TAS TOURING DENGAN KOMPARTEMEN TOOL KIT UNTUK PENGENDARA MOTOR FAIRING SPORT

ILHAM PRAKOSO |
41918010035
Tas touring yang diperuntukkan untuk jenis motor fairing sport yang memiliki fitur peletakkan peralatan tool kit untuk berjaga - jaga ketika kendaraan bermasalah. Tas ini dilengkapi dengan kompartemen peletakkan komponen kecil pada kendaraan yang berfungsi ketika pengendara melakukan pembongkaran pada body kendaraan dan komponen kecil seperti baut dan mur tidak berserakan sehingga susah untuk di cari. Tas touring ini memiliki banyak kompartemen yang berfungsi untuk meletakkan barang kebutuhan pengendara seperti pakaian, sandal, peralatan mandi dan sbg yang membuat barang tidak saling bertumpukan pada 1 kompartemen saja.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Fairing sport yang dimaksud adalah jenis motor yang memiliki bagian penutup depan sepeda motor yang biasa digunakan pada jenis motor sport. Fairing sendiri punya definisi sebagai sebuah struktur tambahan pada motor yang bertujuan untuk menambah kestabilan saat membelah angin dengan kecepatan tinggi. Dengan judul kompartemen tol kit yang dimaksud adalah ruang untuk penyimpanan peralatan berkendara seperti obeng, kunci pas, kunci ring dan sejenisnya. Hal ini akan membantu saat keadaan motor terasa bermasalah. Sehingga pengguna bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus mampir ke bengkel.
MASALAH DESAIN
1. Apa saja barang kebutuhan touring yang dapat diletakkan pada kompartemen dan komponen pada tas touring? 2. Bagaimana desain tas touring yang dapat memenuhi kebutuhan kegiatan touring agar dapat menyimpan barang-barang kebutuhan dan peletakkan komponen pada motor jika terjadi kendala saat berkendara?
TUJUAN DESAIN
1. Terciptanya tas touring adalah untuk menyimpan kebutuhan barang-barang yang pengguna bawa untuk keperluan touring 2. Terciptanya tas touring adalah memfasilitasi pengguna motor fairing ketika terjadi kendala pada kendaraan, dan pengguna melakukan perbaikan dengan melepaskan beberapa komponen kecil, pengguna dapat meletakkan komponen kecil tersebut agar dengan mudah mencari nya.
MANFAAT DESAIN
1. Pengguna dapat membawa kebutuhan barang-barang persiapan untuk kegiatan touring dengan meletakkannya pada kompartemen yang berbeda agar barang yang berada di dalam tas tidak bertumpukan dan sulit dijangkau 2. Pengguna dapat meletakkan beberapa komponen kecil ketika terjadi kendala pada kendaraan dan memungkinkan harus membongkar kendaraan sehingga komponen kecil dapat diletakkan pada kompartemen agar tidak hilang atau sulit ditemukan.

DATA & ANALISIS

DESAIN FINAL

GALERI KARYA

VIEW

ILHAM PRAKOSO

41918010035

17 Comments

  1. Hallo @alika Terimakasih sudah berkunjung dipameran saya 🙂

  2. pameran yang sangat menarik dan produk nya yang akan bermanfaat.

  3. Hallo @Jeki Priyatno terimakasih telah berkunjung ke pameran saya. terimakasih telah berkomentar.

  4. Selamat berpameran ilham 🙂 , Sebuah produk tas multiguna untuk berkendara motor yang cukup efektif untuk fungsi kebutuhan pengguna yang sangat komplek dalam kegiatan Touring yang dilakukan , selain terdapat kompartemen Untuk penyimpanan Emergency Tools , penyimpanan pakaian yang dibawa oleh pengguna terdapat juga fitur untuk menyimpan kebutuhan peralatan mandi dan peralatan tambahan lainya yang mengefisiensikan sebuah kegunaan produk tas touring yang dibuat pada karya tersebut, sebuah ide yang bagus dan juga bisa dijadikan rekomendasi untuk sebuah komunitas besar khususnya kendaraan motor seperti fairing sport untuk menggunakan produk tas tersebut pada saat Sunmori atau sebuah kegiatan Kopdar , Good Job Ilham 🙂

