INTEPRETASI JUDUL
Perancangan tactile book atau buku taktil bagi anak difabel netra tingkatan low vision pada jenjang pendidikan sekolah dasar di kelas 5. Dalam upaya mengenalkan bentuk luaran, serta bagaimana tekstur dari tubuh hewan. Sinopsis isi buku menyesuaikan kompetensi dasar kurikulum 2013 materi IPA yang ada pada SDLB-A Tunanetra.
MASALAH DESAIN
Kesulitan dalam memahami bagaimana bentuk luaran dari hewan rupanya dirasakan oleh para siswa-siswi yang berkebutuhan khusus seperti difabel netra dalam memahami materi belajarnya. Fasilitas media bacaan yang masih tergolong jarang dijumpai keberadaanya seperti tactile book yang diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus seperti anak difabel netra.
TUJUAN DESAIN
Tactile book ‘Mengenal Hewan’, membantu anak difabel netra dalam memahami bagaimana bentuk hewan yang tidak dapat dijelaskan hanya dengan kata-kata saja. Dibuatnya tactile book dengan warna cerah menyesuaikan target audience yang merupakan anak difabel netra tingkatan low vision (kurang pengelihatan), low vision bukan berarti buta total (totally blind) seperti tidak dapat melihat sepenuhnya, melainkan masih dapat melihat dengan sebagian pengelihatannya yang tersisa. Namun dengan catatan objek haruslah memiliki cahaya yang kuat atau memiliki warna yang cerah.
MANFAAT DESAIN
Adanya tactile book ini diharapkan menjadi alternatif media bacaan dalam memahami bentuk luaran dari tubuh hewan. Tactile book tentunya dapat membantu meningkatkan rasa antusias membaca bagi anak difabel netra khususnya low vision, melalui objek vektor yang telah dimodifikasi menjadi gambar taktil (objek rabaan), tanpa perlu menghadirkan objek nyata atau hewan aslinya.
0 Comments