Perancangan Interior SMP Mentari Intercultural di Jakarta Selatan

Wina Ramadita |
41718010059
SMP Mentari Intercultural merupakan sekolah bertaraf internasional yang berada di Jakarta Selatan, dengan menggunakan kurikulum cambridge dalam proses belajar dan mengajar. Pada perancangan sekolah ini konsep yang digunakan yaitu "Sunny Modern School with Contemporary Style" dengan suasana yang ditampilkan ialah cerah, bersih, dan tenang. Serta Dengan adanya transisi kembali ke sekolah di fase pandemi COVID-19 ini desain sekolah tetap perlu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 pada interior kelas dan lingkungannya.

PENDAHULUAN

INDENTIFIKASI MASALAH
Latar belakang masalah pada perancangan sekolah ini yaitu ruang interior SMP Mentari Intercultural yang belum sesuai dengan kebutuhan dan standar fasilitas kurikulum cambridge, penataan interior kelas yang belum maksimal mengakibatkan konsentrasi dan motivasi belajar menurun, serta sekolah perlu menerapkan protokol kesehatan pada kondisi pandemi COVID-19.
TUJUAN PERANCANGAN
Mendesain interior sekolah untuk mengarahkan siswa agar lebih fokus dan semangat dalam kegiatan belajar dengan memperhatikan penataan ruang, sirkulasi, fungsi, dan bentuk. menciptakan ruang interior yang sesuai dengan kebutuhan dan aktifitas pembelajaran kurikulum cambridge, serta menciptakan ruang interior sekolah yang menerapkan protokol kesehatan COVID-19 guna mencegah penularan virus tersebut.
BATASAN PERANCANGAN
Lingkupan area yang dirancang berfokus pada area lobby, ruang kelas lab IPA, dan perpustakaan. Desain sekolah tetap menerapkan sirkulasi, tata ruang, fungsi dan citra sekolah, serta protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus COVID-19.
METODE PERANCANGAN
Metode perancangan yang digunakan ialah: 1. Studi Literature 2. Observasi 3. Dokumentasi 4. Programming

HASIL ANALISA

PRESENTASI BOARD

FURNITURE PRESENTASI BOARD

GALERI KARYA

VIEW

Wina Ramadita

41718010059

0 Comments

error: Content is protected !!