PERANCANGAN USER INTERFACE DAN PENGARUH VISUAL TERHADAP PENGALAMAN BERMAIN ANAK PADA APLIKASI SIMULASI GAMELAN SUNDA
Alan Wiki Priadi |
42318120011
Gamelan Sunda App merupakan sebuah aplikasi simulasi musik yang di rancang untuk menjadi media alternatif dalam belajar dan memperkenalkan budaya Gamelan Sunda dengan cara yang moderen dan interaktif, yang mana anak-anak akan diberikan kesempatan dalam bermain alat musik gamelan sunda secara virtual sehingga dapat meningkatkan daya tarik anak untuk mengenal budaya Gamelan Sunda dan diharapkan eksistensi budaya Gamelan Sunda dapat terjaga dan terus dilestarikan disetiap generasinya.
PENDAHULUAN
INTEPRETASI JUDUL
Perkembangan dan pertumbuhan teknologi di seluruh dunia bergerak sangat cepat dan merubah perilaku masyarakat, yang mana pada zaman dahulu masyarakat harus melakukan segala sesuatu dengan cara yang tradisional dan sekarang banyak di dominasi oleh interaksi di dunia digital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Hampir semua aspek kehidupan mulai dari pendidikan, pertanian, pelayanan kesehatan, pelayanan masyarakat, dan berbelanja kebanyakan memanfaatkan peran teknologi untuk memudahkan tercapainya semua tujuan dari segala aspek tersebut, bahkan untuk belajar sebuah kebudayaan masyarakat juga dapat melakukannya melalui dunia digital, contohnya seperti belajar Gamelan. Dengan demikian, setelah mengidentifikasi persoalan yang dihadapi dan kondisi kehidupan masyarakat pada era moderen ini, penulis memiliki ide dan tertarik untuk merancang sebuah user interface aplikasi yang mengangkat tema kebudayaan Gamelan Sunda untuk perancangan karya Tugas Akhir dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, penulis ingin membantu mengangkat eksistensi Gamelan Sunda melalui sebuah user interface aplikasi simulasi untuk smartphone dengan target audiens anak-anak (usia 7-9 tahun).
MASALAH DESAIN
Redupnya eksistensi Gamelan Sunda di kalangan anak-anak pada era moderen ini, kurangnya akses dan fasilitas untuk anak dalam mengenal Gamelan Sunda, serta kurang tersedianya media yang menyenangkan bagi anak dalam mengenal Gamelan Sunda.
TUJUAN DESAIN
1. Memperkenalkan budaya Gamelan Sunda kepada anak-anak melalu user interface aplikasi smartphone yang menarik.
2. Menerapkan strategi komunikasi visual yang baik dan dapat merepresentasikan Gamelan Sunda pada rancangan user interface yang mencangkup aspek, ilustrasi, tipografi dan konsep.
3. Membantu menyediakan media alternatif moderen, representative dan interaktif dalam belajar kebudayaan Gamelan Sunda.
MANFAAT DESAIN
1. Bagi Diri Sendiri
Sebagai uji kemampuan diri untuk meningkatkan pemahaman dalam menerapkan strategi komunikasi visual yang tepat untuk sebuah user interface aplikasi yang mengangkat budaya Gamelan Sunda sebagai konten utamanya dan anak-anak sebagai target audiensnya.
2. Bagi Lembaga
Hasil perancangan ini dapat dijadikan sebagai media alternatif yang moderen dan interaktif untuk belajar mengenal kebudayaan Gamelan Sunda khususnya bagi anak-anak generasi saat ini dan seterusnya.
3. Bagi Masyarakat
Hasil perancangan ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk menciptakan sebuah media yang moderen, representative, luas dan dapat selalu di update dalam mengenal kebudayaan Gamelan Sunda khususnya bagi anak-anak generasi saat ini dan seterusnya.
0 Comments