PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL PENTINGNYA POLA TIDUR YANG SEHAT PADA REMAJA

Tiara Dwi Oktaviani |
42317110017
Halo semuanya, saya Tiara Dwi Oktaviani. Lahir di Jakarta dan berdomisili di Bekasi. Saya adalah seorang Motion Grapher. Saya menikmati semua bagian dari proses sebuah desain kreatif karena memungkinkan saya untuk berekspresi melalui warna, bentuk, dan gerakan. Ketika saya mengerjakan sebuah projek, saya mencoba untuk meningkatkan skill saya sambil mempelajari keterampilan baru dan selalu berusaha untuk tidak pernah menyerah. Seperti pada projek tugas akhir saya kali ini. Kampanye sosial "Perancangan Kampanye Sosial Pentingnya Pola Tidur Sehat Pada Remaja". Tujuan dari projek ini juga untuk mengingatkan saya bahwa pentingnya pola tidur yang sehat dan bahaya yang ditimbulkan jika pola tidur yang tidak sehat terus dilakukan. Jangan lupa kritik dan sarannya yah teman teman

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Terlelab atau yang merupakan singkatan dari "Tidur Lebih Awal" adalah sebuah kampanye sosial mengenai pentingnya pola tidur yang sehat pada remaja. Dibentuk untuk memberikan edukasi yang diharapkan dapat menyadarkan dan sadar bahaya yang ditimbulkan apabila pola tidur yang tidak sehat terus menerus dilakukan. Pentingnya Pola tidur yang sehat dimulai dari memperbaiki kualitas tidur, yakni tidur lebih awal.
MASALAH DESAIN
Di Indonesia, prevalensi gangguan tidur pada remaja mencapai 62,9% dengan gangguan transisi tidur-bangun sebagai jenis gangguan yang paling sering ditemui. Tahun 2017 prevalensi insomnia mencapai angka 28 juta orang atau 10 % dari jumlah populasi. Prevalensi masalah tidur pada remaja di masa pandemi Covid-19 telah dilaporkan dalam suatu survei yang dilakukan oleh Sri Hartini dkk dan di temukan 78,1% dari responden 104 siswa mengalami masalah tidur selama pandemi. Masalah paling banyak dialami oleh remaja selama pandemi adalah gangguan transisi tidur-bangun.
TUJUAN DESAIN
Tujuannya diharapkan dapat lebih memperhatikan kualitas tidur dan pola tidur yang baik. Penting menjaga pola tidur karena akan sangat berpengaruh pada metabolisme tubuh dan mengganggu produktivitas dan aktivitas sehari - hari.
MANFAAT DESAIN
Menambah wawasan dan pengetahuan baru tentang pentingnya pola tidur sehat pada remaja. Serta lebih mengetahui dampak yang ditimbulkan apabila pola tidur yang tidak sehat terus menerus dilakukan. Dengan adanya kampanye ini diharapkan timbul kesadaran bahwa pola tidur sehat sangat penting bagi tubuh.
VIEW

Tiara Dwi Oktaviani

42317110017

18 Comments

  1. tema yang sangat menarik!

  2. As I am looking at your writing, baccaratcommunity I regret being unable to do outdoor activities due to Corona 19, and I miss my old daily life. If you also miss the daily life of those days, would you please visit my site once? My site is a site where I post about photos and daily life when I was free.

  3. Ya matilah kocak.. adaadaajadahlu

  4. Aku tidurnya cuma 3 menit tiap harinya lho mba.. itu gimana ya? Soalnya saya sibuk terus lagi ngerjain sekeripsih

  5. suka sama visual element & desain karakternya, jadi pgn punya merchnya deh. kampanye yang terlihat biasa aja, tapi ini perlu, tidur bisa jadi masalah besar klo gak teratur, apalagi buat masyarakat muda ibukota, yg banyak aktivitas hariannya.

  6. Suka sama ide kampanye ini karena sangat relate sama aku, huhu. Cuma sempat kegocek sama ‘terlelab’ ini kirain berkaitan dengan lab atau kesehatan…… eh tapi berkaitan juga sih ya pola tidur dengan kesehatan 🙃 Berarti keren semuanyaaa!

  7. Bagus! Langsung tersadarkan abis nonton video ini, pentingnya menjaga pola kesehatan diri.

    Video dan motion nya juga informatif sekali ditambah karakter² yang lucu dan unik di bagian motion nya. Jadi penyampaian pesan nya langsung dapat ditambah warna yang diaplikasikan nya juga pas pada kampanye ini.

    Cuma ada hal kecil dari segi VO nya agak sedikit kurang atau tidak halus, tapi overall kerenn kok dan bermanfaat bagi kawula muda!!

  8. Ini keren banget! Terutama, untuk saya pribadi, di bagian filosofi logo. Kreatif!

    Pemilihan warna dan karakternya juga rasanya sesuai dengan target kampanye ini.

    Totebag sebagai salah satu media pendukung menurut saya pilihan yang tepat, sih. Karena gak cuma untuk mengkampanyekan soal tidur lebih awal, tapi juga berguna untuk keperluan sehari-hari.

  9. informasi dari tema terlelab sangat bermanfaat sekali buat saya yang suka begadang, dan dari visual logo terlelabnya juga sudah menggambarkan sesuai informasi yang disampaikan…keren!!!

  10. Pesan pesan yang ada d video semua bagus. Motion graphicnya juga bagus. Cuma satu yang harus d perbaiki suara dari audience nya tidak halus. Saya sarankan memakain microphone untuk hasil yang hernia.

  11. Keren banget kontennya, bisa mengedukasi supaya lebih aware lagi sama kesehatan tubuhnya. Design logo sama motif2nya jg lucu bgt.. mantul

  12. Ga tau aku mau komentari apa, udah bagus semua menurutku

  13. Tema dan eksekusinya menarik. Akan lebih menarik kalo narasumbernya ditambahi cowok supaya dapet insight lebih. Tapi overall Bagus dan bermanfaat

  14. Saya rasa konsep dari kampanye ini sudah menarik, terlebih lagi kampanye ini sangat relateable dengan kondisi pada masyarakat Indonesia saat ini, khususnya pada remaja.
    Saya juga mengapresiasi bagaimana eksekusi kampanye ini mulai dari pembuatan konsep hingga hasil akhir. Namun saya ingin memberikan beberapa saran dan kritik.
    Karena nama kampanye ini Terlelab awal saya membaca judul saya berekspetasi jika ada unsur “Lab” atau sesuatu tentang “lab” baik dari logo, visual, maupun yang lainnya.
    Terkait output dari video kampanye, kualitas audio baik hasil VO atau Audio narasumber sebaiknya bisa lebih diperhatikan lagi.
    Good job! Terima kasih!

  15. Menarik, mayan membuka mata saya yang sering sekali begadang bahkan pagi baru tidur.

  16. Sukak banget! Animasinya lucu, designnya bagus dan videonya juga oke. Cuma sedikit sayang aja diawal, ada suara yang mengecil gitu jadi sedikit tidak terdengar kalo engga pake headset. Sisanya udah oke banget!

  17. Kan namanya terlelab ya.. Kalo bisa slogannya itu dikasih yg ada cocok sama kata “lab” Karena kan logo aja gak ada unsur “lab” Jadi seenggaknya slogannya dibuat gitu.. Sisanya oke

  18. temanya menarik banget, cocok banget buat menyadarkan remaja2 yang masih doyan begadang,visualnya juga kerennnnn….

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!