BUSANA RESEPSI PERNIKAHAN PENGANTIN PEREMPUAN TERINSPIRASI DARI BUDAYA SOLO PUTERI DENGAN CITA RASA VICTORIA

YUNI SARTIKA |
41918010014
Hallo perkenalkan nama saya Yuni Sartika, saya mahasiwa Desain Produk. Dalam pameran tugas ahir ini saya akan menampilkan busana resepsi pernikahan dengan memadukan dua gaya visual yaitu Solo Puteri dan Victoria. Perancangan ini merupakan salah satu bentuk pernghormatan terhadap identitas busana asli Indonesia.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Dari judul perancangan Busana Resepsi Pernikahan Pengantin Perempuan Terinspirasi dari Adat Solo Putri dengan Cita Rasa Victoria yang penulis maksud adalah gaun pernikahan yang di khususkan untuk mempelai wanita dengan desain yang lebih modern, tanpa menghilangkan unsur visual dari busana pengantin adat Solo Puteri.
MASALAH DESAIN
Permasalahan perancangan pada “BUSANA RESEPSI PERNIKAHAN PENGANTIN PEREMPUAN TERINSPIRASI DARI ADAT SOLO PUTRI DENGAN CITA RASA VICTORIA” yaitu : 1.Bagaimana memadukan gaya visual busana pengantin Solo Putri dengan gaya visual busana pengantin Victoria? 2.
TUJUAN DESAIN
Terciptanya “BUSANA RESEPSI PERNIKAHAN PENGANTIN PEREMPUAN TERINSPIRASI DARI ADAT SOLO PUTRI DENGAN CITA RASA VICTORIA” memiliki tujuan perancangan yaitu: 1.Terciptanya baju resepsi memepelai wanita berkelas modern dengan memadukan budaya barat Victoria namun tetap mempunyai nilai-nilai budaya solo. 2. Modifikasi busana resepsi pengantin adat solo putri dalam hal desain dengan menyatukan unsur modern dan tradisioanl. Hal ini dilakukan agar busana pengantin adat Solo Putri dapat lebih disukai dan banyak dikenakan oleh berbagai kalangangan masyarakat.
MANFAAT DESAIN
1. Menjadi suatu inovasi bentuk baru busana resepsi pernikahan dengan menggabungkan dua gaya visual yaitu Solo Putri dan Victoria.

DATA & ANALISIS

DESAIN FINAL

GALERI KARYA

VIEW

YUNI SARTIKA

41918010014

21 Comments

  1. wah keren banget pakaiannya pun terlihat mewah dan menarik tanpa mengubah nilai adatnya. Terima kasih atas pamerannya

  2. I’m writing on this topic these days, slotsite, but I have stopped writing because there is no reference material. Then I accidentally found your article. I can refer to a variety of materials, so I think the work I was preparing will work! Thank you for your efforts.

  3. konsep yang sangat matang dan rapih. gebrakan baru dalam industri fashion. good job Yuni Sartika.

  4. hallo mbak Tika, saya sangat suka untuk design mbak Tika yang menggabungkan 2 culture, Solo dan Era Victoria ini. sebagai keturunan solo, saya sangat suka dengan design mbak Tika ini karena untuk bagian belakang gaun terdapat bordiran merak sebagai simbol kota solo & dituangkan juga ke headpiece nya (ekor merak yang sedang mekar). dan untuk lengan balon, efek bustle dan korset dari era Victoria nya juga masih sangat kental namun modern & tetap anggun, efek yang timeless. thats why saya sangat tertarik dengan gaun mbak Tika ini.

    kebetulan saya sedang cari inspirasi kebaya untuk pernikahan saya mbak Tika, apa mbak Tika berkenan untuk saya gunakan gaunnya di pernikahan saya? tentunya all credits & design dengan nama mbak Tika sebagai owner dari design original kebaya ini. saya tunggu responnya pada komentar ini yaa mbak Tika. terimakasih & sehat selalu.

