MEJA SABLON KAOS UNTUK UMKM DENGAN LUAS RUANG KERJA YANG TERBATAS

ARTRIATAMA AKHMAD ALGHAZA |
41917020001
Meja Sablon Kaos merupakan salah satu peralatan utama dalam kegiatan sablon kaos meja ini berfungsi sebagai alas pada kain kaos yang akan disablon selain itu dalam proses kegiatan sablon terdapat tahap pembuatan klise pada screen sablon yang memerlukan cahaya dalam pembuatannya dan juga harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum digunakan pada proses sablon pada kaos. Dalam sebuah workshop UMKM yang memiliki ruangan terbatas maka memerlukan meja yang dapat mengakomodir kegiatan sablon pada kaos dan juga tidak memakan tempat. Maka dari itu meja sablon kaos ini dirancang untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
INTEPRETASI JUDUL - Perancangan Meja Sablon Kaos Untuk UMKM Dengan Luas Ruang Kerja Yang Terbatas yang dimaksud penulis merupakan meja sablon yang dapat menampung perlengkapan yang digunakan untuk kegiatan menyablon kaos serta dapat mengakomodir kegiatan dalam proses penyablonan kaos di dalam Ruang kerja yang terbatas. Selain itu meja dirancang agar proses kerja penyablonan menjadi lebih efisien dari sisi waktu dan ruang.
MASALAH DESAIN
PERMASALAHAN DESAIN - Permasalahannya terletak pada bagaimana desain meja sablon kaos yang cukup ditempatkan pada ruangan yang luasnya terbatas untuk seluruh proses cetak sablon, kemudian perlunya meja sablon kaos yang dapat digunakan dalam proses pembuatan klise pada screen sablon dan proses penyablonan dalam waktu yang bersamaan tanpa mengganggu proses yang satu dengan yang lainnya serta efisien, dan yang terakhir adalah bagaimana meja sablon kaos tersebut dapat digunakan sebagai penyimpanan peralatan sablon kaos.
TUJUAN DESAIN
TUJUAN DESAIN - Tujuan produk ini dibuat agar terwujud meja sablon yang dapat digunakan untuk seluruh proses menyablon kaos dalam satu jenis meja di ruangan yang luasnya terbatas, kemudian terciptanya meja sablon kaos yang dapat digunakan untuk melakuakan proses pembuatan klise pada screen sablon dan proses penyablonan tanpa mengganggu proses yang satu dengan yang lainnya serta efisien, dan yang terakhir terciptanya meja sablon yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan sablon kaos.
MANFAAT DESAIN
MANFAAT DESAIN - Mengahdirkan varian produk berupa meja sablon yang dapat memfasilitasi kegiatan penyablonan bagi industri sablon bersekala UMKM agar lebih efektif secara ruang sehingga ruang kerja menjadi lebih hemat tempat. Selanjutnya menjadikan penempatan dan penyimpanan alat sablon lebih tertata dan terpusat pada satu tempat sehingga tidak menyebabkan peralatan sablon terpencar dan merepotkan para pelaku usaha sablon sekala UMKM. Kemudian yang terakhir membuat proses pembuatan klise pada screen sablon menjadi lebih hemat waktu agar dapat mempercepat proses sablon.

DATA & ANALISIS

DESAIN FINAL

GALERI KARYA

VIEW

ARTRIATAMA AKHMAD ALGHAZA

41917020001

27 Comments

  1. selamat berpameran!

  2. Of course, your article is good enough, safetoto but I thought it would be much better to see professional photos and videos together. There are articles and photos on these topics on my homepage, so please visit and share your opinions.

  3. I came to this site with the introduction of a friend around me and I was very impressed when I found your writing. I’ll come back often after bookmarking! totosite

  4. Of course, your article is good enough, majorsite but I thought it would be much better to see professional photos and videos together. There are articles and photos on these topics on my homepage, so please visit and share your opinions.

  5. Thank you for your tremendous help in our new project. Without your diligence,hard work, late nights,and early mornings. we wouldn’t have been able to meet the deadline. Excellent work!

  6. Excellent site you’v? ?ot here.. It’s difficult t? find quality writing like y?u?s now?days.

  7. Interesting post. I Have Been wondering about this issue. so thanks for posting. Pretty cool post.

  8. ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

  9. Kepo

  10. Wahai anak muda produkmu bagus sekali.. maukah saya beli karyamu untuk dijadikan pajangan di kerajaan kami? Hubungi wa di 08123456789

  11. Selamat Pagi Pak Irwan, dalam proses distribusi meja sablon ini memerlukan bantuan kendaraan seperti mobil bak terbuka jika dikirimkan dari tempat produski ke tempat pengguna atau pembeli. Kemudian proses prakitan cukup mudah dengan menggunakan kunci pas untuk menghubungkan baut yang menghubungkan setiap part rangka.

  12. Bagaimana bobot dan perakitan meja sablon tersebut jika adak di distribusikan ke konsumen. apakah cukup efisien?

  13. Selamat Siang Ibu Nukke. Baik ibu akan saya siapkan bu. Terima kasih ibu Nukke

  14. selamat siang,

    tolong disiapkan laporan data analisis terkait fungsinya ????

