PERANCANGAN KARTU PERMAINAN EDUKATIF “SHINE IS FINE”
Muhamad Gildan Yushafima |
42318010057
SHINE IS FINE merupakan sebuah kartu permainan yang di dalamnya terdapat sisi edukatif dan informatif yang membuat para pemain dapat berinteraksi dan bermain sambil menambah ilmu serta wawasan sejarah dan budaya Indonesia.
PENDAHULUAN
INTEPRETASI JUDUL
Perancangan Kartu Permainan Edukatif "SHINE IS FINE" menawarkan solusi lain dalam penyelesaian permasalahan akan maraknya interaksi sosial yang bersifat daring dan minimnya pengetahuan masyarakat akan wawasan sejarah dan budaya Indonesia. Memanfaatkan kartu permainan sebagai media edukatif dan informatif yang menjadikan aspek visual & verbal sebagai pilar utama dari informasi dan jalannya permainan.
MASALAH DESAIN
Maraknya sarana/platform interaksi berbasis digital menyebabkan masyarakat sekarang cenderung lebih suka menggunakan platform digital dalam berinteraksi dengan orang lain, sehingga diperlukan sesuatu yang bisa meminimalisir fenomena ini agar nantinya interaksi masyarakat tidak didominasi oleh interaksi yang bersifat daring, salah satunya ada pembuatan media/platform yang dapat menjadi sarana interaksi tatap muka. Maraknya kurang wawasan akan sejarah dan budaya negeri sendiri juga menjadi masalah yang perlu diselesaikan oleh perancangan ini.
TUJUAN DESAIN
Menjadi sarana interaksi sosial berlandaskan elemen visual & verbal yang dapat membuat para pemainnya merasa bahwa interaksi luring cukup penting dan sangat asyik untuk dilakukan. kartu permainan ini juga ditujukan agar masyarakat Indonesia agar lebih aware dan ingat akan sejarah dan budaya Indonesia.
MANFAAT DESAIN
Shine is Fine dapat menciptakan suatu interaksi sosial yang seru dan sehat serta dapat meminimalisir fenomena anti-sosial yang bermunculan seiring kecenderungan masyarakat yang hanya menggunakan platform digital sebagai sarana interaksi dengan orang lain. Selain itu kartu permainan Shine is Fine juga dapat menambah wawasan para pemainnya.
0 Comments