KAMPANYE SOSIAL BAHASA ISYARAT INDONESIA #9

Rendy Grace Luckyanto |
42315210024
Perancangan kampanye ini menggunakan media 12 Poster Elektronik yang pendistribusian karyanya melalui media sosial instagram, dan membuat Workshop BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia) yang didukung oleh PUSBISINDO (Pusat Bahasa Isyarat Indonesia)

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Perancangan Kampanye Sosial Bahasa Indonesia dari Kitastara merupakan kampanye disability awareness pengenalan Budaya Tuli dan membuka akses pembelajaran Bahasa Isyarat dasar.
MASALAH DESAIN
Kehidupan masyarakat di era modern seperti ini seharusnya menjadi komunitas yang ramah bagi kaum disabilitas Tuli, namun seringkali masyarakat menganggap mereka lemah dan tak jarang 'kepedulian' yang ingin ditunjukkan terkesan menjadi perilaku yang diskriminatif karena kurangnya pemahaman bahwa kaum disabilitas juga bisa melakukan yang masyarakat umum bisa lakukan. Selain itu, perilaku AUDISME yaitu memaksa Teman Tuli untuk berkomunikasi dengan bahasa lisan menunjukkan kurangnya pemahaman tentang Budaya Tuli, bahwa Tuli memiliki cara tersendiri untuk berkomunikasi yang menjadi bagian dari budaya dan hak-hak mereka sebagai kaum disabilitas.
TUJUAN DESAIN
Untuk memberikan edukasi mengenai disability awareness dan membangun komunitas bermasyarakat yang inklusif.
MANFAAT DESAIN
Menjadi salah satu bentuk edukasi disability awareness dan advokasi hak-hak kaum disabilitas, terutama disabilitas Tuli, sehingga terciptanya kehidupan bermasyarakat yang inklusif, menjadi tahu bagaimana cara berinteraksi dengan Teman Tuli dan memahami bahwa #KitaSemuaSetara

Logo pada perancangan kampanye ini menggabungkan 2 elemen desain yaitu gambar dan teks, menggunakan simbol isyarat "Setara" menggantikan huruf "K" dan "A" dari logotype kitastara.

Pada media E-poster, dijelaskan beberapa Budaya Tuli dengan menggunakan ilustrasi dan penjelasan singkat dalam poster.

[post-views]
VIEW

Rendy Grace Luckyanto

42315210024

[wp_ulike]

0 Comments