  15. Tata letak pameran sudah terkondisikan, selamat berpameran dan sukses selalu.

  16. Selamat siang Pak Ardo. Baik Pak Terima kasih maaf saya tidak cantumkan gambar exploded produknya

  17. Selamat berpameran atriatama, gambar keterangan parts/exploded viewnya tidak ada

  18. Selamat Sore Pak Hady, Mohon izin untuk menjawab. Proses Sablon membutuhkan meja sablon, alat pengering, dan penyinaran screen sablon untuk membuat klise. Di dalam UMKM sablon yang ruangannya kecil apablia peralatan tersebut terpisah-pisah maka akan membuat proses ruangan menjadi termakan tempat. dalam desain meja sablon kaos ini dirancang agar peraltan tersebut tidak memakan tempat. dan desain ini juga dibuat untuk memusatkan kegiatan sablon pada satu area sehingga masih banyak area pada ruangan yang terbatas pada workshop yang bisa digunakan untuk menyimpan alat pra proses sablon seperti komputer dan printer untuk cetak film gambar pada HVS, dan juga peralatan pasca proses sablon seperti mesin press dan alat lipat kaos.

  19. Selamat Siang Pak Dena, Mohon izin untuk menjawab pak. Biasanya meja sablon dihargai 1.200.000 sampai 2.000.000 dipasaran, kemudian pengering screen seharga 500.000 sampai 700.000, lalu ada tempat penyinaran screen atau yang biasa disebut meja afdruk seharaga 400.000 sampai dengan 1.000.000 namun juga ada meja afdruk dipasaran yang seharga 800.000 sampai 2.000.000 untuk 2 buah screen sablon ukuran 40×60 cm. Dengan produk yang saya buat menghabiskan modal 2.800.000 dan masih bisa menjual dengan margin keuntungan 1000.000 dengan spesisfikasi sudah dilengkapi meja sablon, tempat penyinaran screen untuk 4 buah screen ukuran 50×70 cm serta tempat pengering shingga pengguna atau pembeli dapat menghemat 400.000 sampai 1.000.000 rupiah

  20. Selamat sore,
    Bisakah jelaskan hubungan ruang sempit dengan desain yang kamu buat.
    Terima kasih

  21. Dengan adanya Produk ini, berapa persen modal yang dihemat untuk membeli produk ini dengan produk sebelumnya?

  22. Selamat Siang Ibu Vania, mohon izin menjawab. Pertama-tama untuk ruang terbatas yang dimaksud yaitu ruangan sablon kaos dari UMKM yang memiliki lebar minimal 3 meter dan maksimal 4 meter dengan panjang minimal 3 meter dan maksimal 5 meter. Kemudian permasalahan yang melatar belakangi rancangan ini adalah ruangan sablon kaos yang kecil atau terbatas, proses pembuatan screen yang lama, dan butuhnya penyimpanan peralatan dan perlengkapan. Sehingga dengan latar belakang masalah tersbut saya merancang produk meja sablon kaos ini.

  23. Selamat Siang Ibu Indah, mohon izin untuk memnjawab. Meja sablon yang saya rancang dibuat untuk mengakomodasi kegiatan sablon kaos dari proses penyinaran sampai dengan proses sablon tersebut. perbedaan dari meja sablon sebelumnya adalah meja sablon saya ini memiliki kapasitas penyinaran untuk 4 buah screen ukuran 40 x 60 cm atau 50 x 70 cm dalam satu kali penyinaran screen selama 4 menit. Selain itu latar belakang lain adalah terdapatnya ruangan terbatas yang digunakan dalam UMKM sablon kaos dan juga proses pembuatan screen sablon yang cukup lama.

  24. Selamat siang,
    Bagaimana proses anda mengambil keputusan desain sehingga menghasilkan produk ini jika dikaitkan dengan permasalahan perancangan? Karena saya belum melihat data itu di penjelasan data dan analisis.
    Kemudian ruang terbatas seperti apa yang dimaksud dalam penjelasan konsep di atas?

  25. Baik Terima kasih atas pertanyaannya, mohon izin untuk menjawab. Produk Meja sablon yang saya buat ini memiliki perbedaan pada sistem penyinaran screen sablon. Pada meja sablon sebelumnya hanya memiliki kapasitas maksimal 2 buah screen 40×60 cm dalam satu kali penyinaran namun meja sablon yang saya buat memiliki kapasitas penyinaran screen sejumlah 4 buah screen sablon dalam satu kali penyinaran. sehingga akan lebih menghemat waktu dan juga energi listrik dalam proses penyinaran screen sablon menggunakan lampu.

  26. Selamat Siang, apa yang melatarbelakangi masalah anda dalam membuat Meja Sablon ini ?
    Secara logika sepertinya tidak ada masalah dengan meja sablon yang sudah ada dan secara ukuran juga variatif, dapat dikerjakan di meja yang besar atau kecil disesuaikan dengan posisi dimana meja itu diletakan. Hasil finishing produk masih harus diperbaiki ya, kurang rapi dan kurang representable sbg produk yang baru dirancang.

  27. Sepertinya konsep produk ini sudah diangkat semester kemarin, apa yang membedakan produk saudara dengan yang sebelumnya? Apa nilai kebaruannya?

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!