PERANCANGAN VISUAL MEDIA PROMOSI MUSEUM SEJARAH PERJUANGAN TENTARA NASIONAL INDONESIA MUSEUM SATRIA MANDALA

Rakhman Nur Fitra |
42317110021
Museum Satria Mandala adalah museum sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia yang diresmikan pada tahun 1972 oleh mantan Presiden Indonesia Soeharto, Museum yang ada di Indonesia khususnya di Jakarta rata-rata sepi pengunjung karena persoalan klasik pemasaran, manajemen, dan preservasi. Perancangan Media Promosi dan dibuatnya Key Art secara efektif efisien dengan adanya sebuah gaya desain dan visual yang terstruktur serta visual yang menarik dan kampanye museum berdasarkan program revitalisasi museum yang telah direncanakan oleh museum Satriamandala sendiri yang nantinya akan menambah keinginan dengan serta dapat memotivasi generasi muda untuk mengunjungi museum bukan hanya area Museum Satria Mandala.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Perancangan Visual Media Promosi Museum Sejarah Perjuangan Tentara Nasional Indonesia Museum Satria Mandala ini adalah suatu karya desain di fokuskan ke beberapa elemen dan beberapa media, yaitu Visual Art/Key Art, Signage, Brosur, Redesign Website, Instagram Feed Template, dan Merchandise.
MASALAH DESAIN
Museum Satria Mandala adalah museum sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia yang diresmikan pada tahun 1972 oleh mantan Presiden Indonesia Soeharto, Museum yang ada di Indonesia khususnya di Jakarta rata-rata sepi pengunjung karena persoalan klasik pemasaran, manajemen, dan preservasi, kurangnya interaksi dengan pengunjung, dan tidak adanya sebuah Key Art yang terstruktur disetiap desain untuk promosi maupun untuk keperluan kampanye lain.
TUJUAN DESAIN
Perancangan Media Promosi dan dibuatnya Key Art secara efektif efisien dengan adanya sebuah gaya desain dan visual yang terstruktur serta visual yang menarik dan kampanye museum berdasarkan program revitalisasi museum yang telah direncanakan oleh museum Satriamandala sendiri yang nantinya akan menambah keinginan dengan serta dapat memotivasi generasi muda untuk mengunjungi museum bukan hanya area Museum Satria Mandala.
MANFAAT DESAIN
Mengenalkan lebih luas Museum Satria Mandala kepada khalayak ramai khususnya generasi muda secara efektif efisien dengan dibuatnya suatu gaya desain dan visual yang terstruktur untuk keperluan promosi dan kampanye museum dengan membuat desain, pameran dan penataan museum harus ditunjang dengan pemaksimalan pemanfaatan beragam media yang Atraktif, Edukatif, Digital, Modern, dan Interaktif, dengan sentuhan yang lebih menarik untuk meningkatkan nilai edukatif bagi pengunjung.

Satria Mandala adalah museum sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia, diresmikan pada tahun 1972 adalah bukti bahwa museum Satria Mandala adalah museum yang sudah cukup tua di Indonesia.

Fasilitas yang ada di Museum Satriamandala, Kawasan Terpadu Wisata Edukasi Sejarah Perjuangan Bangsa ini antara lain adalah Taman Soekarno, Taman Sejarah, Plaza Soedirman, Plaza Satriamandala, Pojok Baca Perpustakaan TNI, dan Kampoeng Djoeang.

Pengunjung bisa datang ke Museum Satriamandala sebagai Kawasan Terpadu Sejarah Perjuangan Bangsa pada setiap hari, jam 09.00-21.00, dan tiket/karcis masuk ke kawasan ini adalah Rp.5.000,- per orang.

ATRAKTIF DAN EDUKATIF

Strategi penataan dan komunikasi Museum Satriamandala akan dibuat lebih atraktif dan edukatif. Nilai nilai sejarah yang tinggi dalam koleksi dan bangunan Satriamandala akan dibalut dengan sentuhan yang lebih menarik untuk meningkatkan nilai edukatif bagi pengunjung. Beberapa titik strategis museum akan dimanfaatkan untuk mengakomodir pengunjung.

DIGITAL, MODERN, DAN INTERAKTIF

Untuk meningkatkan interaksi dengan pengunjung, pameran dan penataan museum harus ditunjang dengan pemaksimalan pemanfaatan beragam media yang modern, menarik dan interaktif. Dalam hal ini media pameran harus berpusat pada pengunjung; memiliki penekanan pada menemukan; serta memberdayakan semua indera dan potensi pengunjung.

STRONG IMPRESSION AND SUSTAINABLE EXPERIENCE

Untuk memberikan impresi yang kuat, museum harus memiliki jiwa dan tema yang kuat serta kreatifitas yang out of the box sehingga secara otomatis akan menjadi diferensiasi dalam menguatkan positioning, museum sekaligus dapat secara tepat men-deliver pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung.

ELEMEN-ELEMEN PADA KEYART:

  1. Background
  2. Logo Suites
  3. Logotype/Headline
  4. Hashtags/Sub-Headline

Elemen-elemen diatas diperlukan disetiap pembuatan desain untuk keperluan museum, seperti untuk pembuatan desain billboard, brosur, atau keperluan lainnya.

