PERANCANGAN SHORT MOVIE SEBAGAI KAMPANYE MELAWAN TINDAKAN TOXIC MASCULINITY

Fitri Aulia |
42316210007
Halo! Selamat Datang di page pameran saya perkenalkan sama saya Fitri Aulia atau biasa di panggil Aya, saya dari dari UMB, Kranggan. Pada tahap tugas akhir ini saya memilih topik dari fenomena Toxic Masculinity yang berawal dari pengalaman saya yang menyaksikan perilaku - perilaku buruk perundungan sesama gender disebuah platform jejaring sosial media berbasis video yang membuat hati saya tergerak untuk bersuara tentang hal tersebut, sehingga atas latar belakang tersebut saya mengimplementasikan fenomena sosial ini kedalam karya tugas akhir saya yang saya harapkan dapat membangun kesadaran untuk kita semua.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Kampanye Sosial dalam short movie dengan judul "Gak Lak! A̶y̶o̶ dihujat!" ini merupakan sebuah gerakan untuk membangun sebuah kesadaran dikalangan masyarakat pada perilaku dan tindakan buruk dalam fenomena Toxic Masculinity antar laki - laki, Toxic Masculinity adalah norma - norma berlebihan tentang bagaimana laki laki berperan, berkepribadian dan berperilaku dilingkup masyarakat yang berpegang pada budaya maskulinitas tradisional. Toxic Masculinity hadir dikarenakan adanya faktor - faktor psikoseksual, Salah satu jenis faktor psikoseksual yaitu adalah Identitas Gender yakni peran dan karakter seseorang yang terbentuk di masyarakat. yang mana setiap Identitas Gender seseorang tidak bisa dipilih atau ditentukan berdasarkan Identias Seksual atau Orientasi Seksual seperti Masculine dan Feminine.
MASALAH DESAIN
Topik perancangan ini dipilih karna kurang nya sebuah bentuk kesadaran yang perlu ditujukan kepada masyarakat dan sebagai sebuah kontribusi di bidang ilmu kreatif yang dapat berperan untuk mengedukasi dan membangun rasa empati masyatakat sehingga berkurangan nya tindakan - tindakan yang buruk sesama masyarakat. Maskulinitas beracun di anggap memiliki dampak buruk sebagai awal dari kekerasan terhadap lawan gender bahkan sesama gender, Yang mengakibatkan adanya kasus Toxic Masculinity yang kerap terjadi di media sosial.
TUJUAN DESAIN
Tujuan perancangan ini untuk merancang sebuah pesan melalui lingkup media short movie yang disebarluaskan melalui platform video sharing YouTube untuk membangun dukungan kepada laki - laki yang ditunjuk tidak masuk kedalam golongan laki - laki yang maskulin sehingga mengubah stigma hal tersebut serta mengurangi tindakan - tindakan yang menormalisasikan merundung sesama gender dikarnakan perbedaan.
MANFAAT DESAIN
Manfaat perancangan ini yaitu sebagai alat komunikasi untuk menyuarakan pesan moral dan mengubah stereotip tentang maskulintas yang modern agar terbentuk nya pola pikir yang sehat di masyarakat serta mengurangi dampak buruk cyberbullying. Jika video kampanye ini terus tersebar secara intens berdasarkan fitur alogritma dalam wadah video sharing online kampanye ini akan tersebar luas otomatis atas kegiatan umpat balik dan yang dilakukan masyarakat terhadap kampanye dan sacara tidak langsung perancangan media ini akan bersifat sebagai reminder bagi masyarakat luas.
VIEW

Fitri Aulia

42316210007

31 Comments

  1. I am very enjoyed for this blog. Its an informative topic.
    It help me very much to solve some problems.
    Its opportunity are so fantastic and working style so speedy.
    Feel free to visit my website ✅

    카지노 검증 사이트
    카지노 게임 사이트
    라이브 카지노
    카지노 가입 쿠폰
    카지노 게임
    https://www.j9korea.com

  2. kerenn!