  5. Selamat siang Pak @Ardo Bernando, terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk melihat karya saya. terkait pertanyaan, karya sejenis dari tas touring lebih mengedepankan posisi peletakkan pada kendaraan motor sport. Kebanyakan dari karya sejenis lebih membuat peletakkan tas touring yang dimana multiposisi yaitu peletakkan pada bagian belakang jok dan bisa dijadikan sebagai ransel. namun terdapat produk tas touring yang mempunyai fitur serupa yaitu peletakkan tool kit. akan tetapi produk tersebut diharuskan kendaraan memasang bracket besi samping untuk peletakkan tas tersebut. Berbeda dengan perancangan saya, tas touring menggunakan webbing dan buckle pada bagian bawa tas yang berfungsi sebagai pengunci agar tas tidak berubah posisi dan tetap berada diatas jok. tas ini memiliki 3 webbing beserta buckle yang dimana tidak menggunakan bracket agar tidak merusak estetika dari kendaraan motor sport. lalu tas ini mempunyai kompartemen modular agar pengendara motor dapat membawa peralatan mandi untuk diletakkan didalam kamar mandi sehingga tidak perlu membawa utuh tas kedalamnya. lalu terdapat kompartemen untuk peletakkan komponen kecil ketika kendaraan sedang terjadi masalah seperti peletakkan baut atau mur agar tidak berserakan dan susah dicari ketika kendaraaan sedang menepi dipinggir jalan atau ditempat yang berumput dan minim cahaya, sehingga komponen tersebut diletakan pada kompartemen khusus. Desain tas juga memiliki skat pemisah agar barang barang kebutuhan pengguna tidak saling bertumpukan dan sulit dicari.

  6. Hallo @Gusti M. Ainul Islam terimakasih sudah masuk pada halaman pameran saya. Sangat benar sekali, selain membantu pengguna untuk mencari kebutuhan touring, kebutuhan pengguna seperti kebersihan diri sangat penting, sehingga pengguna ketika ingin mandi tidak perlu membawa tas kedalam kamar mandi karena dipersiapkan kompartemen modular agar memudahkan membawa peralatan mandi

  7. Selamat berpameran, adakah referensi karya sejenis? jika ada lalu apa kebaruan atau keistimewaan tas rancangan anda?

  8. Good job Ilham Prakoso,
    Ini jadi bikin memudahkan komunitas touring nih, gak harus bingung2 cari penyimpanan untuk kebutuhan touring. Apalagi ada kompotemen buat perlengkapan mandinya.
    Karyanya keren, ngebantu bngt nih

  9. Your article has answered the question I was wondering about! I would like to write a thesis on this subject, but I would like you to give your opinion once 😀 majorsite

  10. Hallo @Angel Aswinia Christy terimakasih sudah berkunjung ke pameran saya

  11. Hallo @Nur Syarifah, terimakasih sudah berkunjung ke pameran saya.

  12. Hallo @Antoni Gunawan Terimakasih sudah berkunjung ke pameran saya. terkait dengan pertanyaan, tas ini tidak hanya mengandalkan 1 webbing saja, terdapat 2 webbing juga pada bagian bawah tas yang diletakkan pada bagian bawah jok belakang. Sehingga posisi tas tidak akan bergeser karna webbing yang ditambahkan dengan buckle agar tetap terkunci dengan aman

  13. Selamat berpameran ilham!!✨️
    Sebuah karya yang sangat menarik dan berguna khususnya untuk para pengendara motor saat touring. Good jobs ilham✨️

  14. Selamat berpameran Ilham! 😉

  15. Selamat ber pameran.
    Keren nih ide’a yg, yg jadi pertanyayan, jika muatan barang bawaan full termasuk kunci” didalm’a bisa bergeser ke kiri atau kekanan dengan hanya mengandalkan satu webing saja?

  16. Baik terimakasih @Anonymous telah berkomentar di pameran saya. Kelebihan dari desain tas touring selain dari aspek fungsi, tas ini dirancang dengan menggunakan webbingstrap dengan sistem buckle yang dikaitkan pada jok belakang kendaraan. dimana pengguna dapat melepas pasang tas touring dan dapat membawanya ke tempat pengguna beristirahat. pada penggunaan box touring, biasanya pengguna harus menambahkan bracket besi yang pemasangannya dapat merubah estetika motor fairing sport, karena asumsi pengendara motor sport jika pemasangan bracket dapat merubah estetika kendaraan motor spor, apabila box touring dilepas. bracket besi tetap menempel pada motor. sedangkan dengan menggunakan perancangan tas touring yang telah di desain, pengguna hanya melepas jok motor dan webbingstrap yang mengait sehingga tidak merubah estetika dari kendaraan. selain itu desain tas touring dapat dibawa ke tempat pengendara beristirahat dan terdapat kompartemen modular yang berfungsi untuk pengendara melakukan kegiatan bersih atau mandi agar tidak perlu membawa utuh tas kedalam kamar mandi. Terimakasih

  17. apa kelebihan desain tas touring yang saudara buat disini berkaitan dengan aspek fungsi

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!