COVER

TAS LAPTOP DENGAN FITUR STAND ADJUSTABLE

ASRUL HARTANTO |
41917010018
Di era sekarang kita dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan zaman, salah satu teknologi yang mengalami perkembangan secara pesat adalah komputer/laptop. Namun dengan banyaknya kelebihan laptop disisi lain desain laptop yang begitu portabel semakin menambah potensi kurang nyamannya pemakaian. Akibat dari kurang nyamannya pemakaian laptop juga akan berakibat pada pengguna laptop itu sendiri. Seperti yang dijelaskan oleh dokter ahli tubuh, dimana ada beberapa dampak besar bagi kesehatan yakni dapat menyebabkan sakit punggung, Infertilitas, sakit leher, dan jari berkedut. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan sebuah alat penyangga laptop agar posisi laptop lebih nyaman dalam penggunaannya.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Tas laptop dengan ergonomi kenyamanan pengguna yang dimaksud penulis yakni sebuah Tas Laptop berbentuk persegi panjang sesuai dengan bentuk laptop yang memiliki 3 tingkat ketinggian yang dapat diatur sesuai dengan tinggi postur pengguna, selain itu terdapat pula kantong untuk membawa perangkat lainnya seperti charger, mouse, flashdisk, dsb. Perancangan ini ditujukkan untuk menunjang kebutuhan penggunaan laptop diberbagai tempat baik didalam ruangan maupun aktifitas diluar ruangan.
MASALAH DESAIN
Jika dilihat dari beberapa marketplace online terbesar "Stand Laptop" terjual puluhan ribu unit untuk satu toko penjual saja, artinya memang stand laptop bukan hanya sebatas peninggi laptop saja, melainkan penggunaanya yg dapat membantu agar posisi tubuh tetap terjaga kesehatannya seperti yang banyak dijelaskan oleh para dokter ahli tubuh. Hal ini menunjukkan bahwa Stand Laptop sangatlah diperlukan, terlebih bagi pengguna laptop dengan jangka waktu pemakaian yang lama. 1). Bagaimana tas laptop dapat menyesuaikan tinggi pengguna dengan menggunakan laptop? 2). Bagaimana tas laptop dapat memenuhi aktifitas pengguna baik di dalam atau di luar ruangan?
TUJUAN DESAIN
Berdasarkan rumusan masalah yang telah dijelaskan, diperoleh tujuan yaitu: 1). Terciptanya Tas Laptop dengan Ergonomi pengguna yang dapat diatur tingkat ketinggian sesuai kemauan pengguna. 2). Terciptanya Tas Laptop dengan Ergonomi pengguna yang dapat menjaga postur tubuh agar tetap terjaga dengan baik. 3). Terciptanya Tas Laptop dengan Ergonomi Pengguna yang dapat memberi kenyamanan bagi pengguna. 4). Terciptanya Tas Laptop dengan Ergonomi Pengguna yang dapat menunjang kegiatan dimana saja.
MANFAAT DESAIN
Manfaat Utamanya yakni mencegah cedera muskuloskeletal (sakit punggung, bungkuk, infertilitas, serta sakit leher), dan Carpal Tunnel Syndrom (jari gemetar, bekedut, nyeri syaraf pada jari). Manfaat lainnya yakni : 1). Mencegah Kerusakan Laptop, Salah satu manfaat menggunakan stand laptop ialah mencegah laptop terkena goresan atau tumpahan yang tidak disengaja. 2). Mengatur Layar agar Sejajar dengan Mata, Manfaat menggunakan stand laptop yang sangat terasa adalah membuat layar laptop sejajar dengan mata. 3). Mengetik Lebih Nyaman, Manfaat lainnya menggunakan stand laptop yang sangat terasa adalah mengetik jadi lebih nyaman, mengurangi ketegangan otot pada sekitar telapak tangan dan jari.

