Boneka Dengan Estetika Khas Penari Gambyong

Rizqa Sari Yulia |
41916110055
Saat ini, mainan menjadi suatu media yang juga digemari oleh orang dewasa. Salah satu jenis mainan yang digemari dan banyak dikoleksi oleh orang dewasa adalah boneka. Boneka koleksi biasanya terlalu rapuh, rumit, atau mahal untuk mainan anak-anak. Pada produk boneka saat ini, terdapat suatu tren desain yang terinspirasi dari budaya tradisional. Hal ini bisa jadi karena faktor pelestarian budaya maupun nostalgia bagi pemiliknya. Menyangkut pelestarian budaya, Indonesia sendiri memiliki banyak kebudayaan unik di setiap daerahnya seperti tari Gambyong. Kelembutan dan keindahan sosok wanita yang dicerminkan pada tari Gambyong ini sejalan dengan esensi boneka pada umumnya.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan sebelumnya, maka penulis mengajukan Tugas Akhir yang berjudul: β€œBONEKA DENGAN ESTETIKA KHAS PENARI GAMBYONG” Dari judul tersebut, interpretasi yang dapat diambil yaitu perancangan mainan yang memiliki estetika yang identik dengan penari gambyong. Estetika ini dicerminkan melalui desain kostum, artikulasi dan gestur pada mainan.
MASALAH DESAIN
1. Bagaimana estetika yang identik dengan penari Gambyong? 2. Bagaimana penerapan estetika yang identik dengan penari Gambyong pada desain produk desain mainan? 3. Material apa yang tepat untuk digunakan dan teknik produksinya agar produk mainan memiliki daya tahan yang tinggi? 4. Bagaimana desain mainan dengan tingkat detail yang tinggi? 5. Bagaimana aspek mekanika gerak pada produk mainan agar dapat mencerminkan estetika penari Gambyong?
TUJUAN DESAIN
1. Menciptakan mainan dengan estetika penari Gambyong sebagai bentuk pelestarian budaya. 2. Menciptakan mainan yang memiliki nilai (dari segi material dan estetika) dan dapat dikoleksi .
MANFAAT DESAIN
1. Terciptanya boneka dengan fitur khas Indonesia sebagai upaya memperkenalkan budaya Indonesia. 2. Terciptanya produk mainan yang memiliki nilai tinggi dan diminati masyarakat untuk dikoleksi.

DATA & ANALISIS

DESAIN FINAL

GALERI KARYA

VIEW

Rizqa Sari Yulia

41916110055

36 Comments

  1. 276

  2. 324

  3. 245

  4. 249

  5. 783

  6. Selamat malam,
    Good job,
    Respon inpun yang bisa memberi pengaruh baik dalam proses belajar kamu dalam mendesain, baik yang kamu setuju i ataupun tidak, jelaskan kenap hal tersebut kamu setujui dan jelaskan juga kenapa input tersebut tidak kamu setujui untuk project kali ini. Jika mampu buatlah visualisasi desain dari respon yang ada, namun jika ada hambatan tuliskan respon dalam bentuk kalimat.

    Good luck.

  7. Selamat pagi pak hadi. Baik pak, gambar teknik untuk sambungan dan persentasi akan saya lengkapi. Terima kasih

  8. Selamat pagi pak Ardo. Terima kasih sudah mampir. Untuk keseluruhan boneka saya buat sendiri pak. Awalnya dengan prototype clay yang kemudian dibuat cetakan silikon dan direproduksi dengan resin.

  9. Untuk bagian tubuh mainan anda bikin sendiri atau pakai template tubuh mainan yang sudah jadi? kalo ternyata pakai tubuh mainan yang sudah jadi, lebih tepat judulnya menjadi “Desain Kostum Boneka Dengan Estetika Khas Penari Gambyong.”

  10. Selamat malam,
    1. Gambar teknik untuk sambungan sendi dilengkapi hingga detail, buat gambar detail sambungan dengan skala kecil (sehingga menghasilkan gambar yang besar)
    2. Siapkan presentasi, porsi desain harus dominan dari apda penjelasan pendahuluan.

    Terima kasih

  11. Terima kasih ghaffar. Saya rasa diluar negeri mainan bertema tradisional sedang naik daun. Semoga di dalam negeri bisa demikian supaya budaya tradisional kita tidak hilang

  12. Siap pak, next project body yg male. Harga jual sih sudah diperkirakan sesuai dengan modal dan harga pasaran.
    Amin, seniga bisa bersaing dengan brand luar πŸ˜€

  13. Terima kasih kak Ika atas komentarnya πŸ™‚

  14. waw…ini mungkin salah satu ide yang sangat menarik dan mungkin adalah salah satu cara terbaik untuk menuntun masyarakat modern indonesia untuk mengingat lagi betapa kayanya budaya Nusantara di masa lalu, terimakasih Riska ini sangat keren.

  15. Speechless pas liat proses pembuatannya, keren riz!

  16. Bener2 high level crafting nih, desainnya modern tp masi keliatan aspek tradisionalnya. Keren bangettt kak πŸ™‚

  17. Menarik dari segi tampilan dan keleluasaan pada setiap artikulasi yang ditampilkan. Menampilkan budaya ke dalam sebuah toys/Mainan adalah hal yang patut di jadikan sebuah trend kedepannya, sebagai salah satu media untuk melestarikan budaya tersebut. Good job ris

  18. Tangan Dewa…haha.. tinggal disempurnain kalau ada kekurangan.. jangan lupa body male-nya skalian dibikin nanti ya.. sama sudah harus diperhatikan nih harga jualnya.. semoga kedepannya bisa sejajar sama brand luar seperti enterbay, UV, atau brand lainnya. Good job.

  19. Menarik sekali memperkenalkan budaya indonesia dalam sebuah produk mainan

  20. Terima kasih atas komentarnya kak πŸ™‚

  21. Hi Rizka, kelembutan bonekanya terlihat. Terima kasih

  22. Thank you for the kind comment, dear ^^

  23. She’s so pretty! Your sculpting and engineering are amazing!!

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!