Perancangan Game Edukasi Digital Untuk Tanggap Bencana

Aldry Aulia Syahmardika |
42316010101
Game AWAS BENCANA! merupakan game edukasi digital dengan visual yang lebih modern yang mengajarkan para pemainnya untuk mengedukasi dan bagaimana untuk bersikap pada saat terjadi bencana.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Game edukasi merupakan game yang mengajarkan para pemainnya agar teredukasi dengan tema yang telah ditentukan oleh pembuat game. Dalam judul ini, game edukasi tersebut bertemakan tanggap bencana. Sehingga dapat dikatakan bahwa game ini mengajarkan para pemainnya tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana harus bersikap pada saat terjadinya bencana.
MASALAH DESAIN
Umumnya ketika seseorang mendengar kalimat game edukasi, banyak yang terpintas dipikiran banyak orang bahwa game tersebut utamanya ditujukan untuk anak-anak. Dalam game edukasi mengenai bencana alam, game tersebut kebanyakan menggunakan visual yang terlalu "ramah anak" sehingga pemain yang memiliki umur yang lebih matang kemungkinan besar tidak memainkannya. Padahal, edukasi mengenai masalah bencana alam sangat penting bagi orang-orang yang umurnya lebih matang tersebut. Data dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) pada tahun 2017 mencata orang-orang yang meninggal akibat bencana alam masih banyak yang berumur 17-26 tahun, kemungkinan sebagian besar dari korban tersebut masih belum cukup memiliki edukasi masalah tanggap bencana, oleh karena itu game merupakan media yang dapat mengajarkan edukasi tanggap bencana. Namun ketika ingin mencari game edukasi atau game yang berisi cara menyelamatkan diri dari bencana, ada beberapa game yang beredar di Indonesia. Tetapi, kebanyakan dari game edukasi bencana tersebut memiliki visual yang kurang diminati oleh para pemain yang terkategori 13+ IGRS (Indonesian Game Rating System). Hal ini sejalan dengan riset yang telah dilakukan sebelumnya mengenai visual game tanggap bencana. Hasil riset mengatakan bahwa pemain pada saat ini menyukai game dengan tampilan 3D dan dengan jalan cerita yang bercabang serta mekanisme game yang tidak terlalu mudah sehingga membosankan. Beranjak dari riset ini maka diputuskanlah melakukan perancangan game edukasi digital yang kemudian menjadi "AWAS BENCANA!".
TUJUAN DESAIN
Perancangan ini bertujuan untuk memberikan para pemain yang memiliki umur dengan kategori IGRS (Indonesia Game Rating System) 13+ sebuah game edukasi yang mereka mau mainkan. Visual yang disajikan dirancang sedemikian rupa sehingga para pemain tersebut tertarik dan ingin mencoba memainkan game edukasi yang umumnya terbias bahwa game edukasi memiliki visual untuk anak - anak. Perihal masalah mengapa mengambil tanggap bencana, beberapa waktu yang lalu kampung halaman saya terkena gempa dan menyebabkan korban jiwa yang cukup banyak dan dari data korban jiwa tersebut, sangat disayangkan masih banyaknya korban yang berumur 17 - 25 tahun. Padahal, umur tersebut umumnya masih memiliki kondisi fisik yang prima sehingga patut dipertanyakan sebab meninggalnya korban tersebut, tentunya mengesampingkan takdir dan faktor yang tidak bisa di ganggu gugat oleh manusia lainnya.
MANFAAT DESAIN
Dengan perancangan dari game ini, maka diharapkan target pemain IGRS 13+ memiliki minat untuk memainkan game edukasi dan developer game lain dapat menjadikan rancangan karya ini sebagai basis dasar dalam membuat game edukasi tanggap bencana baik dari visual ataupun interaksi yang terjadi di dalam rancangan game ini.

AWAS BENCANA! merupakan game edukasi digital untuk tanggap bencana yang memiliki berbagai macam situasi bencana alam dan pemain ditantang untuk melawati berbagai rintangan dalam membantu karakter di dalam game dengan cara membantu serta membuat keputusan yang nantinya akan berpengaruh pada cerita di akhir tiap episode nanti.

