Perancangan Buku Ilustrasi Kuliner Kegemaran 7 Presiden Republik Indonesia

APRILIA SHABRINA |
42317110034
Hai everyone! Aku aprilia shabrina, biasa dipanggil april. Aku adalah anak kedua dari 2 bersaudara. Lahir di Jakarta, 1999. Aku adalah mahasiswi semester akhir jurusan DKV, Universitas Mercu Buana. Buku "Ragam Kuliner Favorit 7 Presiden Republik Indonesia" merupakan buku pertama yang aku buat. Revisi demi revisi selalu menjadi makanan sehari-hari. Apalagi aku kuliah kelas karyawan, yang notabene nya harus membagi waktu untuk kuliah dan kerja. Melalui buku ini, aku ingin memperkenalkan ragam kuliner Nusantara melalui makanan kegemaran 7 presiden Republik Indonesia kepada remaja dewasa, sehingga dapat menciptakan awareness dan apresiasi kepada budaya Indonesia.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Indonesia menganut sistem pemerintahan Presidensial yaitu Presiden sebagai kepala Negara sekaligus kepala Pemerintahan. Sejak proklamasi kemerdekaan hingga saat ini, Indonesia telah dipimpin oleh 7 orang presiden. Sejarah perjalanan kepresidenan Indonesia memiliki keunikan tersendiri, masing-masing presiden memiliki kepribadian, keterampilan, sifat – sifat, kewenangan dan kegemaran kuliner yang berbeda-beda. Mengenal lebih dekat dengan orang nomor satu di Indonesia pada zamannya tidak hanya berkutat pada cara mereka memimpin negara namun juga dengan hal sederhana seperti kuliner kegemeran mereka.
MASALAH DESAIN
Masalah utama dari perancangan ini adalah selama ini kita hanya mengenal presiden di bidang politiknya saja, kiprah mereka saat memerintah negara ketika mereka masih menjadi pemimpin. Padahal sebenarnya kita bisa mengenal mereka lebih dekat lagi melalui kegemaran kuliner mereka. Solusi untuk permasalahan ini menciptakan buku ilustrasi yang memuat informasi kuliner kegemaran 7 presiden Republik Indonesia untuk remaja dewasa dengan rentang usia 15-25 tahun. Menggunakan visual utamanya adalah ilustrasi dengan style ilustrasi semi realist (untuk ilustrasi makanan) dan style ilustrasi kartun (untuk tokoh presiden).
TUJUAN DESAIN
Memberikan informasi untuk mengenal lebih dekat dengan 7 presiden Republik Indonesia dengan memperkenalkan kuliner kegemaran para presiden Republik Indonesia serta menu-menu kuliner tradisional Indonesia kepada target audience.
MANFAAT DESAIN
Manfaat dari buku ini adalah dapat menambah wawasan ilmu informasi mengenai kegemaran kuliner 7 presiden Republik Indonesia kepada remaja dewasa dengan rentang usia 15-25 tahun.
VIEW

APRILIA SHABRINA

42317110034

27 Comments

  1. wah buku yang sangat menarik dan menambah pengetahuan bagi yang membacanya karena kita menjadi tau apa saja makanan kegemaran para presiden dan ilustrasinya yang juga sangat menarik.

  2. I was looking for another article by chance and found your article majorsite I am writing on this topic, so I think it will help a lot. I leave my blog address below. Please visit once.

  3. Your article has answered the question I was wondering about! I would like to write a thesis on this subject, but I would like you to give your opinion once 😀 baccaratsite

  4. Yang menjadi fokus perhatian buku ini adalah ilustrasinya yang semi-relistis namun dengan melihatnya bisa menggugah selera, info-info yang diberikan juga cocok untuk pemggemar kuliner agar lebih mengenal sejarah Indonesia serta dapat menambahkan nilai-nilai nasionalisme tentunya

  5. Kontennya bagus dan penjadiannya fresh sehingga membacanya menjadi asik dan tampilan visualnya jg bagus

  6. Bagus dan sangat menarik

  7. Isi buku nya menarik, bsa menambah pengetahuan tentang kuliner Indonesia yg tryata jd makan favorit para presiden kita, dlm pemilihan warna bukunya jg eye cathing tp ada bbrpa kata yg typo dlm penulisannya, selebihnya ok. Sukses selalu utk aprillia

  8. Halo pril.

    Terimakasih karna sudah membuat buku seindah dan semenarik ini.

    di era sekarang mungkin banyak yang belum tau makanan kesukaan presiden dan ini jadi pengingat bagi yang belum tau.

    ga norak dan simple buat ilustrasinya

    tanpa banyak tapi, gue demen karya lu!

    sekian,
    zp

  9. Masya Allah keren bangets, secara keseluruhan baguss dan menjadi isnpirasi untuk kita yaa tryata kuliner Indonesia tuh banyak dan enak2 (jadi tau deh), untuk pemilihan warna sudah okeh tapi pemilihan typografinya disesuaikan yaa, biar lebih pokus bacanya, hehehe..
    selamat dan sukses Aprilia,

  10. bukunya sangat menarik dan ilustrasinya bagus.
    untuk typografi warnanya bisa di sesuaikan agar mudah di bacanya.
    selebihnya udeh kereeen!