  3. It’s a great presentation based on a thorough investigation. I appreciate your honesty. Hi, I’m surprised by your writing. I found it very useful. 토토사이트

  4. What an impressive new idea! It touched me a lot. I want to hear your opinion on my site. Please come to my website and leave a comment. Thank you. https://totoforce.com/

  5. From some point on, I am preparing to build my site while browsing various sites. It is now somewhat completed. If you are interested, please come to play with majorsite !!

  6. I came to this site with the introduction of a friend around me and I was very impressed when I found your writing. I’ll come back often after bookmarking! bitcoincasino
    😉

  7. I came to this site with the introduction of a friend around me and I was very impressed when I found your writing. I’ll come back often after bookmarking!
    okbet login

  8. I’ve been looking for photos and articles on this topic over the past few days due to a school assignment, safetoto and I’m really happy to find a post with the material I was looking for! I bookmark and will come often! Thanks 😀

  9. The assignment submission period was over and I was nervous, casinocommunity and I am very happy to see your post just in time and it was a great help. Thank you ! Leave your blog address below. Please visit me anytime.

  10. Maudi Ayunda

  11. MASYAALLAH..

  12. Keren ay, emang banyak kejadian-kejadian seperti ini, mudah-mudahan masyarakat mengerti mengenai hal toxic ini

  13. This is a serious case, and you did it well. I really appreciated your efforts. On a scale from 1 to 10, you’re an 11. 😍😭

  14. Tone, konsep, serta audio visual yang disajikan sangat menarik, seperti campaign/iklan e commerce

  15. Ide dan konsep yang bagus untuk era ini dikarenakan masyarakat millenial sekarang banyak yg toxic

  16. kereennn konsep short movienya. ingat kesempurnaan hanya milik allah ya ges ya. lakukan saja yang terbaik!!

  17. Video short movienya keren, aya! desain gaya tipografinya modern, effect lightning pada visual video & gambar bagus & tema cerita movienya juga sangat menarik & bermanfaat!

  18. Keren banget kak short movienya, bisa mengedukasi pengguna sosmed agar tidak toxic dan berfikir dahulu sebelum bertindak dan ceritanya ngena banget, intinya keren dan bagus kak

  19. AYAAAAA !!!!!! WELL DONE
    keren banget topik yg diangkat emang lagi hits bgt nih, konsepnya keren!

  20. dari segi visual dan pesan dari short movienya bagus dan nyampe bgt, ditunggu season 2nya ayyy!!

  21. Memang perlu di ingatkan kembali untuk kalangan remaja untuk tidak menghujat fase eksplorasi kehidupan tiap tiap individu, hargai dan dukung tetaplah jadi pribadi yang supportiv karena selalu ada wasit di tiap jalannya pertandingan

  22. wah bagus banget kak short movienyaa.. campaign yg diangkat juga relate bgt nih. semoga suskes ya kak

  23. keren sekalii! topik yang diangkat juga topik relate, segi coloring video dan pengambilan gambarnya juga sinematik dan oke, flownya asik!

  24. Short movienya sungguh menarik, topik pembahasannya pun cukup relate dengan kondisi saat ini

  25. Bagus untuk short movie nya sangat menarik pesan dalam ceritanya dapat

  26. jelaskan mengapa jari telunjuk mengarah ke kiri

    = Sebelumnya terima kasih bu atar pertanyaan nya.
    Menurut sudut pandang tradisional barat, kiri dikaitkan dengan kelemahan dan prinsip perempuan dan kanan dikaitkan dengan tindakan laki – laki berdasarkan pencaharian tersebut. bentuk tangan dalam simbol logo kampanye ini jika bisa dilihat adalah tangan kanan namun arah menunjuk ke kiri diartikan menyudutkan yang di nilai lemah, logo kampanye dengan simbologi ini dipilih untuk melambangkan sebuah situasi keadaan dibandingkan sebuah seruan atau hirauan.

  27. Wow, keren dan sangat menarik short movienya

  28. short movie terbaik sih ini, isi dari short movie ny tersampaikan dengan baik dan mudah dimengerti. good job kak!

  29. Keren dan bagus banget ka untuk short movienya,

  30. Asliii! pesan desain dan short movie nya ngena bgtt ay! keren inihhh.. semoga bisa lebih melawan netijen-netijen toxic di indo juga yeahh.

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!