Antara Episode, Karakter, Bencana dan Ending

Game ini mengimplementasikan cerita dengan menggunakan Episode, dimana setiap Episode akan memiliki cerita yang berbeda dari Episode sebelumnya. Di tiap episode akan memiliki Karakter yang berbeda juga, dan perbedaan bencana yang akan dihadapi oleh masing-masing karakter. Konklusi akhir cerita di tiap episode juga akan dipengaruhi dari apa yang dilakukan oleh pemain hingga akhir episode. Ada yang baik, dan ada yang buruk. Elemen ini akan menambah replayability atau kecendrungan memainkan ulang permainan untuk mendapat cerita yang berbeda sehingga waktu bermain secara total akan lebih lama.

 

Misi dan Konversasi

Misi memberikan tujuan dan arahan dalam bermain. Misi yang menarik adalah misi yang memiliki cerita unik ataupun hal yang harus dilakukan untuk menyelesaikan misi. Kenali orang-orang disekitarmu, bantu mereka dan ketahui lebih jauh cerita dari masing-masing karakter.

Sebagai game edukasi yang dikembangkan dengan mempertimbangkan orang indonesia sebagai variabelnya, maka langkah terbaik tentu saja menggunakan lingkungan dari Indonesia sebagai lingkungan gamenya. Lingkungan yang familiar tentu saja daerah urban dimana merupakan jalan masuk gang yang tidak terlalu besar dan terdapat rumah - rumah dan suasana "semi" kampung, yang terdapat unsur keramah - tamahan.

Dikarenakan waktu yang terbatas, saat ini hanya bagian Episode 1 yang dapat diselesaikan dan mulai memasuki tahap alpha dimana permainan masih memiliki banyak bug dan error, tetapi sudah dapat memperlihatkan seperti apa visual yang dapat dibawakan pada produk akhir.

Beberapa Karakter dari Episode 1

Luki Setiawan

Luki Setiawan adalah seorang pemuda yang hidup berdua bersama adiknya. Orang tuanya sudah meninggalkannya sejak dulu. Sebagai pribadi yang baik hati, Luki kerap membantu sesama kapanpun dan dimanapun dia berada.

Pak RT

Pak RT adalah seorang... Pak RT, yang sudah lama mengenal Luki jauh sebelum Luki pindah kelingkungan yang Luki tempati saat ini. Pak RT merupakan sosok tokoh yang tegas tetapi pada saat yang sama seorang yang humoris walau kadang hanya bapak-bapak yang tertawa. 

Mba Yul

Seorang Ibu Rumah tangga yang memiliki seorang anak bandel bernama Madun. Sedikit galak namun sikap tersebut merupakan wujud kasih sayang terhadap si Madun.

Mami Atun

Ibu - ibu yang senang bergosip, memiliki kucing yang sangat disayang hingga dia menganggapnya sebagai anak sendiri.

Mas Indra

Seorang pengangguran yang tempramental dan sok gaya. Dia selalu melebih-lebihkan hal kecil yang terjadi padanya. Tak heran banyak tetangga yang menjauhinya.

Bagi kalian yang sudah penasaran dengan gamenya, silahkan menonton video demo gameplay-nya. Jika ingin langsung mencobanya, link untuk Download versi Alpha ada dibawahnya ya! 

Alpha Build Download link ( Windows ) :

Notes : Diharapkan PC atau Laptop yang akan digunakan mumpuni, sebab versi Alpha tidak memiliki konfigurasi grafis sama sekali. Settingan grafis diatur ke Ultra secara default dari Unity. Bug dan glitch adalah hal yang wajar mengingat game ini masih tahap Alpha. Terimakasih atas perhatiannya

Terima kasih sudah melihat galerinya sampai bawah. Bila berkenan, tolong isi feedback nya ya 🙂

[post-views]
VIEW

Aldry Aulia Syahmardika

42316010101

[wp_ulike]

0 Comments