Perancangan Identitas Visual Wisata Pusaka Kota Lama Tangerang

Nastassja Ferdianty |
42317210003
Kota Lama Brand Guidelines merupakan sebuah buku panduan identitas visual yang akan membantu destinasi wisata tersebut dalam merepresentasikan citranya kepada masyarakat luas. Adanya buku panduan ini guna mempermudah dalam mengenalkan dan mengedukasi khalayak tentang Kota Lama Tangerang sebagai satu kesatuan destinasi wisata yang terdiri dari 3 objek utama seperti Klenteng Boen Tek Bio, Museum Benteng Heritage, dan Pasar Lama.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Perancanga identitas visual ini terdiri dari logo beserta elemen-elemen grafis lainnya dalam bentuk sebuah buku bagi destinasi wisata Kota Lama Tangerang sebagai bentuk representasi brand dan pedoman dalam mengelola tampilan identitas kota tersebut. Karya ini diharapkan dapat memberikan gambaran serta informasi yang mudah diterapkan dalam upaya mempromosikan Kota Lama Tangerang agar berbeda dari yang lain.
MASALAH DESAIN
Kawasan Kota Lama Tangerang dengan segala potensi wisatanya hingga saat ini belum memiliki identitas visual yang terkelola dengan baik, citra yang seharusnya dimiliki sebagai kawasan heritage terstruktur pun belum terpenuhi sebab di mata pengunjung citra yang dimiliki adalah sebagai kawasan kumuh terlepas menjadi tujuan destinasi wisata. Selain itu tidak adanya konsistensi dalam identitas menambah deretan kelemahan bagi destinasi wisata ini. Kawasan ini dapat terkelola dengan baik apabila sebagai kawasan heritage di Tangerang adanya sebuah identitas yang dapat menyatukan objek-objek wisata yang berada pada satu kawasan ini sehingga mampu menggambarkan citra sesuai dengan kebutuhan di lapangan.
TUJUAN DESAIN
Perancangan identitas visual wisata pusaka di kawasan Kota Lama Tangerang, dirancang untuk menyatukan objek-objek wisata yang berada pada satu kawasan ini dalam satu kesatuan identitas yang memiliki benang merah agar terciptanya keseragaman dan mampu merepresentasikan citra wisata yang mudah dikenali oleh khalayak. Serta guna meningkatkan daya tarik bagi calon wisatawan pada Kota Lama Tangerang
MANFAAT DESAIN
Perancangan identitas visual wisata pusaka di kawasan Kota Lama Tangerang ini secara keseluruhan diharapkan dapat menjadi "problem solving" dari kebutuhan identitas yang sebelumnya tidak memadai. Karena desain yang baik bukan yang hanya sekedar menarik dari visual namun juga menyelesaikan permasalahan dilapangan. Selain itu, dengan adanya identitas visual baru yang jelas dan sesuai, bisa menjadi media promosi baik bagi yang memiliki usaha maupun calon wisatawan.
[post-views]
VIEW

Nastassja Ferdianty

42317210003

[wp_ulike]

0 Comments