URBAN TOYS BENTUK SATWA OWA JAWA, MENGADAPTASI BUDAYA SUNDA

AJI GUMELAR |
41916310003
Perancangan Produk Urban Toys mengambil bentuk deformasi dari satwa endemik Owa Jawa dapat di gerakan di beberapa bagian yaitu lengan, kaki dan kepala. Dilengkapi dengan Packaging kemasan dan item-item tambahan yang bisa dikenakan pada mainan urban toys ini. Produk ini dibuat 2 jenis konsep yaitu budaya sunda dan warna dasar polos (blank character) yang dapat di kreasikan oleh audiens sendiri dalam bentuk kreatifitas tulis dan warna.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Perancangan produk Urban Toys ini adalah untuk memperkenalkan Owa Jawa kepada masyarakat sebagai bentuk menjaga kelestarian fauna endemik dan kebudayaan lokal yang saat ini perlu diperhatikan seiring berkembangnya zaman. Disamping untuk media edukasi kepada masyarakat, fungsi lain produk Urban Toys ini menjadi kanvas 3D guna mengekspesikan ide dan gagasan kreatifitas audiens.
MASALAH DESAIN
1.Bagaimana Urban Toys ini akan dirancang memiliki Aspek Venustas dan Ergonomis dari bentuk original satwa Owa Jawa dengan penambahan ornamen budaya sunda? 2.Bagaimana menggabungkan bagian-bagian dari Urban Toys agar memenuhi Aspek Firmitas yang ideal untuk dapat dimainkan? 3.Bagaimana menerapkan unsur-unsur dan prinsip desain pada Urban toys agar memungkinkan audiens dapat menuangkan ekspresi kreatifitas dalam bentuk tulis dan warna ke dalam urban toys?
TUJUAN DESAIN
1.Urban Toys yang mampu menjadi produk edukatif untuk memperkenalkan Owa Jawa dengan keterikatan Budaya Sunda kepada masyarakat. 2.Terciptanya Urban Toys yang dapat melatih imajinasi pengguna dengan beberapa bagian yang dapat di gerakan dan penambahan item yang dapat dipasangkan pada mainan. 3.Menjadikan Urban Toys sebagai media mengekspresikan kreatifitas dalam bentuk gambar dan tulisan ke dalam mainan.
MANFAAT DESAIN
1.Menambah wawasan tentang fauna endemic terutama Owa Jawa dan keterkaitannya dengan Budaya Sunda. 2.Timbul kesadaran akan pentingnya menjaga, melestarikan sumber daya hayati. 3.Melatih keberanian berekspresi dalam bentuk kreatifitas melalui produk mainan.

DATA & ANALISIS

DESAIN FINAL

GALERI KARYA

VIEW

AJI GUMELAR

41916310003

14 Comments

  1. I’m writing on this topic these days, casinosite, but I have stopped writing because there is no reference material. Then I accidentally found your article. I can refer to a variety of materials, so I think the work I was preparing will work! Thank you for your efforts.

  2. Of course, your article is good enough, slotsite but I thought it would be much better to see professional photos and videos together. There are articles and photos on these topics on my homepage, so please visit and share your opinions.

  3. ide yang sangat menarik. great post!

  4. idenya menarik, perlu dipikirkan archetype dari karakter tsb spt apa?, karakter profilenya spt apa? finishing final desig-nya juga masih perlu berlatih lagi

  5. I’ve been looking for photos and articles on this topic over the past few days due to a school assignment, baccaratcommunity and I’m really happy to find a post with the material I was looking for! I bookmark and will come often! Thanks 😀

  6. Tambahan : mengapa jumlah giginya hanya empat?

  7. Selamat berpameran, dalam presentasi diatas saya belum melihat adanya proses analisis bentuk transformasi karakter yang lengkap dan terkesan bentuknya karakter asal nebak saja.

    Sehingga akan sulit untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti : mengapa mulutnya dibuat terbuka? mengapa wujudnya tidak realistis & bentuk tubuhnya tidak proporsional? senjata kujang untuk melawan siapa? apakah dia tokoh protagonis atau antagonis? dan lain sebagainya.

