PERANCANGAN KOMIK “SI PITUNG : PEMUDA PEMBERANI”

Muhammad Edriansyah Reyvaldi |
42318210036
Halo semua! Perkenalkan nama saya Muhammad Edriansyah Reyvaldi, kalian bisa memanggil saya Rey. Saya lahir di Jakarta pada tanggal 15 November 2000. Saya merupakan mahasiswa jurusan DKV di Universitas Mercu Buana. Pada pameran ini saya ingin memperlihatkan hasil karya tugas akhir saya yang berjudul Komik "Si Pitung : Pemuda Pemberani". Karya ini merupakan sebuah komik yang menceritakan kisah seorang pemuda pemberani yang bernama Pitung, terimakasih sudah berkunjung ke pameran saya, silahkan melihat-lihat karya saya dan saya dengan senang hati akan menerima masukan dan saran dari kalian!

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Perancangan komik "Si Pitung : Pemuda Pemberani" menceritakan sebuah kisah seorang pemuda pemberanin yang bernama Pitung. pada komik ini pembaca akan diperlihatkan sebuah cerita mengenai keberanian Pitung dalam membela yang lemah. Si Pitung merupakan cerita rakyat dari betawi yang pada zaman sekarang kurang diketahui oleh generasi muda, penulis harap dengan adanya hasil karya ini dapat meningkatkan minat generasi muda terhadap cerita rakyat lain.
MASALAH DESAIN
Fakta mengenai kurangnya minat generasi muda terhadap cerita rakyat sudah terbukti dari beberapa wawancara terhadap para ahli yang menyatakan pada saat ini cerita rakyat mulai ditinggalkan oleh generasi muda karena berbagai faktor, mulai dari cerita rakyat yang sudah mulai ketinggalan jaman dan tidak relevan dengan keadaan pada zaman sekarang hingga penyajian cerita yang masih terbilang kuno dan membuat generasi muda kurang tertarik. Permasalahan ini juga disertai dengan adanya sebuah fakta mengenai kurangnya minat baca generasi muda yang dinyatakan oleh hasil penelitian UNESCO pada tahun 2017 bahwa hanya 0,001% tingkat minat baca di Indonesia, artinya hanya 1 orang yang rajin membaca dari 1000 orang Indonesia.
TUJUAN DESAIN
Perancangan ini bertujuan untuk melestarikan budaya cerita rakyat yang mulai ditinggalkan generasi muda, serta menanamkan nilai sikap dan moral keberanian terhadap para pembaca komik ini.
MANFAAT DESAIN
Manfaat komik "Si Pitung : Pemuda Pemberani" ini adalah, dapat meningkatkan minat generasi muda terhadap cerita rakyat dikarenakan cerita Si Pitung ini termasuk ke cerita yang mudah dipahami dan juga memiliki latar cerita yang tidak terlalu jadul, serta meningkatkan minat baca generasi muda karena penyajiannya dalam bentuk komik yang cenderung lebih mudah untuk dibaca dibandingkan dengan buku cerita biasa, dan yeng terakhir adalah dapat menanamkan ilmu mengenai nilai dan sikap pemberani terhadap generasi muda.
VIEW

Muhammad Edriansyah Reyvaldi

42318210036

46 Comments

  1. I’m impressed with your writing skills and the layout of your blog. please visit my website.

  2. Exactly, the very information that I was looking for. I was looking for such kind of article on the Internet and finally ended up here. Thanks for the help!

  3. Wow. This is so Amazing and Nice to read about you. Great blog post for me

  4. I am very enjoyed for this blog. Its an informative topic.
    It help me very much to solve some problems.
    Its opportunity are so fantastic and working style so speedy.
    Feel free to visit my website ✅

    카지노 검증 사이트
    카지노 게임 사이트
    라이브 카지노
    카지노 가입 쿠폰
    카지노 게임
    https://www.j9korea.com

  5. You just need to visit norton.com/setup and get the product for your system. Once you get the retail card, you can activate the Norton product. In case of any threats in your system, the software alerts its users for blocking the threat. https://vhvndmvivi.com/

  6. I think this article is very useful. It’s full of information for my work. Thanks to you, I’m glad I got a lot of good information. Thank you for writing this article. 😀 https://rbrdbdvivi.com/

  7. I want to thank you for this fantastic reading!! I totally loved everything about it. I’ve bookmarked it so that you can check out the new things you posted. https://qwessgre.com/

  8. I will catch your rss immediately because I cannot find your email subscription hyperlink or newsletter service. Is there? Please let me subscribe. Thank you. https://qwesssa.com/

  9. You made some pretty good points there. I searched the Internet for further information on this issue and found that most people would agree with your views on this site. https://qqkedvivi.com/

  10. Hello! Can I share your blog with my Twitter group? I think many people will really like your content. Please let me know. Thank you very much. https://fbddbrdd.com/

  11. My brother recommended that I might like this website. He was absolutely right. This publication actually entertained me. You simply can’t think how much time I’ve spent on this information! Thank you! https://esmkslvivi.com/

  12. 가장 간단한 게임 중 하나는 다음과 같습니다 바카라, 그리고 당신은 재생하여 더 많은 상품을 얻을 수 있습니다.
    바로 플레이하여 능력을 연마하고, 지식을 얻고, 새로운 사람들을 만나고, 역대 최고의 바카라 플레이어로 성장하세요!