Gaya untuk pembuatan desain background adalah sebagai berikut, terdapat dua layer yaitu background and foreground, untuk background harus dibuat dengan solid color dengan kode warna yang telah disepakati di atas, sadangkan untuk foreground adalah foto yang telah edit dengan gaya dualtones ataupun foto dengan ditambah filter noise, pembuatan desain seperti ini dimaksudkan agar background pada desain nantinya tidak terlalu mengambil fokus terlalu banyak dibandingkan dengan konten yang akan dibuat di atas background tersebut, namun masih berestetika sehingga melengkapi keindahan desain yang akan dibuat.

Gotham Typeface dipilih karena desain dari typeface ini terasa langka namun seperti huruf baru yang terasa familiar. Gotham adalah huruf san-serif yang memiliki kepribadian yang hebat, dan sering dibuat dengan ahli, sangat cocok untuk dijadikan headline, sub-headline maupun body text dengan keterbacaan nya yang luar biasa.

Big Noodle Titling Font Family dirancang oleh James Arboghast, dan diterbitkan oleh Sentinel Type. Fitur utama Big Noodle adalah kegunaannya dan penampilannya yang memberikan kejelasan yang sangat baik dalam media apa pun, karena hutuf ini bertipe condensed huruf ini tidak membutuhkan banyak space, sangat cocok untuk digunakan untuk hashtag ataupun sub-Headline.

Karakteristik Signage dibangun oleh fungsinya, lokasi, tanda, warna. Penelitian ini menggunakan metode pemahaman intelektual berdasarkan konsep besar. Prinsip khusus layout dan desain signage mengacu pada prinsip  lebih diutamakan penggunaan teks dari pada icon.

VIEW

Rakhman Nur Fitra

42317110021

21 Comments

  1. I am very enjoyed for this blog. Its an informative topic.
    It help me very much to solve some problems.
    Its opportunity are so fantastic and working style so speedy.
    Feel free to visit my website ✅

    카지노 검증 사이트
    카지노 게임 사이트
    라이브 카지노
    카지노 가입 쿠폰
    카지노 게임
    https://www.j9korea.com

  2. wah bagus dan menarik!

  3. It’s the same topic , but I was quite surprised to see the opinions I didn’t think of. My blog also has articles on these topics, so I look forward to your visit. baccarat online

  4. Salahsatu cara yang baik untuk kembali meningkatkan minat wisata museum satriamandala sebagai wisata urban. Terimakasih mas rahman

  5. Bagus ini, semoga bisa di realisasikan ya

  6. Gila keren banget. harus sering sering nih ngadain kek gini. biar tambah wawasan.

  7. sunggu sebuah penyegaran bagi para pemirsa untuk lebih mencintai sejarah Indonesia.
    Semoga menjadi awal yang baik untuk ke depannya.
    Semangat.

  8. baguss desainnya..bisa menarik perhatiann untuk berkunjung kesana

  9. Bagus desainnya, good luck!

  10. Desainnya bagus, keterangannya juga jelas, running web nya juga lancar, dan pemilihan gradasi warnanya juga pas yang menyiratkan semangat perjuangan bangsa waktu dulu.

  11. Design brandingnya sangat bagus, menarik untuk dilihat, komposisi dr smua aspek semua pas, jika dijadikan salah satu media promosi akan sangat baik jadi orang bisa tertarik untuk berkunjung kesana.

  12. Bagus sekali design nya. Indah di lihat. Kalo design nya seindah ini semoga bisa semakin di kenal oleh masyarakat luas

  13. Keren banget desing nya seperti udh propesional

  14. Desain yang menarik
    Pemilihan warna merah sangat cocok dengan museum perjuangan
    Konsep pengaplikasian brosur, website bahkan merchandise sangat menarik

  15. Keren banget desain brandingnya . Jadi tidak terkesan kuno .Modern tetapi tidak meninggalkan unsur sejarah nya . Semoga menjadu daya tarik untuk meningkatkan minat pengunjung terutama anak anak millenial agar jadi gemar datang ke museum .

  16. Keren design nya dan fresh abissss !

  17. Keren banget, museum sekarang jarang dilirik.. kalo desain branding nya di perbarui kaya gini pasti lebih menarik

  18. visual lebih modern namun tetap terkesan vintage, museum satriamandala memang butuh kesatuan dan digitalisasi desain agar lebih berkembang di zaman sekarang

  19. keren bgt desain brandingnya!! seperti dibuat oleh professional

  20. Museum satriamandala yang tadinya terlihat kuno sekali, dan akhirnya dibuatkan semi branding dan media promosi menjadi karya visual yang modern

  21. Visual karya kental dengan semangat cinta tanah air. Ciri penggunaan warna merah yang tegas dan layout karya yang modern menurut saya sangat tepat sebagai bentuk visual sarana promosi museum di era modern ini. Semoga museum Satriamandala dapat lebih dikenal dan tidak kalah pamornya dengan museum – museum modern lainnya.

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!