PERANCANGAN ACTION FIGURE SI PITUNG DENGAN SISTEM PERSENDIAN SEBAGAI POROS GERAK SILAT

NICHOLAS YOGATAMA HAREST |
41918010039
Halo, perkenalkan nama saya Nicholas Yogatama Harest. Saya adalah seorang mahasiswa jurusan Desain Produk Universitas Mercu Buana. Pada kesempatan kali ini saya akan menyajikan karya tugas akhir saya yaitu Action Figure Si Pitung dengan Sistem Persendian sebagai Poros Gerak Silat. Action figure Si Pitung merupakan action figure yang mengadaptasi salah satu karakter lokal yang berasal dari cerita rakyat Betawi yaitu Si Pitung. Si Pitung merupakan sosok yang dikenal sebagai pahlawan bagi masyarakat Betawi pada masa penjajahan kolonial Belanda. Action figure Si Pitung dirancang dengan sistem persendian yang memungkinkan action figure untuk dapat diperagakan pose gerak silat.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Kata Perancangan Action Figure Si Pitung yang penulis maksud adalah perancangan mainan action figure yang mengadaptasi karakter Si Pitung yang terdapat pada cerita rakyat Betawi sebagai karakter dari mainan action figure yang dirancang. Sedangkan kata Dengan Sistem Persendian Sebagai Poros Gerak Silat yang penulis maksud adalah penerapan sistem persendian pada action figure Si Pitung yang dirancang yang memungkinkan action figure untuk dapat melakukan pose silat Cingkrik.
MASALAH DESAIN
1. Bagaimana penerapan karakter Si Pitung pada rancangan action figure? 2. Bagaimana sistem persendian pada karakter action figure Si Pitung yang dapat memperagakan gerak silat Cingkrik? 3. Bagaimana scale dan titik keseimbangan pada action figure Si Pitung dalam memperagakan gerak silat Cingkrik?
TUJUAN DESAIN
1. Terciptanya mainan action figure yang mengadaptasi karakter Si Pitung dari cerita rakyat Betawi. 2. Terciptanya mainan action figure Si Pitung yang dapat diperagakan dalam pose silat Cingkrik. 3. Terciptanya mainan action figure karakter Si Pitung yang memiliki titik keseimbangan ketika diperagakan dalam pose silat Cingkrik.
MANFAAT DESAIN
1. Menambah pemahaman pengguna terhadap tokoh karakter lokal (Si Pitung) yang berasal dari Betawi. 2. Dapat memainkan action figure karakter tokoh Si Pitung dengan berbagai ragam gerakan silat Cingkrik. 3. Menjadi alternatif pilihan action figure yang bisa dimiliki.

DATA & ANALISIS

DESAIN FINAL

GALERI KARYA

VIEW

NICHOLAS YOGATAMA HAREST

41918010039

18 Comments

  1. wah ide dan desainnya sangat menarik dengan tetap menerapkan sisi budayanya. Terima kasih

  2. halo jeki, terima kasih atas komentarnya. selamat berpameran juga jeki!

  3. halo pak ardo, terima kasih atas komentarnya. untuk sumber acuan dalam menafsirkan karakter si pitung ini belum ada sumber yang dapat dijadikan acuan, karena belum adanya sumber dan data yang valid terkait sosok asli si pitung itu sendiri, baik dari kerabat/keturunan si pitung maupun sumber lainnya. Namun, saya menggunakan referensi dari Tanu Trh pada majalah Intisari terbitan April 1971 yang mengatakan bahwa menurut kakek dari ibunya yang pernah bertemu langsung dengan si pitung, bahwa si pitung memiliki tubuh yang tidak sebesar dan segagah itu, warna kulit kecoklatan, memiliki ciri khas sepasang cambang panjang tipis dengan ujung melingkar ke depan. Untuk postur tubuhnya, saya menggambarkan si pitung memiliki tubuh dengan tinggi sekitar 160 cm karena ia diceritakan sangat sulit ditangkap dan pandai bersembunyi. Oleh karena itu, sangat masuk akal apabila si pitung ini memiliki tubuh yang tidak tinggi dan besar sehingga lebih mudah bersembunyi. sekian jawaban dari saya, terima kasih.

