Board Game Raya Sebagai Media Belajar Budaya Daerah Untuk Anak Usia 8-12 Tahun

GAYATRI DESTYARINI |
41917110012
Board game yang dirancang menjadi media pengenalan budaya daerah di Indonesia khususnya melalui busana tradisional daerah sebagai salah satu asset budaya daerah.

PENDAHULUAN

INTEPRETASI JUDUL
Board game RAYA atau yang artinya Ragam Budaya, dirancang untuk media belajar anak sebagai media pengenalan budaya daerah di Indonesia. Dirancang guna memberikan wadah belajar anak khususnya usia 8-12 tahun dengan pengetahuan mengenai busana tradisional daerah sebagai salah satu asset budaya daerah dalam bentuk permainan papan atau board game.
MASALAH DESAIN
Bagaimana membuat board game yang dapat mengenalkan ragam budaya daerah Indonesia?
TUJUAN DESAIN
Terciptanya board game sebagai media pengenalan budaya daerah bagi anak usia 8 sampai 12 tahun khususnya khususnya melalui busana tradisional daerah sebagai salah satu asset budaya daerah Indonesia.
MANFAAT DESAIN
1. Anak dapat mengenal beragam busana tradisional daerah yang ada di Indonesia. 2. Menstimulasi anak dalam saling berinteraksi dan bersosialisasi, mengungkapkan perasaannya. 3. Anak memiliki kegiatan bermain bersama teman, orangtua, maupun keluarga yang menyenangkan dalam bentuk board game. Manfaat perancangan board game ini bagi orang tua, yaitu : 1. Orang tua dapat lebih mudah mengenalkan beragam baju adat daerah yang ada di Indonesia dengan kegiatan bermain yang menyenangkan bersama anak. 2. Orang tua dapat mengoptimalkan interaksi bersama anak dengan kegiatan bermain bersama melalui media boardgame.

DATA & ANALISIS

DESAIN FINAL

GALERI KARYA

VIEW

GAYATRI DESTYARINI

41917110012

14 Comments

  1. Siang Pak hady,Terimakasih untuk pertanyaannya.
    1. Aspek fun dapat tercipta dari beberapa hal seperti, ketika para pemain dapat berkeliling Indonesia untuk mengumpulkan Kartu Busana Daerah dari berbagai daerah dan saat berkompetisi mengembalikan Kartu Busana Daerah kepada daerah asalnya agar dapat ditukarkan dengan Token Lencana dan menuju kemenangan.
    Untuk aspek Fun nanti akan di update pada keterangan produk pak terimakasih masukannya.
    2. Dalam hal ini, membuat saya meutuskan untuk pemain 2 sampai 4 orang dengan pertimbangan hal tersebut. Setelah uji coba untuk posisi maksimal 4 orang, 1 orang berada di kanan, 2 orang di depan karena sisi board depan lebih panjang, dan 1 orang di kiri. Maka ruang pemain tetap adil.
    3. Untuk gameplay nya sudah di update pada keterangan produk.
    4. Baik pak untuk desain visual keseluran akan ditambahkan dalam Data dan Analisis nya.
    5. Baik, untuk informasi yang ingin disampaikan juga akan ditambahkan dalam data dan analisi nya.

    terimakasih banyak pak Hady.

  2. Siang Sodari Dwi. Baik terimakasih masukannya, untuk material dan pion akan dipertimbangkan ke depannya dalam board game ini. Sudah coba dimainkan dengan teman-teman kerja namun belum kepada end-user karena kendala waktu. Next nya akan dicoba kepada end user secepatnya untuk tahu responnya. Terimakasih.

  3. Baik pak mesah. Terimakasih masukannya, akan dipertimbangkan untuk board game ini kedepannya.

  4. Halo Anonymus, terimakasih masukannya.
    1. Untuk cara bermain sudah saya update pada penjelasan Rules Permainan.
    2. Busana Tradisional Daerah dipilih berdasarkan pertimbangan dari penyebaran kuesioner kepada kurang lebih 200 anak usia 8-12 tahun, dimana mereka ingin mengeenal lebih banyak mengenai busana daerah sebagai bagian dari budaya daerah itu sendiri dibandingkan aspek lainnya seperti, Bahasa Daerah, Rumah Adat, Upacara Tradisional, Kesenian Tradisional, Benda Tradisional.
    3. Anak hanya akan mengenal busana daerah dari visual dan asalnya. dengan mengembalikan kartu busana daerah ke daerah asalnya maka anak akan lebih mengingat dan mengenal untuk daerah ini letaknya disini dan baju adatnya seperti ini. Mungkin nama busananya bisa menjadi tambahan saya untuk kedepannya dalam board game ini.

