Perancangan Video Kampanye Sosial Tentang Larangan Penggunaan HP Ketika Berkendara

Khairur Rizki Maulana |
42317110019
karya tugas akhir “Larangan Penggunaan HP Ketika Berkendara” ini adalah sebuah kampanye yang dalam publikasinya menggunakan 2 media yaitu media utama berupa iklan layanan masyarakat dan media pendukung berupa konten sosial media. Media utama dan media pendukung yang dirancang, pada umumnya menerapkan prinsip serta strategi desain yang sudah disusun sejak proses pra-produksi, dem menciptakan keselarasan warna, gaya komunikasi media dalam publikasi kampanye. Adapaun tagline dari kampanye sosial ini adalah #StayFocusOnTheWay yang dimana tagline tersebut digunakan sebgai sarana memberikan perhatian kepada audiens atau masyarakat untuk sama-sama selalu mengajak untuk tetap fokus dan konsentrasi demi keselamat diri sendiri maupun orang lain yang ada disekitarnya.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
“Perancangan Video Kampanye Sosial Tentang Larangan Penggunaan Hp Ketika Berkendara”. Penulis ingin membuat kampanye iklan layanan masyarakat sebagai salah satu sarana pembelajaran yang dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat. Dan juga untuk mengubah padangan atau pola hidup target audiens yang di targetkan demi mencapai sebuah tujuan yang dapat menyelesaikan sebuah masalah. Kampanye soasial ini akan di rancang berdasarkan riset yang intensif, perancangan yang eksploratif, dan pengaplikasian yang akan menjadi sebuah solusi terhadap kampanye yang di buat. Dengan adanya kampanye sosial, akan terbuka sebuah akses informasi mengenai dampak bahaya dari penggunaan Hp saat berkendara, dan sekaligus mengedukasi bagaimana pentingnya menjaga keselamatan untuk diri sendiri maupun orang lain.
MASALAH DESAIN
Dari penjelasan latar belakang yang penulis bahas diatas, permasalahan perancangan yang ada dirumuskan menjadi dua masalah. yang pertama, bagaimana membuat atau merancang sebuah kampanye yang tepat dan edukatif agar tersampaikan kepada target audiens ? yang kedua bagaimana menetukan ide untuk penunjang viusalisasi seperti tiprografi, backsound, gambar pada proses pembuatan iklan layanan masyarakat agar mempengaruhi singkronisasi target audiens terhadap pesan yang disampaikan ?
TUJUAN DESAIN
Memberi informasi yang bersifat edukatif kepada masyarakat untuk menyadarkan dan meningkatkan kewaspadaan untuk menghindari penggunaan HP saat berkendara. dari ILM yang dibuat diharapkan dapat merangkul masyarakat untuk mulai peduli terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain sehingga dapat menekan seminimal mungkin permasalahan yang akan berdampak bahaya kepada sesama pengguna jalan.
MANFAAT DESAIN
untuk Mahasiswa, perancangan ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan, pertimbangan atau referensi bagi perancang berikutnya yang akan merancang tema yang serupa tentang bahaya penggunanaan Hp dalam berkendara dan dapat dikembangkan lebih lanjut. dan untuk Masyarakat bisa bermanfaat sebagai menambah wawasan ilmu untuk edukasi sampai jangka panjang.
[post-views]
VIEW

Khairur Rizki Maulana

42317110019

[wp_ulike]

0 Comments