  4. Selamat berpameran Nicholas yoga , Karya tugas akhir action figurenya sangat menarik dan berkeinginan mengangkat budaya lokal khususnya dalam memperkenalkan silat Tjingkrik betawi melalui tokoh lokal yaitu sipitung , dimana dalam karya action figure tersebut memperlihatkan artikulasi gerakan silat cingkrik yang mempresentasikan silat betawi melalui tokoh legendraisnya. Saya berkeinginan mengoleksi action figure tersebut jika diproduksi banyak. Good Job , Nich Selamat 🙂

  5. Selamat berpameran, untuk perkara persendian action figure nampaknya tidak ada hal baru. Yang spesial hanya penafsiran anda terhadap sosok karakter pitung ini, adakah sumber acuan anda dalam menafsirkan karakter si pitung ini pada aspek tinggi badan, warna kulit, bentuk hidung & wajah? karena perawakannya terlihat seperti pria ras kaukasian (eropa) sekali.

  6. halo pak Irwan, terima kasih atas komentar dan sarannya🙏. untuk action figure Si Pitung ini belum terdapat artikulasi pada bagian jari/telapak tangan. untuk kedepannya akan saya kembangkan lagi artikulasinya terutama pada bagian jari agar dapat melakukan gerakan mengepal dan gerakan2 lainnya.

  7. halo Nur, terima kasih sudah mampir dan terima kasih juga atas komentarnya🙏.

  8. halo pak Mesah, terima kasih atas komentar dan sarannya🙏. untuk kedepannya akan saya lebih kuatkan lagi sistem yang diterapkan pada action figure agar dapat melakukan lebih banyak gerakan.

  9. halo angel, terima kasih atas komentarnya🙏. selamat berpameran juga angel!

  10. halo pak abdul, terima kasih atas komentar dan sarannya 🙏. untuk kedepannya akan saya lebih perhatikan dalam menggunakan pakaian untuk melapisi bagian persendian dan juga untuk lebih menonjolkan segi budaya pada action figure.

  11. halo pak Junaidi, terima kasih atas komentar dan sarannya🙏. untuk kedepannya akan saya lebih perhatikan untuk menyembunyikan sendi2 artikulasi dengan menggunakan atribut pakaian.

  12. Karya yang keren. Artikulasi juga dapat mememuhi byak gerakan.

    apakah pada sendi jari juga terdapat artikulasi, karna dalam gerakan pencak silat betawi pasti ada gerakan mengepal. kalo belum, untuk kedepan bisa lebih dikembangkan.

    selamat berkarya dan berpameran.

  13. Selamat berpameran nicholas!!✨️
    Sebuah karya yang sangat menarik dan unik sekali. Good jobs nicholas✨️

  14. Selamat berpameran nicholas!!✨️
    Hasil karyanya sangat menarik dan unik sekali. Good jobs nicholas✨️

  15. Selamat Berpameran Nicholas! Keren hasil tugas akhirnyaa…

  16. Dalam perancangan ini sistem harus lebih kuat mengingat karakter pergerakan banyak

  17. idenya juga bagus ini, kalau di lapisin pakaian lagi bagian persendiannya jadi lebih keren, ini juga keren menampilkan sendi pergerakan silatnya. cuman karena ini soal budaya jadi pakaiannya jg harusnya ada, bagian celananya seperti apa. kurang lebih bgtu ini bagus untuk edukasi soal seni pencak silat.

  18. selamat pagi..selamat berpameran

    karya yang bagus dan menarik, tidak hanya bisa dimainkan, produk ini bisa jadi media edukasi kedepan nya
    overall secara finishing rapih.

    saran : untuk kedepan nya mungkin dapat menyembunyikan struktur/sendi2 artikulasi dengan pakaian (mungkin) sehingga lebih terasa natural

    good job

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!