INTEPRETASI JUDUL
Tugas akhir berjudul "Perancangan Literasi Emosi Pada Remaja" dimaksudkan untuk memberikan media edukasi yang informatif mengenai materi literasi emosi pada remaja dengan menggunakan media motion graphic.
MASALAH DESAIN
Minimnya media edukasi yang informatif mengenai literasi emosi pada remaja. Sementara, remaja dengan literasi emosi rendah memiliki potensi permasalahan dalam perilaku, seperti agresi dan kenakalan, selain itu permasalahan dalam diri berupa stress dan depresi (Liau, Liau, Teoh, & Liau, 2003); semakin rendah literasi emosi semakin tinggi kecenderungan perilaku bullying pada peserta didik (Yuono, 2014; Knowler & Frederickson, 2013 ).
TUJUAN DESAIN
Memberikan informasi mengenai literasi emosi pada remaja yang akan berpengaruh pada perilaku dan pemecahan masalah di kalangan remaja yang berkaitan dengan literasi emosi dengan menggunakan media visual berupa motion graphic.
MANFAAT DESAIN
1) Bagi penulis:
Menambah wawasan penulis mengenai penerapan konsep dan unsur desain yang bersifat komunikasi visual dan fungsional pada salah satu media edukasi.
2) Bagi masyarakat:
Meningkatkan edukasi mengenai literasi emosi pada remaja.
3) Bagi masyarakat desain:
Dapat menjadi wawasan dan informasi terhadap konsep visual desain pada media edikasi.
0 Comments