KEMASAN MAKANAN TAKE AWAY YANG BISA DIJADIKAN WADAH UNTUK MAKAN

DIANDRA RACHMALIA SYAFITRI |
41918010036
Hello, I'm Diandra. I am a final year student at Mercu Buana University. On this occasion I will show the results of my final project product design as the topic of my thesis title. I hope you like it, enjoy !!!

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Kemasan makanan siap saji yaitu kemasan yang mampu menjadikan kemasan yang dapat melindungi produk makanan dengan sistem kemasan yang baik dan aman dari benturan. Kemasan makanan take away ini dapat menjadi yang merupakan wadah untuk makanan.
MASALAH DESAIN
Kemasan makanan take away untuk makanan basah yang dapat dijadikan untuk wadah makanan. Diperlukan perancangan kemasan makanan dengan bentuk dan sistem yang aman untuk dibawa pada saat perjalanan dengan material yang aman untuk lingkungan ddan mudah teruari dalam tanah.
TUJUAN DESAIN
Perancangan ini dilakukan untuk mewujudkan kemasan makanan dengan bentuk dan sistem yang aman untuk dibawa pada saat perjalanan, terhidar dari guncangan, tidak mudah tumpah dan aman untuk lingkungan serta mudah terurai dalam tanah.
MANFAAT DESAIN
perancangan ini dapat bermanfaat dengan terciptanya kemasan makanan take away yang lebih baik dan aman untuk dijadikan wadah makanan dan mudah dibawa pada saat perjalanan.

DATA & ANALISIS

DESAIN FINAL

GALERI KARYA

VIEW

DIANDRA RACHMALIA SYAFITRI

41918010036

15 Comments

  1. Ide yang sangat menarik dan bagus, terima kasih atas pamerannya

  2. I’m writing on this topic these days, baccaratsite, but I have stopped writing because there is no reference material. Then I accidentally found your article. I can refer to a variety of materials, so I think the work I was preparing will work! Thank you for your efforts.

  3. terima kasih pak sudah melihat pameran saya

    aspek keamanan Dengan melindungi produk terhadap berbagai kemungkinan yang dapat menjadi penyebab timbulnya kerusakan barang seperti jatuh, tumpukan, dan lain – lain. Kemasan yang dipilih dan diaplikasikan pada bahan pangan dan makanan memiliki kemampuan untuk melindungi bahan yang dikemas dari kerusakan, baik kerusakan fisik (seperti pengaruh mekanik dan cahaya), kimiawi (kelembapan udara/uap air) dan mikrobiologis (bakteri). Penyebab kontaminasi mikroorganisme pada bahan pangan adalah kontaminasi udara atau air yang melalui lubang pada kemasan yang ditutup secaraa hermatic, penutupan (proses sealer) yang tidak sempurna, panas yang digunakan dalam proses sealer pada plastik tidak cukup karena sealer yang terkontaminasi oleh produk atau pengaturan suhu yang tidak baik, kerusakan seperti sobek atau terlipat pada bahan kemasan.
    aspek estetika di ambil dari aspek material yang digunakan, Bonggol jagung adalah bahan baku yang termasuk keadalam bahan alami yang dapat terurai secara alami dalam tanah.Dengan memiliki berbagai macam fungsi yang mampu dijadikan berbagai macam fungsi lainnya dengan berbahan dasar dari bonggol jagung. Hasil olahan dari bonggol jagung ini umumnya memiliki warna yang alami dan tekstur yang terdapat dari bonggol jagung itu sendiri, dengan tidak menggunakan berbagai macam bahan beracun dan kimia sehingga memberikan waran yang naturan dan alami. Dengan begitu menjadikan bonggol jagung memiliki sifat yang aman untuk bisa digunakan menjadi bahan baku dalam pembuatan kemasan makanan dan aman terhadap lingkungan karena mudah untuk terurai dalam tanah.
    staking kemasan
    Pada pengemasan kemasan yang perlu dilakukan susunan tumpukan kemasan yang aman agar melindungi produk yang didalam kemasan pada saat proses pengantaran. Selain itu juga tumpukan susunan kemasan mampu mengurangi adanya kerusakan seperti kebocoran dan tumpah produk makanan yang ada didalamnya akibat benturan dan guncangan.
    Dengan menyesuaikan bentuk kemasan yang mampu menjadikan susunan kemasan yang aman dalam proses pengantaran, dan menjadikan tetap aman dalam perjalanan hingga sampai ke kostumer, selain dari sistem stacking pada kemasan sat perjalanan pun menjadi point penting untuk kemasan aman dengan sistem yang baik dan teratur disesuaikan dengan bentuk dan ukuran kemasan sehingga stacking tetap terjadi dan baik.

