bg pameran

PERANCANGAN DESAIN BUKU “RANCAK SUMATRA BARAT” SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA DAERAH SUMATERA BARAT #5

Millah Izzaty |
42318210023
Hai, nama saya Millah Izzaty. Saya adalah mahasiswa semester 8 dari Mercubuana Kranggan dengan jurusan Desain Komunikasi Visual. Saat ini saya telah membuat sebuah karya buku yang berjudul "Rancak Sumatra Barat", yang mana kata 'Rancak' disini berasal dari bahasa minang yang memiliki arti elok, bagus, cantik. Buku ini saya buat sebagai media untuk mempromosikan tempat - tempat pariwisata di daerah Sumatra Barat

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Buku "Rancak Sumatra Barat" merupakan suatu karya buku yang digunakan sebagai media promosi sekaligus media informasi untuk memperkenalkan keindahan, keelokan serta keasrian alam yang terdapat di kawasaan - kawasan wisata di daerah Sumatra Barat kepada para calon wisatawan, terkhususnya para backpacker atau pecinta alam baik dari masyarakat lokal maupun mancanegara.
MASALAH DESAIN
Pandemi covid berdampak bagi sebagian besar aspek perekonomian yang ada di Indonesia maupun dunia, salah satu aspek yang merasakan dampak paling besar yang disebabkan oleh kemunculan pandemi ini yaitu aspek pariwisata, pasalnya pariwisata memiliki keterkaitkan dengan banyak hal seperti perhotelan, transportasi, UMKM, dan juga tempat - tempat yang memproduksi cendera mata, kuliner daerah, restoran, biro perjalanan wisata serta para pemandu wisata. Kemudian setelah pemerintah Indonesia melonggarkan aturan untuk tidak berkunjung ke tempat yang ramai salah satunya tempat wisata, banyak sekali daerah yang mulai berbondong - bondong melakukan promosi tempat wisata yang terdapat di daerahnya, sedangkan untuk daerah Sumatra Barat sendiri nampaknya kurang melakukan hal tersebut sehingga menurut data Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi Provinsi daerah Sumatra Barat pada Februari 2021 yang di dapatkan dari website resmi Badan Pusat Statistik (BPS) daerah Sumatra Barat didapati data bahwa adanya inflasi pada kegiatan rekreasi di Kota Padang hanya meningkat sebesar 0,08% sedangkan di Kota Bukittinggi -0,01% dan terdapat 2 gabungan kota lainnya yang inflasinya hanya sebesar 0,07%, selain itu dari segi wisatawan mancanegara pada desember 2021 tahun lalu tidak ada satupun wisatawan mancanegara yang datang ke daerah Sumatra Barat.
TUJUAN DESAIN
Tujuan dari pembuatan karya perancangan buku "Rancak Sumatra Barat" ini yaitu untuk memberikan informasi yang lebih luas mengenai kawasan wisata di Indonesia, khususnya di Sumatra Barat, sebagai cara untuk mempromosikan kawasan wisata yang berada di daerah Sumatra Barat dan dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke daerah Sumatra Barat
MANFAAT DESAIN
Terdapat manfaat yang akan didapatkan oleh masyarakat sekitar tempat wisata tersebut yaitu tentunya apabila promosi ini berhasil perekonomian masyarakat sekitar akan meningkat.
[post-views]
VIEW

Millah Izzaty

42318210023

[wp_ulike]

0 Comments