  5. Selamat berpameran Tika :), busana pengantinya sangat cantik dan bisa menjadi referensi pemilihan busana wedding yang memadukan gaya Tradisional dan juga modern , konsep pemilihanya sangat mempertimbangkan aspek estetika , Warna yang cenderung gelap namun elegan dan juga ada mahkota sebagai nilai lebih produk busana Ini , Good job tik 🙂

  6. Pakaian adalah produk budaya suatu masyarakat, ini hal yang sangat jelas bagi orang yang mempelajari ilmu kebudayaan yaitu seni dan desain, kalo saya lihat busana anda ini ada unsur timur tengahnya juga karena memakai jilbab/kerudung. Karena kalo busana pengantin solo yang asli pada gambar diatas tidak menggunakan jilbab/kerudung.

  7. Selamat berpameran tika!!✨️
    Hasil karya yang sangat menarik dan keren, karena telah berhasil menciptakan sebuah karya busana fashion perpaduan antara 2 unsur yang berbeda. Good jobs tika✨️

  8. Selamat berpameran tika…
    Sebuah karya desain fashion yang sangat menarik dan bisa dikenakan untuk wanita berhijab untuk, dengan mengangkat unsur budaya solo dengan kombinasi cita rasa Victoria kedalam gaya desain nya

  9. keren ide, konsep, dan hasilnya, semangat teruss tikaaa! 😍🙏🏼

  10. Selamat siang pak Junaidi, terimakasih sudah mengunjungi pameran saya dan terimakasih banyak pak atas saran nya pak

  11. Sebuah hasil karya yang cukup menarik karna mempadupadankan 2 unsur budaya yang berbeda dalam satu karya fashion busana. Ide ini bisa menjadi inovasi untuk desainer-desainer fashion busana pengantin lain yg mana tetap mengangkat unsur budaya lokal dengan kombinasi budaya lain. Good job Tika

    Saran : foto ini akan terlihat proper jika dipotret di dalam studio dengan media pendukung supaya hasil bisa jauh lebih maksimal, terimakasi.

  12. Selamat siang pak Hakim, terimaksih banyak sudah mengunjunhi pameran saya.. semoga kedepan nya saya bisa lebih meng eksplor fashion budaya Indonesia

  13. Selamat siang pak dena, terimakasih banyak sudah mengunjungi pameran saya, dan saya sangat berterimakasih atas support dari pak dena

  14. Selamat siang pak mesah, sebelumnya terimakasih banyak sudah mengunjungi pameran saya..
    untuk karakter original pada solo putri saya tetap menerapkan pakem pakem pada Solo Putri nya pak contohnya pada bagian depan buasana terdapat kutubaru dan bross renteng.. lalu untuk motif nya saya tetap menerapkan motif merak yang merupakan ciri khas dari Solo Puteri itu sendiri yang bermakna keindahan. Lalu untuk warna hitam juga warna yang diambil dari palem busana Solo Puteri itu sendiri

  15. thank u angel hehe, sukses selalu ya!!

  16. Selamat berpameran Tika!! You did it well Tik 😉
    keren poll hasil tugas akhirnyaa…

  17. Pada perancangan busana disini seperti apa karakter originalnya unsurnya

  18. Selamat Berpameran Yuni, Semoga produknya bisa juga runway di acara Fashion show pada wedding festival ternama

  19. fashionnya bagus, menggabungkan budaya indonesia dengan gaya victoria susah juga ini buatnya detailnya dan konsepnya.
    gabungan 2 unsur budaya menjadi 1 salah satu ide yang menarik. unsur asli budaya lokal tetap terlihat.

  20. happy friday,
    good job Yuni, untuk hiasan kepala apakah gabungan dari style solo puteri dan victorian Style? mungkin bisa diakulturasikan jenis pattern antara keduanya dan ditekankan dalam relasi anggun dan pendisiplinan tubuh dari kedua style pada saat penggunaan kostum.

  21. selamat pagi.. selamat berpameran

    sebuah upaya yang sulit dalam memoderinisasi pakaian adat, tanpa menghilangkan hakikat nilai-nilai luhur, sebuah karya yang patut diapresiasi.

    saran : feel nya harus dikuat lagi, terlebih ketika menyampaikan kesan anggun dari 2 hal yang berlainan pada konsep

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!