TAS BAHU ETNIK MODERN DENGAN UNSUR BUDAYA BETAWI MENGGUNAKAN VISUAL GIGI BALANG DAN PUCUK REBUNG

FEBRYANSYACH |
41916110082
Kain batik merupakan salah satu warisan seni karya khas Indonesia yang telah ada sejak ratusan tahun lalu dan memiliki nilai warisan budaya yang tinggi. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri yang sangat mempengaruhi lingkungan alam, tradisi dan budaya masyarakat, budaya daerah, agama dan kelas sosial,Tas yang sesuai menggunakan trend yang sedang digandrungi kalayak muda yakni salah satunya diantaranya ialah tas memakai model tas bahu untuk wanita menggunakan gaya yang simple dan bisa dibawa kemana saja.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Persoalan utama terciptanya ide pembuatan tas tersebut adalah sebagai tujuan yang lebih pasti menjadi salah satu upaya mengangkat tema dengan gaya etnik modern dengan tujuan menunjukkan eksisistensi kain batik etnik modern dengan unsur budaya Indonesia melalui desain fashion yakni tas bahu atau biasa disebut dengan tas bahu atau shoulder bag yang saat ini digandrungi oleh kalangan remaja khususnya para kaum premuan milenial dengan bergaya etnik modern untuk memberikan perkenalan pada kaum anak muda .
MASALAH DESAIN
PENDAHULUAN - MASALAH DESAIN (650 karakter) melestarikan dan menganggkat kebudayaan betawi terutama motif batik betawi yang sudah tenggelam dengan motif batik lainya, selain itu sebagai wadah untuk mengenalkan budaya Betawi melalui trend fashion berupa tas Shoulder bag dengan mengangkat budaya Betawi. Dengan adanya permasalahan mengenai tentang masuk nya budaya asing yang dapat mengancam budaya lokal tersingkir terutama budaya betawi, produk ini diharapkan dapat menimbulkan rasa kepeduliannya dan kecintaan masyarakyat terutama generasi muda terhadap tradisi dan kebudayaan Indonesia berdasarkan analisis data diatas produk tas Shoulder bag dirancang untuk kalangan wanita generasi milenial.
TUJUAN DESAIN
PENDAHULUAN - MASALAH DESAIN (650 karakter) Melestarikan dan memperkenalkan budaya Betawi dengan menerapkan visualisasi kain batik motif pucung rebung melalui trend fashion yakni tas bahu atau Shoulder Bag.
MANFAAT DESAIN
PENDAHULUAN - MANFAAT DESAIN (650 karakter) Perancangan Tas bahu atau sering disebut sholder bag ini menjadi sebagai salah satu daya upaya untuk mengangkat gaya etnik modern sebagai salah satu warisan budaya yaitu dengan memperkenalkan kain batik etnik indonesia kepada kaum anak muda salah satunya dengan fashion pada saat masa kini. Salah satu cara dengan mengikuti perkembangan jaman yakni tren fashion di kalangan anak muda dengan membuat tas bahu atau sholder bag dengan bahan memasukan unsur budaya etnik Indonesia yang modern.

DATA & ANALISIS

DESAIN FINAL

GALERI KARYA

VIEW

FEBRYANSYACH

41916110082

8 Comments

  1. Terima kasih atas pamerannya, tas nya bagus banget modelnya juga menarik.

  2. selamat siang

    jelaskan data analisa terkait ukuran tas dan kompartemennya ???

  3. 1. Adakah standarisasi khusus ukuran tas bahu ini bila digunakan oleh user

    2. Dengan mempertimbangkan material yang di ambil apakah secara pengolahan menghasilkan pengolahan eksperimen khusus.

  4. @ pak hady
    Terimakasih atas pertanyaannya saya akan menjawab sebisa saya pak..

    Untuk improve dalam segi tampilan dan perletakkan pada benda :
    Dari penampilan perancang sudah memikirkan tas tersebut dari segi desain dan bentuk berdasarkan trend fashion yang unik dan digandrungi ka layak generasi milenial.
    Dan dari segi penempatan sudah dipikirkan dalam konsep bentuk perancang mendesain dari kompartment walau dari segi bentuk tidak simetris maka pada bagian kompartment bagian dalam dilapisi kain furing yang simetris agar pengguna dapat meletakkan barang dengan nyaman.

    Untuk @ pak junaidy
    Untuk utilitarian dalam konsep perancangan tas tersebut dalam segi bentuk saya mengambil konsep unsur budaya betawi yaitu gigi balang yg merupakan dalam bagian ornamen rumah betawi. Dan dengan pengaplikasian kain batik dalam tas rancangan ini ingin mengangkat kembali dan mengenalkan kain batik betawi yang pada saat ini dimakan jaman yg sudah tidak dilirik oleh para kaum muda . Dengan mengangkat konsep batik betawi semoga dapat membantu melestarikan dan menyelamatkan budaya betawi yanah saat ini sudah tidak dilirik pada generasi milenial saat ini.

    Jika ada yang kurang atas jawaban saya, saya mohon maaf Pak🙏

  5. Selamat sore,
    Tolong jelaskan seperti apa kompromi antara kebutuhan tampilan dan kebutuhan perletakkan benda tas tersebut.

    Terima kasih

  6. selamat pagi, dan selamat berpameran

    dari bentuk tas yang khas saddle bag mengingatkan orang tentang tas klasik yang utilitarian, outfit yang western namun funky, perempuan pekerja yang feminim namun sophisticated…bisa di cek beberapa konsep-konsep saddle bag yang ada.

    namun saya tidak menemukan analisis anda tentang hubungan bentuk tas beserta fungsi utilitarian nya, dengan gagasan menyematkan batik didalam nya.

    mungkin bisa dijelaskan seperti apa psikografi dan behavior user yang menginginkan tas tersebut

  7. Terimakasih banyak putri natali, atas komentarnya.

  8. Saat liat shape nya aku ingat tas dior hehe…. namanya juga inspirasi,
    untuk konsepnya sesuai judul look ethnic dan motif betawinya keliatan banget, sekali liat aku tau terinsiprasi dari batik betawi yang memang sudah terkenal dan sering kita liat menghiasi jalan-jalan di Jakarta.

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!