Perancangan Interior Perpustakaan Daerah Sumatera Utara dengan Konsep Desain Universal

Devrian Syah Putra |
41718010020
Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak dan karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka. Perpustakaan umum daerah Sumatra Utara adalah salah satu perpustakaan umum yang terbesar di Provinsi Sumatera Utara yang terletak di Ibukota Sumatera Utara yakni di Medan. Perpustakaan ini mengusung desain industrial dan tema desain universal yang di padukan dengan konsep lokal konten dari Sumatera Utara.

PENDAHULUAN

INDENTIFIKASI MASALAH
a. Sebagian masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Sumatera Utara masih banyak yang belum tahu tentang ornamen-ornamen khas suku Sumatra Utara yang populasinya banyak di Sumatra Utara. b. Jarang sekali anak-anak milenial yang memilih perpustakaan sebagai tempat pertama untuk nongkrong dan berdiskusi dengan teman-temannya. c. Ruang Perpustakaan umum Daerah Sumatra Utara saat ini belum menerapkan konep desain universal secara maksimal.
TUJUAN PERANCANGAN
1. Memecahkan masalah pada interior perpustakaan khususnya pada penataan furniture, sirkulasi, zoning, dan gruping untuk memenuhi standart ergonomi pada penyandang disabilitas. 2. Megetahui elemen-elemen interior yang ada pada Perpustakaan Daerah Sumatra Utara agar dapat di akses oleh semua pengguna penyandang disabilitas. 3. Mendesain perpustakaan yang modern, mengikuti trand desain yang disenagi anak muda serta menciptakan signed untuk spot foto, karena anak milenial jaman sekarang suka eksis saat bepergian ke suatu tempat dan bisa untuk di jadikan sebuah kenangan ketika berada di perpustakaan Daerah Sumatra Utara.
BATASAN PERANCANGAN
1. Objek yang akan di teliti adalah Perpustakaan Daerah Sumatra Utara yang beralamat di Jl. Brigjen Katamso No. 45 K Sei Mati, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20159 2. Perpustakaan Daerah Sumatra Utara adalah perpustakaan umum yang dapat di gunakan oleh seluruh masyarakat Sumatra Utara dan juga dapat di gunakan masyarakat yang di luar Sumatra Utara.
METODE PERANCANGAN
Metode perancangan yang di gunakan yaitu metode analisis Kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, studi kepustakaan dengan cara mengumpulkan data dari buku, dan jurnal, serta melalui studi banding dengan cara membandingkan satu tempat dan tempat lainnya yang memiliki kategori yang yaitu perpustakaan untuk melihat kekurangan dan kelebihan dari masing-masing objek.

HASIL ANALISA

PRESENTASI BOARD

FURNITURE PRESENTASI BOARD

GALERI KARYA

https://youtu.be/myBTopMblCMVideo can't be loaded because JavaScript is disabled: Animasi Interior (https://youtu.be/myBTopMblCM)
VIEW

Devrian Syah Putra

41718010020

0 Comments

error: Content is protected !!