    Terimakasih.

  5. Halo Anonymus, Terimakasih masukan dan pertanyaannya.
    1. Bagaimana saudara menggambarkan aspek fun pada permainan ini?
    Aspek fun dapat tercipta dari beberapa hal seperti, ketika para pemain dapat berkeliling Indonesia untuk mengumpulkan Kartu Busana Daerah dari berbagai daerah dan saat berkompetisi mengembalikan Kartu Busana Daerah kepada daerah asalnya agar dapat ditukarkan dengan Token Lencana dan menuju kemenangan.

    2. Apakah games ini sudah di roleplay pada end user nya? Kalau belum, sebaiknya jadi masukan. Kalau sudah, bagaimana respon mereka?
    Untuk sejauh ini belum kepada end user karena keterbatasan waktu saya, baru kepada orang dewasa. Selanjutnya akan diuji coba kepada end user dan dicatat untuk responnya untuk masukan dalam perancangan board game ini.

    3. Nilai kebaruan dari produk saudara seperti apa?
    Nilai Kebaharuan dihadirkan dari permainan menghadirkan informasi untuk pengenalan budaya daerah melalui busana tradisional daerah di Indonesia dalam cara bermain.

    Trims.

  6. Terimakasih Ria masukannya!

  7. Kemasan dipilih material yang lebih kokoh, masih terlihat juga pengeleman tdk rapih, untuk pion atau dadu mungkin bisa dibuat yang lebih uniq. Tapi, Idenya sangat menarik sebagai media pengenalan budaya daerah di Indonesia. udah coba dimainkan belum?

  8. Selamat siang,
    1. Ceritakan tentang kesenangan (fun) yang didapatkan player saat menggunakan produk ini…Sebaiknya hal tersebut juga ada dalam Data-Analisis dan Produk (Produk dan Gameplay)… Karena tanpa hal tersebut maka sebuah games dikatakan Gagal.
    2. Dalam tampilan produk anda terlihat bahwa papan permainan memiliki satu orientasi utama, ditandai dengan tampilan berupa kertas yang vertikal. Hal ini akan membuat muncul are belakang, padahal ada satu azas yang menjadi syarat alam sebuah games yaitu ‘Adil”. Bagaimana anda menanggapi hal tersebut.
    3. Ceritakan tentang Gameplay dari produk anda karena desain games bukan sekedar visual.
    4. Pastikan ada dalam Data dan Analisis proses desain visual karakter, ukuran kartu, ukuran board (papan), yang ada dalam laporan.
    5. Pastikan ada dalam Data dan Analiis tentang informasi apa yang ingin disampaikan dan bagaimana informasi tersebut bisa disampaikan lewat desain.

    Terima kasih

  9. Wah iya eric thankyu ya. iya ada keinginan untuk ngembangin lagi mengulik sisi lain dari kebudayaan.

  10. Dalam mengenalkan ragam budaya daerah Indonesia tidak cukup satu icon dari satu daerah tersebut bisa juga sub iconnya di eksplorasi lagi supaya tercipta karya TA yang original

  11. 1. Akan lebih jelas bila disertakan tutorial cara bermainnya, sebab bila hanya membaca petunjuk bermain, rasanya sulit membayangkan alur bermain yang dimaksudkan
    2. Dari sekian banyak varian budaya Indonesia, kenapa memilih tema baju adat?
    3. Pada token-token permainannya hanya terlihat baju adat dan provinsi asalnya, apakah setelah bermain ini, anak-anak juga akan mengetahui nama-nama baju adatnya? sebab tidak terlihat petunjuk tentang nama-nama baju adatnya.

  12. Visualisasinya keren Gaya! penuh gambar dan warna yang beragam untuk menarik minat anak. Sukses pameran & TA-nya!

  13. 1. Bagaimana saudara menggambarkan aspek fun pada permainan ini?

    2. Apakah games ini sudah di roleplay pada end user nya? Kalau belum, sebaiknya jadi masukan. Kalau sudah, bagaimana respon mereka?

    3. Nilai kebaruan dari produk saudara seperti apa?

    Trims.

  14. Keren temanya, mengangkat keragaman pakaian adat dari daerah-daerah yang ada di Indonesia!
    Untuk nextnya mungkin bisa dikembangkan dengan mengangkat tema lain juga tentang kekayaan Indonesia!

    Sukses Gaya!!

error: Content is protected !!