  4. terima kasih bu sudah melihat pameran saya

    aman yang dimaksud pada perancangan ini dalam aspek material yang digunakannya, untuk inovasi dan keuntungan dalam perancangan ini adalah dalam segi estetik dengan aspek material yang digunakannya, yaitu dengan menggunakan material yang aman dan ramah lingkungan, aman dalam arti bahan yang digunakan tidak mengandung zat kimia dan jika terkena makanan langsung yang didalamnya, material ini termasuk keadalam bahan alami yang dapat terurai secara alami dalam tanah. memiliki sifat yang aman untuk bisa digunakan menjadi bahan baku dalam pembuatan kemasan makanan dan aman terhadap lingkungan karena mudah untuk terurai dalam tanah. Dengan adanya penggunaan bahan tersebut menjadikan hasil produksi dengan harga yang terjangkau sehingga mengurangi biaya produksi.

  5. terima kasih sudah melihat pameran saya,

    untuk ukuran dari desain final 1:1 dengan ukuran 7,7 x 12, ukuran desain akhir sesuai dengan ukuran desain final, jika terlihat tidak sesuai dari teknik pengambilan gambar yang salah sehingga terlihat lebih kecil dari desain final.
    posisi alat makan dilitekan berdiri karena umumnya masyarakat yang menggunakan kemasan takeaway sering mengalami kesulitan untuk meletakan dan alat makan sebelum dan sesudah makan sehingga saya buat dengan posisi tersebut agar memudahkan konsumen untuk menggunakannya, karena biasanya para pengguna kemasan take away memilih untuk kepraktisan dalam menggunakannya dan memungkin kan untuk bisa pengguna tidak perlu kesulitan dalam menggunakan dan meletakannya kembali

  6. terima kasih pak sudah melihat pameran saya.

    pada proses pembuatan desain akhir ukuran yang digunakan sesuai dengan ukuran desain final, namun pada pengambilan gambar yang terlalu jauh dan tidak sesuai menjadi terlihat lebih kecil dari ukuran desain final.

  7. terima kasih sudah melihat pameran saya.
    untuk kemasan ini tidak bisa untuk makanan yang berkuah, karena material yang digunakan masih kurang efisien untuk menahan kadar penyerapan air yang baik.

  8. terima kasih pak sudah melihat pameran saya

    untuk aspek perancangan yang di gunakan pada kemasan take away ini:
    aspek yang saya gunakan ini adalah aspek estetik dan aspek fungsi
    asspek estetik yang diambil dari aspek material yang digunakan yaitu material yang mudah terurai dalam tanah, dan aman untuk makanan dengan menggunakan material ini yang mengandung kandungan yang aman untuk digunakan dan bersentuhan dengan makanan sehingga tidak mudah terkontaminasi oleh zat zat yang berbahaya untuk produk yang ada didalamnya
    untuk aspek fungsi yang saya ambil adalah aspek fungsi dari faktor keamanan yaitu dengan memiliki faktor keamanan kemasan makanan terhadap wadah kemasan makanan itu sendiri yang memperngaruhi ketahanan makanan pada saat perjalanan dengan memperhatikan keamanan kemasan saat digunakan menjadi wadah makanan yang aman dan baik untuk digunakan.Kemampuan kemasan menyesuaikan dengan sifat produk pangannya sehingga kemasan tidak bersifat meracuni produk dan sebagainya.

  9. Selamat sore,
    Dalamm data dan analisis milik kamu ada pembahasan aspek keamanan, estetika dan stacking…namun pembahasan tersebut didak dijelaskan dalam desain anda…Bisakah dijelaskan bagian tersebut.

    Terima kasih

  10. Selamat pagi,

    Apa yang dimaksud dengan “aman” pada masalah perancangan?
    Inovasi apa yang dihasilkan dalam perancangan ini? karena saya lihat secara bentuk dan sistem masi serupa dengan desain wadah makanan take away yang sudah ada.
    Apa kebutungan perancangan yang diangkat dalam tugas akhir ini? karena saya lihat belum dibahas dalam data dan analisa.

  11. Data analisis bentuk serta gambar tidak jelas, terbukti dari hasil desain final yang berbeda pada hasil akhir fisik.

  12. Selamat Siang,

    1. Berapa ukuran yang digunakan pada produk kemasan yang anda buat? hasil akhir produk tampak terlalu kecil untuk diisi dengan porsi makanan take away yang sewajarnya, jadi seperti tidak sesuai.
    2. Berdasarkan apa posisi alat makan, sendok dan garpu diletakan berdiri seperti pada gambar anda ? posisi tersebut tidak efisien dan cukup mengganggu saat dibawa, bisa saja patah jika menggunakan sendok garpu plastik atau bisa saja tertusuk tangan dengan tidak sengaja.

  13. HI, diandra

    Selamat pameran, konsepnya menarik, saya ingin bertanya , apakah bisa di pakai untuk makanan makanan yang berkuah ??

    terimakasih

  14. 1. aspek apa yang terdapat pada produk perancangan ini dikatakan TAKE AWAY

  15. Bagaimana analisis display alat makan pada kemasan ini? Ini terlihat seperti sendok yg di ikat pakai karet gelang.

    Bagaimana analisis ukuran sendok/ alat makan yg bisa di letakkan pada kemasan ini?

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!