PORTABLE MEDICINE BOX UNTUK AKTIFITAS DILUAR RUMAH

KHAIRUNISA PUTRI SENDJAYA |
41918210004
Portable Medicine Box merupakan produk penyimpanan obat rutin dengan kapasitas menyimpan jenis obat yang lebih beragam dengan konsep praktis / portable, mudah dibawa bepergian. Pada market produk kotak obat memang sering kita jumpai, namun penyimpanan jenis obatnya terbatas pada jenis obat kapsul / tablet dan sachet. Dalam perancangannya, portable medicine box menawarkan konsep penyimpanan customable (dapat diubah), dimana sekat-sekatnya dapat dilepas-pasang, menyusaikan ukuran obat yang disimpan.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Definisi "Portable" merujuk pada arti : ringkas, mudah dibawa. "Medicine" dalam bahasa indonesia memiliki arti : obat. Sedangkan kata "Box" berarti kotak, wadah. Produk Portable Medicine Box yang dimaksud adalah produk yang dapat memberikan kebutuhan untuk menyimpan berbagai jenis obat-obatan (obat tablet, kapsul, obat suntik, obat cair, obat sachet, obat salep) saat beraktifitas di luar rumah, seperti saat bermalam di luar, saat bekerja di kantor.
MASALAH DESAIN
Kesehatan merupakan faktor penting dalam membangun kesejahteraan suatu masyarakat. Dalam dunia kesehatan saat meresepkan obat atau vitamin memiliki tujuan untuk membantu pemulihan penyakit tertentu dan meningkatkan kesehatan pasien. Namun seringkali wadah untuk obat yang tersedia memiliki ukuran yang terlalu besar, kurang cocok untuk dibawa keluar rumah, tidak dapat dimasukkan kedalam tas, hampir menyerupai kotak P3K, terbatas hanya untuk obat kapsul / tablet dan sachet. Sedangkan sering kali terdapat orang-orang yang perlu membawa obat jenis suntik dan cair.
TUJUAN DESAIN
Dalam perancangannya, produk ini bertujuan menciptakan kotak obat yang dapat menyimpan berbagai jenis obat-obatan : obat tablet, kapsul, obat suntik, obat cair, obat sachet, obat salep. Serta terciptanya produk yang memudahkan pengguna membawa obat saat beraktifitas di luar rumah sehingga tetap disiplin mengkonsumsi obat.
MANFAAT DESAIN
Dengan memberikan solusi dari permasalahan perancangan diharapkan dapat memberikan manfaat fungsi bagi pengguna yang dapat membantu dalam mengkonsumsi obat khususnya saat beraktifitas di luar rumah. Selain itu perancangan kotak obat diharapkan dapat memberikan manfaat pengetahuan tidak hanya bagi penulis namun juga untuk pembaca dan pengetahuan secara keseluruhan terkait perancangan kotak obat.

DATA & ANALISIS

DESAIN FINAL

GALERI KARYA

VIEW

KHAIRUNISA PUTRI SENDJAYA

41918210004

17 Comments

  1. wah ide produk yang bagus!

  2. When I read an article on this topic, majorsite the first thought was profound and difficult, and I wondered if others could understand.. My site has a discussion board for articles and photos similar to this topic. Could you please visit me when you have time to discuss this topic?

  3. I ?ike the va?uable information you provide in your articles.

  4. Hi the?e! This blog post couldn’t be wr?tten much better!

  5. Hi there, the ?hole thing is going sound here and ofcourse

  6. Mantap bener ini karyanya, mudah dibawa kemana – mana, memiliki banyak sekat juga jadi tertata rapih obatnya tidak berceceran atau tercampur.

  7. Halo Pak Dena. Terimakasih atas pertanyaan bapak. Adapun untuk demonstrasi penggunaan tidak tersedia karena keterbatasan sumber daya. Untuk itu saya telah menyediakan video animasi produk. Terimakasih.

  8. Halo Bapak Hady. Terimakasih atas pertanyaan bapak. Saya coba contohkan dengan 1 jadwal :
    tablet A 3 x 1 , tablet B 2 x 1 dan obat cair 3 x 1. Dengan contoh dosis ini, user dapat memasukkan tablet A ke dalam kotak khusus (berwarna ungu pada gambar), tablet B dapat dibiarkan dalam kemasan (tidak dikeluarkan) dapat disimpan pada ruang atas atau pun bawah. Adapun obat cair dapat dimasukkan kedalam botol obat. Semoga jawaban saya dapat menjawab. Terimakasih.

  9. Halo Pak Ardo. Terimakasih atas pertanyaan bapak. Terkait celah dan kontaminasi udara pada sekat, sudah dipertimbangkan dikarenakan produk yang disimpan ditempat tersebut diperuntukan untuk produk dalam kemasan : obat sachet kertas, aluminium, pen insulin. Semoga jawaban saya dapat menjawab. Terimakasih.

  10. 1. Pada tampilan estetika warna bentuk portable medicine box yang saudari pilih apakah memuat pesan dan ada arti tersendiri

    2. Apa kelebihan sistem yang kuat pada portable medicine ini sendiri dibanding yang sudah ada.

    Selamat berpameran dan sukses selalu.

  11. Selamat berpameran khairunisa, jika sekatnya dapat dilepas-pasang berarti tetap ada celah udara walaupun sedikit dan obatnya berpeluang terkontaminasi, bagaimana anda menanggapi hal ini? apakah sudah mempertimbangkannya?

  12. Wah bagus karyanya, jadi ga sabar mau nyobain pake

  13. Selamat sore,
    Bisakah simulasikan bagaimana desain kamu merespon beberapa model jadwal pemberian obat.

    Terima kasih

  14. dilihat secara visual, produk ini selain memiliki sekat kotak /wadah yang memiliki tutup dan untuk obat dalam bentuk cair ada wadahnya tersendiri, apakah perlu membuka kemasan obat terlebih dahulu dan memindahkan ke wadah yang disediakan?

  15. Target market produk ini seperti apa yah? Kalau melihat dari ukurannya yang cukup besar apakah produk ini untuk kebutuhan obat sekeluarga? Saya lihat untuk kebutuhan personal, produk ini terlalu kompleks.

  16. kelihatan simple, nampaknya akan mudah dibawa2 di tas ini

  17. Apakah ada video demonstrasi penggunaan produk tersebut Khairunisa?

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!