  8. assalamualaikum bapak/ibu maaf saya baru membalas komentar review pada pameran produk TA.

    @pak abdul hakim : terimakasih banyak pak hakim , kurang lebihnya saya akan kembangkan kembali dan mencoba lagi diluar tugas perkuliahan karena experience yang saya dapatkan saat menempuh tugas akhir sangat membuat saya penasaran akan produk saya sendiri.

    @ibu rinka : terimakasih banyak ibu rinka atas saran dan masukannya, untuk konsep packaging saya mengambil urban modern dengan paduan minimalis warna dominasi warna hitam dan putih saja. sebelumnya memang ingin di improvisasi kembali dengan tambahan display window tetapi mengingat material karton yang saya gunakan terlalu tipis akhirnya saya urungkan untuk bisa menambahkan ornamen tersebut pada packaging.

    @pak Dena : Terimakasih banyak pak dena atas review dan masukannya, material dasar pada finishing saya menggunakan PVC resin untuk cetakan pada molding memang saya sadari masih banyak guratan cetakan RAW model 3D printingnya. karena pada perancangan saya melalui 2 Tahap sistem 3d printing dan handmade produksi yaitu : Cetak RAW MODEL (master mockup) , molding cetakan , dan Casting resin. kedepannya saya akan kembangkan produk ini semaksimal mungkin pak.

    @pak Irwan : Terimakasih banyak pak irwan atas masukannya mengingat material yang saya gunakan adalah PCV resin dengan karakteristik lebih lunak yang berbeda dengan resin epoxy centerung keras dan kaku saya berfikir untuk tidak menghaluskan permukaannya dengan terlalu dalam karena takut menghilangkan style desain dari low poly yang saya terapkan dengan banyak sudut di beberapa permukaan bagian pada urban toys. kedepannya akan saya maksimalkan untuk detailing dan finishingnya pak

    @pak mesah : Terimakasih banyak pak mesah atas masukan dan review pada produk TA urbantoys owa jawa, untuk perbandingan antara bagian/part yang saya mengambil hirarki pada bagian kepala dibuat sedikit agak besar mengingat pada wajah karakter tersebut memiliki ekspresi, untuk tumpuan kekuatan saat display bagian kaki saya buat dengan ukuran agak melebar dengan permukaan datar membuat pijakan pada karakter urbantoys sangat kokoh. untuk penyempurnaan ke depannya akan saya kembangkan bagian-bagian penunjang lain untuk menjadi elemen pendukung demi penyempurnaan produk ini.

  9. great idea, namun bisa lebih ditekankan pada proses detailing, bisa menggunakan sistem amplas secara bertahap dari yang kasar sampai dengan ukuran amplas terhalus. atau bisa disiasati dengan pembuatan model yang rapi, ketika dibuat cetakannya, akan otomatis permukaannya lebih halus. Pemilihan cat sesuaikan dengan material. Font bisa dibuat lebih rapi dan bisa disesuaikan dengan warna dan bentuk toys.

  10. Perancangannya menarik, kemudian dalam keseimbangan membuat perbandingan produknya apakah sudah mencerminkan kekuatan bentuk supaya kuat untuk di pajang atau disajikan

  11. sudah bagus, pada proses detailing dan finishing bisa lebih ditekankan lagi, pasti akan lebih rapi.

  12. Untuk material menggunakan apa ji? apakah 3D Print, mungkin dapat lebih di haluskan lagi agar tidak terlihat pahatan kotak kotak pada characternya

  13. Produk sudah baik, saran untuk kemasan bisa dirancang lebih representatif kepada produk

  14. ini bagus idenya ini hasil jadinya juga keren ini. detail gambar analisa data dan juga proses pengerjaan diberikan kedalam penulisan, lalu yang satu lagi buat apresiasi adalah owa jawanya bukan cuman 1 tapi 2 yang 1 lagi pakai topeng monyet ini usahanya butuh 2x. untuk yang owa jawa sendiri sdh bagus ornamen2nya lengkap sesuai dengan konsep di penulisan hasil akhirnya. melestarikan hewan endemi indonesia dan memperkenalkanya dengan karakter figure mainan, keren

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!