DATA & ANALISIS

DESAIN FINAL

VIEW

ASRUL HARTANTO

41917010018

13 Comments

  1. Terima kasih atas informasinya.

  2. I’ve been looking for photos and articles on this topic over the past few days due to a school assignment, totosite and I’m really happy to find a post with the material I was looking for! I bookmark and will come often! Thanks 😀

  3. Halo (anonymous), Terima Kasih telah berkunjung di Galeri Pameran TA saya.
    Terima Kasih jika produk rancangan saya dapat bermanfaat bagi anda, semoga produk saya dapat bermanfaat juga pada rekan-rekan lainnya.

  4. Halo, Terima Kasih Mas Antoni Gunawan atas kunjungan pada Galeri Pameran TA saya.
    Terima kasih telah memberi penilaian positif pada produk saya, saya akan gali lebih dalam dan akan saya kembangkan terus.
    Semoga Produk saya dapat bermanfaat bagi Mas Antoni Gunawan dan yg lainnya.

  5. Halo (anonymous) Terima Kasih telah berkunjung di Galeri Pameran TA saya.
    Bahan material yang digunakan pada bagian tas merupakan bahan yang paling umum digunakan dalam pembuatan tas, yakni Kanvas Cordura yang memiliki tekstur luar yang cukup kokoh dan bagian dalam yang memiliki lapisan anti air. Namun atas saran dan masukkannya akan saya kaji kembali untuk mengetahui bahan lainnya yang cocok untuk penggunaan tas.
    Terima Kasih, Semoga produk saya dapat bermanfaat bagi (anonymous) dan yg lainnya.

  6. Terima Kasih Pak Dena atas kunjungan di galeri pameran TA saya.
    Untuk Tekanannya maximal belum diuji, namun saat saya beri tekanan dengan bobot 3,5kg (2 Laptop ditumpuk) masih kuat dan tidak bergetar saat pengetikan. Untuk Grip bagian dalam tas saat saya coba tidak bergeser, namun untuk grip pada bagian bawah stand laptopnya jika tersenggol sedikit bergeser, alasannya karna alas yang digunakan berupa kain kanvas. Untuk kedepannya akan saya kaji kembali penggunaan material yang cocok untuk bagian alas stand laptopnya agar tidak mudah bergeser.
    Terimakasih atas saran dan masukkannya, semoga produk saya dapat bermanfaat bagi Pak Dena dan yg lainnya.

  7. Terima kasih Pak Hakim telah berkunjung di galeri pameran TA saya, Terima kasih juga atas supportnya.
    Tujuan utama produk ini memang untuk kepraktisan, sehingga Tas Laptop yang selalu dibawa saat berpergian juga terdapat Stand Laptop jadi tidak merepotkan dalam membawa 2 produk yang berbeda. Untuk Stand pada bagian tengah merupakan Stand paling mudah dalam menggunakannya karna hanya dengan satu tahapan saja untuk dapat digunakannya namun untuk stand bagian tengah max. ketinggiannya hanya 4-5cm, Untuk Stand bagian samping (kiri-kanan) merupakan stand paling tinggi yakni max. ketinggiannya 6-7cm, namun perlu 2 tahapan untuk dapat menggunakannya, poin lebihnya jika alas tidak datar maka bisa diatur sesukanya jadi untuk kanan dan kiri stand dapat berbeda jika memang dasar alasnya tidak rata.
    Semoga Pameran Karya saya dapat bermanfaat bagi Pak Hakim dan lainnya.

  8. Lumayan bermanfaat ketika sedang menggunakan laptop dengan aktivitas yang mobile

  9. Selamat siang.
    Selamat berpameran asrul.
    ide’a sangat menarik. semoga bisa dikembangkan lagi untuk kedepannya.

  10. Bahan material untuk struktur tas kalau bisa diperkuat supaya saat aktivitas pengetikan laptop tidak roboh

  11. Untuk tekanan nya sebera kuat ini Asrul, ? grip nya apakah tidak bergeser ketika sedak aktifitas pengetikan

  12. idenya bagus juga ini ada 2 fungsi dari standnya sendiri 1 yang tengah kedua yang kanan dan kiri,. jadi gak perlu repot2 bawa stand lagi, bawa tas laptop sudah sekalian sama standnya.

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!