Perancangan Interior Bandara Domestic Terminal 3 Soekarno Hatta Dengan Konsep Desain Futuristik dan Budaya Vernakular Betawi dan Banten Area Lounge Terminal 3

MUHAMMAD FORDAN PUTRA FOURIT |
41718010034
PERANCANGAN DESIGN INTERIOR CIP LOUNGE GARUDA INDONESIA TERMINAL 3 SOEKARNO HATTA, TANGGERANG DENGAN GAYA FUTURISTIK DAN VERNAKULAR BETAWI DAN BADUY BANTEN.

PENDAHULUAN

INDENTIFIKASI MASALAH
CIP Lounge merupakan istilah yang digunakan untuk tempat menunggu namun lengkap dengan menu makanan. ketika berada di ruang tunggu ini terdapat etika-etika tertentu yang harus ditaati pengunjungnya dan tempat untuk menunggu landing dan boarding di area bandara dan meemiliki beberapa fasilitas yang besar juga. Dan jenis banyak sekalian menunggu bisa untuk makan breakfest atau dinner makan malam dan ada tempat anak anak, dan juga ada tempat untuk menunggu dan tempat untuk melanjutkan pekerjaan dengan banyak fungsi itu menjadikan cip lounge tempat di perlukan terutama di bandara disaat menunggu landing atau penerbangan di bandara terminal 3 soekarno hatta.
TUJUAN PERANCANGAN
a. Mengubah beberapa unsur interior dan menambahkan sentuhan futuristik dan mengenalkan budaya betawi dan baduy di lounge. b. Perancangan tata letak ruang yang lebih pas dan menyesuaikan ergonomi ruangan nya dan membuat beberapa space area yang terkesan berbeda tapi nyaman di nikmatimenunggu penerbangan di bandara. c.mengikuti peraturan covid – 19 karena kondisi masih mengikuti pemerintahan dan mengikuti era covid – 19 protokol di indonesia masih di ikuti dari pra sarana nya sendiri.
BATASAN PERANCANGAN
Batasan Masalah Adapun batasan–batasan masalah untuk menyelesaikan masalah dalam proses perancangan ini adalah sebagai berikut : a.Fasilitas utama yaitu lobby. Dimana lobby merupakan tempat pertama yang akan dilihat oleh pengguna area publik. b.Ruang-ruang pendukung kegiatan aktivitas saat di ruangan garuda miles lounge untuk menunggu dan bersantai sejenak.
METODE PERANCANGAN
Metode Perancangan ini untuk di edukasikan kepada pelayan atau member garuda indonesia yang sudah memesan dan membeli reserves tempat tidak sia - sia dari memperkenalkan budaya indonesia terutama betawi dan baduy di daerah banten di karenakan menginformasian budaya ini mempunyai letak ada di area itu dan memperkenalkan dengan futuristik atau masa depan.

HASIL ANALISA

PRESENTASI BOARD

FURNITURE PRESENTASI BOARD

VIEW

MUHAMMAD FORDAN PUTRA FOURIT

41718010034

0 Comments

error: Content is protected !!