PERANCANGAN BUKU POP-UP “MENGENAL WAYANG KULIT YANG MENDUNIA“

Trisedawati Mahdi Anwar |
42318010033
Salam kenal semua, nama saya Trisedawati Mahdi Anwar. saya adalah mahasiswi Desain Komunikasi Visual dari Mercu Buana Meruya. Buku pop up "Mengenal Wayang Kulit Yang Mendunia" merupakan perancangan karya Untuk Tugas Akhir saya di semester ini. Buku ini merupakan buku pop up yang dilengkapi dengan informasi mengenai sejarah Wayang hingga proses pembuatan Wayang Kulit.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Buku pop up "Mengenal Wayang Yang Mendunia" di rancang untuk anak-anak usia 9-12 tahun agar mereka dapat berkenalan, mempelajari dan juga ikut serta melestarikan kesenian budaya ini yang sudah ada dari zaman nenek moyang Bangsa Indonesia. Dilengkapi dengan berbagai macam informasi mengenai Wayang,terutama Wayang Kulit dari sejarah hingga proses pembuatannya.
MASALAH DESAIN
Di zaman modern ini, anak-anak mulai jarang sekali membaca buku dikarenakan terlalu banyaknya tulisan dan sedikitnya ilustrasi yang ditampilkan didalam buku tersebut. maka dari itu, media yang digunakan harus dapat membuat anak-anak tidak merasa bosan selama membaca buku.
TUJUAN DESAIN
Tujuan perancangan buku pop up ini adalah untuk mengedukasi serta mengajak anak untuk ikut berpartisipasi dalam melestarikan budaya yang sudah ada sejak zaman nenek moyang Bangsa Indonesia. Selain itu, perancangan buku ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat membaca anak terhadap sejarah.
MANFAAT DESAIN
Manfaat dari perancangan ini adalah sebagai media untuk melestarikan kebudayaan Wayang Kulit kepada anak-anak di zaman modern ini dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan. Selain itu, mengingatkan kepada anak-anak mengenai pentingnya melestarikan kebudayaan yang kita miliki.
VIEW

Trisedawati Mahdi Anwar

42318010033

18 Comments

  1. wah bagus banget idenya dan desain buku nya juga sangat menarik terlebih lagi ditambah dengan adanya merchandise yang akan menambah ketertarikan bagi para pembaca.

  2. From some point on, I am preparing to build my site while browsing various sites. It is now somewhat completed. If you are interested, please come to play with baccaratsite !!

  3. It’s really great. Thank you for providing a quality article. There is something you might be interested in. Do you know baccaratcommunity ? If you have more questions, please come to my site and check it out!

  4. perancangan dengan tema wayang sangat bagus untuk melestarikan budaya indonesia ditambah dengan buku pop up sebagai media-nya

  5. Buku yang sangat menarik, out of the box, biasanya perancangan Tugas Akhir hanya sebatas buku ilustrasi 2D biasa, sedangkan ini adalah buku pop-up.
    Buku ini akan sangat diminati oleh anak-anak serta orang tua, karena buku ini bagus untuk media pembelajaran interaktif sehingga anak tidak akan bosan pada saat membaca buku.
    Ilustrasi pada buku ini pun bagus, dan dapat mudah di pahami oleh anak-anak.
    GOOD JOB TRIDAA 👍👍

  6. Effort banget buat ngerjain pop up siii keren banget! Ga abis pikir dari buku wayangnya aja udh jarang ditemuin trus ditambah dibikin pop up gini, you’re the best, trida!

  7. keren bukunya! buku ilustrasi yang membahas wayang untuk anak anak memang jarang banget sih ditemuin, art stylenya juga cocok banget sama target sasaran. Dan bagian uniknya, buku ini dibuat dalam bentuk pop-up. jangankan anak-anak, gue yang udah gede aja suka banget sama buku pop up . semangat tri!

  8. Ide konsep pewayangan yang bagus, menariq perhatian anak-anak

  9. Ide dan konsep bagus. Buku pop up mengenai perwayangan dengan warna yg juga menarik, akan mengajak pembaca larut dalam cerita. Boleh nih dibeli …

  10. Teknik pop up nya sangat menarik, begitu pula dengan isi dari buku nya dengan kalimat-kalimat yang singkat serta mudah dimengerti untuk anak-anak. Selain itu, tema dna topik yang diangkat juga jelas dapat menambah wawasan untuk anak-anak dengan cara yang interaktif. Semoga ke depannya, buku-buku seperti ini akan semakin banyak sehingga membantu mengenalkan dan juga menambah rasa memiliki kebudayaan bangsa sendiri.

  11. Buku yang menarik, terutama bagi usia dini. Dengan desain seperti itu akan menumbuhkan ketertarikan membaca, melihat dan memegang buku. Semoga dengan adanya buku semacam ini yang akan dibuat lebih menarik lagi akan menambah budaya membaca yang dimulai dari usia muda

  12. Ini berbeda dari yg lain, unik dan Indonesia banget, like it, mengenalkan Indonesia dari hal2 yg sering kita jumpai dan bawa, keep it up,

  13. Temanya menarik dan pengemasannya juga tidak kalah menariknya. Semoga ada lagi buku-buku seperti ini yang bisa membangun minat anak-anak muda untuk mempelajari dan melestarikan budaya Indonesia juga mewujudkan kecintaan serta semangatnya dalam hasil karya seperti ini. Tetap semangaat untuk kreator!

  14. Warnnanya menarik dan gambarnya bagus
    Ide pop up nya lucu

  15. Bagus dan cocok untuk anak batita saya

  16. Konsep buku pop up edukasi gini keren banget kak! Cocok buat anak-anak muda belajar interaktive tanpa ngerasa jenuh selama ngebaca buku kakak yang kayak gini!

  17. Barangnya bakal dijual secara publik engga yaa? Boleh banget sih dibeliin untuk ponakan yang masih balita gitu

  18. Ide yang bagus buat mengajak kalangan muda mengenal budaya kita.
    Nicely done!

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!