PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE SOSIAL GERAKAN HIDUP SEHAT
Yunita |
42317120002
Kampanye ini di dasari dengan warna biru tua, muda, dan juga putih. Menggunakan warna biru agar senada dengan warna logo dari yayasan sekolah yang bekerja sama akan kampanye ini serta biru biasanya mengartikan arti warna dari air yang bersih selain itu biru memberi kesan kebersihan dan makna terpercaya, maka bila kita menjaga kesehatan kita sama dengan air yang bersih, bersih dari bakteri yang menganggu kesehatan kita. Dengan maskot kampanye anak kecil yang berbadan gemuk yang merupakan gambaran dari anak-anak yang tidak suka menjaga kesehatan dengan beberapa karakter pendukung yang berupa sayur dan buah. Media kampanye berupa poster infografis, spanduk, dan juga banner yang terpampang dipajang di sekolah dan komik strip dengan cover depan serta belakang biru bertulisan putih yang diberikan kepada target kampanye untuk mereka mengerti gambaran dari menjaga kesehatan sehari- hari yang berupa gambar beserta tulisan dengan warna yang digunakan pada benda umumnya serta totebag dan juga notebook yang diberi warna serupa yaitu warna biru dengan tagline kampanye ini yaitu "ayo hidup sehat sejak dini".
PENDAHULUAN
INTEPRETASI JUDUL
Perancangan media kampanye sosial gerakan hidup sehat yang dirancang untuk mengajak hidup sehat kepada target kampanye yang dituju dengan melakukan pengecekkan kesehatan menjadi tahu bagaimana kesehatan dari tubuh target kampanye serta memberikan edukasi lebih pentingnya menjaga kesesehatan mereka sejak dini melalui kegiatan sehari-hari.
MASALAH DESAIN
Masalah desain kampanye ini sendiri banyak sekarang orangtua yang sibuk membuat kurang aware akan kesehatan dari anak- anak mereka serta yang membiarkan mereka untuk bermain gadget dan game secara terus menerus yang membuat tidak peduli akan hal seperti ini.
TUJUAN DESAIN
Target kampanye ini untuk anak- anak di usia dini sekisar umur 6 sampai 10 tahun yang mengajak anak- anak untuk mengerti pentingnya pengetahuan menjaga kesehatan mereka sejak usia dini agar mereka mengetahui dampak buruk bila tidak menjaga kesehatan serta setelah pandemi covid ini yang menyebabkan bersekolah secara online menyebabkan anak menjadi kurang bergerak dan lebih banyak bermain game serta gadget yang dapat menyebabkan anak menjadi obesitas sehingga kampanye ini melakukan pergerakan pengecekan kesehatan anak- anak mulai dari cek berat badan hingga kesehatan mata setelah kembali masuk bersekolah serta memberikan pengetahuan lebih kepada anak- anak serta orangtua bahwa pembelajaran menjaga kesehatan sejak dini itu penting.
MANFAAT DESAIN
Perancangan kampanye sosial ini bertujuan untuk mengedukasi dan menyadarkan anak-anak beserta orangtua mereka bahwa kesehatan itu penting dan harus sudah mulai diajarkan sejak usia mereka sekarang agar mereka sudah sadar akan pentingnya kesehatan. Melalui kampanye ini diharapkan anak-anak mulai menyadari bahwa makan sayur dan buah merupakan hal yang sangat baik untuk kedepannya apalagi di masa pandemic ini membuat banyak tidak bergerak dan hanya dirumah saja yang dapat menyebabkan menjadi obesitas sehingga menurunkan kualitas aktivitas hidup nantinya terhadap anak- anak di masa depannya. Dengan adanya pemahaman tersebut, goal dari kampanye ini adalah mengajak semua anak-anak mengecek kesehatan dan mengajak makan sayur dan buah. Pada tahapan search melalui sosial media instagram, target audiens juga dapat menelusuri informasi-informasi lainnya. Media pendukung untuk mengajak masyarakat untuk mengikuti kampanye menggunakan spanduk, x-banner dan flyer. Lalu untuk mendukung media reminder bagi target audiens, maka dirancang tas kanvas, notebook, pen dan stiker dan juga media pendukung berupa komik strip yang agar mempermudah anak- anak untuk mengerti pentingnya menjaga kesehatan mereka sejak usia mereka sekarang. Berdasarkan hasil analisis karakteristik, dapat disimpulkan bahwa target audiens cenderung memiliki sifat yang aktif dalam pembelajaran serta mempunyai sifat yang ingin tahu akan banyak hal. Maka penulis memutuskan untuk menggunakan media yang mampu mengarahkan audiens dan menyampaikan informasi secara efektif yaitu melalui kampanye kesehatan ini secara langsung dan melakukan pengecekan kesehatan tubuh setelah dilakukannya sekolah secara offline kembali. Dalam perancangan kampanye ini, media utama yang dirancang adalah paket lengkap untuk mengadakan kampanye kesehatan ini. Paket kampanye ini ditujukan kepada anak- anak sekolah dasar yang bekerja sama dengan yayasan sekolah. Media tersebut dirancang untuk memenuhi seluruh kebutuhan kampanye mulai dari komik strip kampanye serta aktivitas media pendukung kampanye. Selain itu, media utama yang ditujukan untuk target audiens adalah media reminder berupa folding brochure yang berisikan materi penyuluhan agar dapat dilihat kembali oleh target audiens setelah sudah berpartisipasi dalam kampanye tersebut. Sesuai dengan capaian kampanye ini yaitu untuk mengedukasi pentingnya menjaga kesehatan sejak usia dini dengan makan buah dan sayur, maka media pendukung yang digunakan adalah poster dan infografis edukatif yang diterapkan pada tahapan attention hingga action. Pada tahapan search melalui sosial media social instagram, target audiens juga dapat menelusuri informasi-informasi lainnya. Media pendukung untuk mengajak masyarakat untuk mengikuti penyuluhan menggunakan spanduk, x-banner dan flyer. Lalu untuk mendukung media reminder bagi target audiens, maka dirancang media pendukung lainnya seperti tas kanvas, notebook, pen dan stiker.
0 Comments