  13. I saw your article well. You seem to enjoy baccarat online for some reason. We can help you enjoy more fun. Welcome anytime 🙂

  14. 이길 수 없는 게임을 즐기면서 즐기고 계신가요? 우리를 봐 카지노 게임.
    여기에서 카지노 게임을 하면 우리가 제공하는 모든 즐거운 추가 혜택과 보상을 받을 수 있을 것이라고 확신합니다.

  15. kerenn bangett!

  16. First of all, thank you for your post. baccaratsite Your posts are neatly organized with the information I want, so there are plenty of resources to reference. I bookmark this site and will find your posts frequently in the future. Thanks again ^^

  17. It’s really great. Thank you for providing a quality article. There is something you might be interested in. Do you know slotsite ? If you have more questions, please come to my site and check it out!

  18. Great article Lot’s of information to Read…Great Keep Posting and update to People..Thanks
    okbet philippines

  19. I have been looking for articles on these topics for a long time. safetoto I don’t know how grateful you are for posting on this topic. Thank you for the numerous articles on this site, I will subscribe to those links in my bookmarks and visit them often. Have a nice day

  20. Ilustrasi karakter si pitungnya keren, pemberian warna gradasinya juga bagus & pemilihan font yang kreatif. Konsep visualnya bisa mengenalkan karakter si pitung dengan modern di era digital ini.

  21. Komik yang sangat keren, bisa belajar kisah nusantara dengan cara yang menarik, pokoknya komik ini sangat keren, mantep, dan menarik.

  22. ilustrasinya sangat keren, apalagi untuk di webtoon biasanya hanya drama percintaan, tapi ini folklore indonesia yang dibuat menjadi komik jadi sangat keren yang dipublish disalah satu agensi komik terkenal, selain itu bisa menaikan budaya indonesia dimata dunia juga. Bismillah dikasih merchandise pin.

  23. Ahh asliii, ini kalo bisa di launching ke penerbit sabi sihh. Pede nihh buat bisa diterbitin gak kalah sama komik-komik cerita rakyat lainnya.

  24. Ilustrasi nya keren detail banget bikin nya ini udah oke buat launching sih. nice!

  25. Saya bisa bilang ini ilustrasi yang sangat baik, apalagi komik ini bercerita tentang si pitung pastinya akan sangat menarik

  26. Suka sekali dengan bukunya, ilustrasi yang disuguhkan juga terlihat hidup. Sebagai anak Betawi saya sangat senang dengan buku ini karena dapat mengenalkan salah satu cerita rakyat dari daerah saya kepada seluruh generasi muda di Indonesia

  27. Keren dan bagus banget rey karakter sama ceritanya, emang top kalau buatan rey

  28. keren, suka sm ilustrasi ny!! ✨

  29. bagus banget ilustrasinya, menarik juga jalan ceritanya. keren!

  30. Cerita singkat, linier, dengan secuil plot twist.

  31. Keren, tokoh dari cerita rakyatnya dibuat lebih modern.
    Si pitungnya good looking banget btw

  32. kerenn bangett rey karyanya! cerita yang diangkat jugaa keren meningatkan kita pada masa lalu

  33. Keren banget dan menarik, melihat dari masalah yang ada memang generasi saat ini kurang minat dengan cerita rakyat yang terkesan “jadul”. Namun dengan adanya desain seperti ini dapat meningkatkan minat membaca ttg cerita rakyat kembali

  34. keren! ilustrasi dan ceritanya bagus dan menarik banget, warnanya pun sangat betawi! otw baca di webtoon👍

  35. Keren! warnanya betawi banget, ilustrasi dan ceritanya juga menarik bgt, otw webtoon utk baca!

  36. Bagus Reyy, desain karakternya juga bagus simple tapi mencerminkan karakter masing-masing.
    Sedikit masukan, mungkin bisa diolah lagi di bagian cover karena sedikit kurang menarik, terus next time kalau upload di web coba diupload versi compressed aja biar loadingnya lebih cepat. Semangat 😁

  37. Wah sangat bagus si untuk ilustrasinya dari segi detail keren warnanya juga cocok ceritanya pun menarik, semoga ada eps selanjutnya, semangat berkarya kak rey

  38. wih rey, emang jago dah klo masalah gambarnya wkwk, sayang chapternya tamatnya cepet hehehe

  39. Desainnya simpel, ceritanya menarik, namun penggunaan tanda baca masih perlu diperhatikan lagi

  40. Pemilihan media menarik dan trendy, cocok untuk generasi muda

  41. Aku kagum sih sama author nya. Bisa buat pitung art style nya sekeren ini

  42. Aku sukak banget sama desainnya. Buat aku ketagihan bacanya

  43. Keren sekali progressnya, dijelaskan dengan mudah

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!