CELANA SEPEDA TAKTIS BERGAYA CHINO UNTUK PESEPEDA PRIA

FAHMI ANDRIAN |
41916120005
Konsep dari celana sepeda taktis bergaya chino adalah celana panjang yang mendukung kegiatan bersepeda dalam balutan siluet celana chino. Celana sepeda ini bisa dikenakan sebagai celana yang dipakai untuk kegiatan sehari-hari dengan gaya casual sekaligus mendukung pesepeda dari segi kenyamanan dan keamanan berkendara. Kenyamanan pengendara sepeda banyak ditentukan dari bagian pinggul kebawah, untuk itu celana ini dirancang. Bagian selangkangan membutuhan support dari celana berupa padding untuk kenyamanan diatas sadel. Bagian kaki kanan perlu dibatasi agar tidak bersentuhan dengan crank atau gear depan sepeda. Celana ini juga mempunyai sistem peletakkan handphone yang aman dan nyaman.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Celana taktis bergaya chino untuk pesepeda adalah celana yang berdesain casual selayaknya celana modis bergaya santai seperti celana chino tetapi dirancang khusus untuk pesepeda. Rancangan khusus untuk pesepeda ini dengan tinjauan fungsinya sebagai penunjang pespeda bergerak bebas pada bagian kakinya. Celana yang dari segi fungsi sebagai celana yang dapat memenuhi faktor kenyamanan dan keamanan pesepeda, juga memenuhi aspek gaya sehingga pegendara dapat dengan mudah memadupadankan outfit untuk kebutuhan bersepedanya.
MASALAH DESAIN
1. Bagaimana bentuk pola dari celana taktis bergaya casual untuk bersepeda guna memenuhi fungsi kenyamanan di bagian panggul/selangkangan dalam berkendara? 2. Bagaimana celana taktis bergaya casual yang aman dipakai di bagian pipa kanan celana sehingga tidak mengenai crank sepeda? 3. Bagaimanakah kontruksi dan letak kantung celana taktis bergaya casual yang dapat mendukung fungsinya sebagai tempat peletakkan handphone yang aman dan nyaman bagi pesepeda?
TUJUAN DESAIN
1. Merancang produk celana bergaya casual yang fungsional untuk pesepeda. 2. Mengahsilkan desain celana sepeda yang memenuhi faktor kenyamanan dan keamanan saat berkendara sepeda. 3. Sebagai apparel alternatif bagi pesepeda untuk menunjang kegiatan bersepedanya.
MANFAAT DESAIN
Untuk desainer menambah pemahaman tentang bagaimana alur merancang sebuah produk dari desain brief, pengumpulan data, sampai pemilihan sketsa final dan produksi.

DATA & ANALISIS

DESAIN FINAL

GALERI KARYA

VIEW

FAHMI ANDRIAN

41916120005

15 Comments

  1. @Bu Nukke,

    Celana panjang dalam pengyunaannya un k bersepeda perlu diberi jarak pada bagian popa sebelah kanan. Halnini karena untuk menghindari bagian tersebut terkena rantau atau terjepit gerigi depan sepeda yg memang ada di sebelah kanan.

    Cara menghindari bagian tersebut yg paling cocok dengan model celana yg saya rancang adalah dengan teknik gulungan. Gulungan ini perlu diberi penyangga agar kokoh atau tidak turun. Dengan begitu jalan termudah dan kokoh adalah dengan memberi pengokoh gulungan berupa lapisan yg lebih keras yakni dengan penambahan bahan reflektif 3M. Agar pengokohan itu tidak mubazir dan malah menambah fungsi visibilitas di jalan raya.

    Saya sudah menciba dengan menggunakan snap button akan tetapi tampiln menjadi tidak rapih dan tidak sesuai tujuan desain.

  2. selamat malam,

    jelaskan data analisa terkait fungsi pada perancangan 3M pada kaki sebelah kanan ????

  3. @Pak Hadi, terimaksih sudah berkomentar

    Hubungan antara kenyamanan dan penggabungan antara gaya celana chino dan konsep taktis adalah, penggabungan antara celana taktis yang menunjang fungsi kenyamanan secara detail (pada bagian tertentu), dalam balutan gaya celana chino yang nyaman digunakan secara umum. Sehingga terbentuk siluet celana casual nan fungsional.

    Celana panjang bergaya casual yang paling nyaman digunakan adalah celana chino karena celana ini bergaya sederhana dengan potongan pola yang mendukung kenyamanan gerak. Berbeda dengan jelana jeans misalnya yang kuat dalam gaya casualnya tetapi mengorbankan kenyamanan pengguna (dalam beberapa model potongan seperti slim dan skinny).
    Saya menggunakan potongan celana slim tapered untuk mendukung desain celana yang paling cocok dari segi fungsi untuk bersepeda. Potongan celana ini jika menggunakan bahan jeans maka akan mengurangi kebebasan gerak. Untuk itu saya menggunakan model celana chino karena chino menggunakan bahan twill yang nyaman dan lebih tipis.