  11. Untuk bukunya bagus banget, dan unik.
    Soalnya isi tentang buku ini, tentang makanan kesukaan Pak presiden diIndonesia. Cocok banget baca buku ini, sambil ngopi santai dan bisa banget buat jadi menu andalan para pembaca buku ini yang sudah pastinya pencinta makanan dong hehhe.
    Percampuran warna cerah dibuku ini juga bisa bikin lebih asik dilihat.
    Sedikit saran dari saya untuk warna gambar sama tulisannya sedikit agak lebih samar, jadi kadang agak kurang jelas pas dibaca.
    Sisanya buku ini keren banget, dan next harus bikin buku tentang alam ya :).
    Semangat ☺️

  12. waw bukunya sagat menarik, melihat dari gambar makannya membuat saya lapar

  13. keren bgt bukunya jadi tau makanan favorit presiden”. warnanya juga pas, walaupun di beberapa halaman yang latar kertasnya berwarna terang tulisannya jadi lumayan nabrak tp overall ttp bisa dinikmatin dan dipahami✨

  14. Appriciate your book.
    Colourfull,interest sekali utk dibaca apalagi untuk sasaran kaum remaja bs mengenal lbh dkt makanan2 favorite presiden kita,
    Warna typografinya disesuaikan ya biar terlihat lbh jelas tulisannya.
    Bravoooo Aprilia!!!!

  15. Hi April!
    Topik dari judulnya sangat menarik dan punya tujuan yg bermanfaat. It’s an honour if you let me see the book and those stuff’s in physical things. Nothing but great April!

  16. Kereen kereen👏, Sederhana dan memiliki makna lebih👍

  17. Bukunya sangat menarik.
    Ilustrasinya natural.
    Dengan adanya buku ini kita bisa memperkenalkan presiden Indonesia dan makanan Indonesia ke negara lain.
    Pokonya keren bukunya sangat menginspirasi untuk genarsi sekarang

  18. makanan nya sangat sederhana dikalangan apapun ya gataunya para presiden indonesia
    jadi nambah pengetahuan ini makanan favorit presiden

  19. buku yang penuh warna, akan senang jika dibaca di saat santai. dan bole juga nyobain makanannya hahahah

  20. Untuk ilustrasi bung karno dan pak harto kurang detail jadi bikin ga keliatan bedanya, untuk lainnya okee ko👍🏻

  21. Menurut saya pemilihan lembar warna pink dan tulisan pink agak sulit dibaca.
    Tetapi sisanya sudah bagus dan pemilihan font yang menarik untuk dibaca

  22. Menarik sih mengenal presiden dari segi makanannya, charakter nya jga lucu lucu, perpduan warna, dan bagus untuk pemilihan tipografinya, saran sih untuk warna makanannya lebih di detail in lagi agar lebih menarik.

  23. ini udah keren ilustrasinya real banget. mungkin mau saran aja, dibagian socmed untuk warnanya lebih diperhatikan lagi yaa. kalo ilustrasinya warnanya terang mungkin backgroundnya bisa pakai background gelap, biar lebih terhighlight lagi si ilustrasi makanannya dan warna tipografinya disesuaikan lagi biar kelihatan tulisannya. Sisanya udah keren banget. informasinya juga dapet. jadi tau banyak informasi tentang makanan nya, selama ini taunya makanan yang itu itu aja. good job april!

  24. Wah selain Presiden kita kayak di Anime Naruto ternyata Makanan favorit khas juga.. keren pemilihan judulnya …. Makin Pride sama Indonesia… mantap Ilustrasi nya realistis banget ..

  25. Bukunya sangat menarik apalagi diperpadukan dengan ilustrasi makanan yang realist menggugah selera ingin makan, kereenn!

  26. Adanya buku ini jadi tau kalau presiden punya makanan favorit, isi ceritanya sangat menarik untuk dipelajari, visualnya juga mudah dipahami. Keren 👍

  27. Wah topik bukunya sangat menarik untuk dipelajari! Ilustrasinya yg realis jadi mudah mengenali jenis makanan yang diperkenalkan. Layoutnya juga minim distraksi, pembacaan isi buku jadi lebih mudah dan lebih fokus.

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!