    Untuk konsep taktis itu sendiri saya gunakan sebagai esensi pendukung kenyamanan pada area tertentu. Yakni pada area selangkangan yang saya desain berlapis untuk mendukung kenyamanan di area selangkangan selama pesepeda berada di atas sadel sepedanya. Juga pada area kantung khusus untuk HP dimana pada area ini memudahkan pengguna mengakses HPnya dari jangkauannya dan juga HP aman diletakkan didalamnya tanpa bergoyang sehingga menimbulkan kenyamanan berkendara.

  4. @Pak Ardo, terimakasih sudah berkunjung
    Merespon tren bersepeda yang sedang tren. Saya mengambil ranah bersepeda sebagai alat transportasi dan rekreasi kota. Dalam kegiatan ini sering kali pesepeda menggunakan setelan casual dibandingkan sporty. Untuk itu saya merancang celana ini sebagai alternatif pengganti celana casual biasa menjadi celana casual yang fungsional untuk pesepeda. Hal ini juga agar pesepeda tidak perlyu membawa celana tambahan jika diperlukan tampil casual ataupun semi formal dalam keperluannya dengan transportasi sepeda,

    Dalam perancangan terdapat masalah yang dijabarkan dalam masalah desain, salah satunya adalah pada bagian kaki kanan. Celana panjang dalam penggunaannya untuk bersepeda perlu diberi jarak aman pada bagian kaki kanan agar pipa celana bagian bawah tidak menganai rantai ataupun terjepit di crank (gerigi depan sepeda). Untuk memberi jarak digunakan teknik sederhana yaitu gulungan. Dalam perancangannya celana ini diberi penanda jahitan melingkar sebagai penanda visual bahwa dari bagian tersebut pipa celana digulung (sebanyak 4 kali gulungan). Yang mana pada gulungan terakhir akan tampak bahan reflektif sebagai jaminan pengokoh gulungan agar tidak turun, dan sebagai visibilitas pengendara sepeda di jalan pada saat malam hari.

  5. Selamat sore,
    Mohon jelaskan hubungan antara kenyamanan dengan model celana chino dan model celana taktis.

    Terima kasih

  6. Selamat berpameran, jelaskan proses terciptanya desain terutama alasan penempatan reflektor

  7. @kelvin, terimakasih sudah mampir dan berkomentar

  8. @Pak Mesah, alasan saya merancang celana taktika ini adalah untuk menanggapi budaya bersepeda yg sedang populer. Sebagai alternatif pakaian bersepeda yg bergaya casual sehingga dapat digunkan untuk keperluan sehari2 (non sporty) sekaligus fungsional dari sisi pengendara sepeda.

  9. @Ayu betul sekali, tujuan utama menggunakan gaya celana chino adalah agar celana taktika ini bisa menjadi aparel pelengkap bersepeda yg fungsional tetapi tidak mencolok dari segi tampilan secara keseluruhan, sehingga diharapkan dapat digunakan untuk kegiatan sehari2 oleh pesepeda spt bekerja.

  10. Menarik banget, terutama suka bagian pantat yang dikasih batalan gitu soalnya sering ngalamin kalau lama naik sepeda karena tempat duduknya relatif biasa kecil dan bentuknya yang ramping kadang bikin duduknya ga nyaman lama lama

  11. 1. Alasan apa yang kuat dalam perancangan CELANA SEPEDA TAKTIS BERGAYA CHINO UNTUK PESEPEDA PRIA ini.

  12. Kalo dipakai biasa sama sekali ga ada bedanya yaa dgn celana cino biasa, bisa jadi opsi untuk para karyawan yg suka ngantor naik sepeda

  13. Dalam fenomena tren bersepeda sebagai alat transportasi, tidak jarang ditemui orang yg menggunakan celana panjang.
    Hal ini karena:
    1. Celana panjang lebih aman melindungi untuk mengurangi cedera lecet pada kaki bila terjatuh.
    2. Celana panjang bergaya casual dapat dikenakan untuk kepentingan semi formal seperti contohnya meeting dengan client di coffee shop
    3. Sebagai alternatif celana non-sporty yg dapat dikenakan pesepeda untuk bergaya casual ataupun semi formal dengan fungsi yg tetap mendukung pesepeda dari segi kenyamanan berkendara
    4. Dari beberapa komunitas sepeda seperti pada komunitas sepeda fiksi dan sepeda jenis commuter, celana panjang bergaya casual merupakan celana yg lumrah digunakan untuk bersepeda, karena pada komunitas ini lebih bergaya stylish dibandingkan sporty dalam berpakaian untuk kegiatan bersepedanya.

    Mengapa bukan celana 3/4?
    Karena celana model 3/4 sudah sangat ketinggalan zaman dan tidak sesuai dengan tujuan desain untuk menghadirkan desain celana yg bergaya casual pada tren saat ini.

    Terimakasih banyak sudah berkomentar di page pameran ini, silahkan memberi komentar/masukan lebih lanjut jika memang ada.

  14. Menarik

  15. Kenapa dibuat celana panjang kalau pemakaiannya tetap perlu digulung? Kenapa tidak membuat celana pendek atau 3/4 saja? Analisisnya bagaimana yah?

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!